Siap Untuk Tidak SIAP – Pelayanan Purna Jual Mengecewakan dari suatu nama besar Honda

30 06 2014

Perjalanan ke Bromo telah dilaksanakan.. kemudahan dan kesulitan selama perjalanan menjadikan kenangan indah selama 10 hari perjalanan menempuh hampir 2.250 km..

… namun ada satu hal yang sangat mengganggu diriku.. yaitu kerusakan mesin Honda New Megapro yang menjadi tunggangan.. Sepeda Motor Honda New Megapro yang kumiliki sejak tahun 2011 ternyata mengalami kerusakan saat menempuh perjalanan kali ini.. hm.. kenapa ya??? padahal iklan besar-besaran Honda New Megapro pada saat launching adalah mencoba meyakinkan publik bahwa Honda New Megapro adalah sepeda motor yang kuat dan handal untuk perjalanan jauh dengan berbagai tipe jalan.. Astra Honda Motor melakukan publikasi bahwa sepeda motor ini mampu menjalankan perjalanan dari Jakarta-Bromo.. (Libas Aspal 1.277 Km, Jakarta-Bromo ) antara iklan dan kenyataan yang sangat berbeda.. Python buktinya.. perjalanan Tangerang-Bromo-Tangerang.. mesin Python Honda New Megapro jebol..

Kekurangan pemahaman diriku terhadap mesin telah kulakukan semaksimal mungkin agar Python selalu siap sebagai tunggangan sepeda motor diriku yang ber merk Honda dan oleh Honda diberi nama New Mega Pro .. yaitu :

  1. Menyetujui untuk ikut keanggotaan Honda VIP member (Honda VIP Card).. suatu keanggotan yang ditawarkan kepada pengguna sepeda motor Honda dan membayar iuran tahunan.. diriku ambil dan bayar untuk keanggotaan VIP Member dengan tipe keanggotaan paling tinggi yang ditawarkan

    vip card

  2. Selalu membawa Python ke bengkel resmi sepeda motor Honda baik jaringan AHASS maupun Wahana baik secara berkala terutama apabila hendak melakukan perjalanan touring
  3. Percaya pada tag bengkel Honda yaitu SIAP.. singkatan dari Selalu Ingin Anda Puas

    Kami Siap.. katanya

Namun selama diriku memiliki Python sepeda motor Honda New Megapro tahun 2011.. berikut adalah beberapa hal mengenai pelayanan yang kuperoleh selama mempergunakan jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda

  1. Kartu VIP Member memberikan diriku potongan kecil biaya pemeriksaan dan perawatan.. serta tawaran potongan harga untuk produk dan jasa yang tidak berhubungan langsung dengan sepeda motor… hanya itu… selebihnya sama dengan pelanggan lainnya yang tidak menjadi anggota dan memiliki kartu keanggotan VIP Member..
  2. Ada beberapa bengkel resmi sepeda Motor Honda sekitar Serpong dan seluruhnya pernah kucoba.. ternyata pelayanannya tidak memuaskan.. hanya BES Motor yang masih kutoleransi walaupun kejadian tidak memuaskan sering terjadi tapi ya lebih baik dari bengkel resmi motor Honda yang lain.. baut yang tidak dipasang kembali… sukucadang yang kurang lengkap.. kurang ramah adalah beberapa hal yang harus kuterima selama ini kalau ke bengkel resmi motor Honda

    padahal secara logika awam yang nggak ngerti apa-apa.. diriku berkeyakinan bahwa Honda pasti mengeluarkan prosedur dan standar ke seluruh jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda dalam setiap melakukan perawatan dan perbaikan

  3. Bagaimana dengan motto SIAP — Selalu Ingin Anda Puas — berikut adalah pengalaman saat Python kubawa untuk perbaikan setelah mesinnya jebol karena tidak kuat menempuh perjalanan Tangerang-Bromo-Tangerang..

Pengalaman berikut menitik beratkan pada pelayanan yang diberikan oleh Astra Honda Motor Indonesia beserta jaringan purna jualnya.. sedangkan mengenai ketahanan mesin motor Honda New Megapro, diriku tidak akan menceritakannya karena diriku tidak paham terhadap mesin.. namun kenyataannya mesin Python Honda New Megapro milikku jebol setelah menempuh perjalanan Tangerang-Bromo-Tangerang..

1. PERSIAPAN PERJALANAN

Sudah menjadi standar prosedur diriku apabila hendak melakukan perjalanan touring… kesiapan Python sebagai tunggangan menjadi hal utama dan prioritas.. kenikmatan perjalanan akan sangat ditentukan oleh kesiapan dan kehandalan motor.. makanya diriku melakukan hal maksimal untuk kesiapan Python Honda New Megapro yang akan dijadikan tunggangan touring kali ini..

Yang kulakukan untuk mempersiapkan sepeda motor Honda New Megapro punya diriku yang kuberikan nama Python dalam perjalanan ke Bromo adalah :

  1. Membawa Python ke bengkel yang menjadi langganan Python untuk perawatan dan perbaikan yaitu BES Motor BSD yang merupakan salah satu jaringan resmi perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda, dengan harapan BES Motor yang dinyatakan sebagai jaringan resmi perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dan juga membawa nama besar Honda

    BES Motor BSD

  2. Memberitahukan kepada BES Motor baik kepala bengkel maupun mekanik yang akan menangani Python bahwa Python perlu pemeriksaan dan perawatan menyeluruh karena akan dipakai untuk perjalanan jauh, kapan akan melakukan perjalanan jauh, rute yang akan ditempuh.. diriku pun menyampaikan kepada mekanik BES Motor untuk melakukan hal-hal yang diperlukan termasuk pergantian suku cadang yang diperlukan termasuk ganti oli.. yang penting Python tidak bermasalah dan nyaman dipakai untuk perjalanan jauh

    service di BES Motor BSD  sebelum berangkat

  3. Mekanik setelah melakukan pemeriksaan dan perawatan Phyton sepeda motor Honda New Megapro yang dimiliki diriku menyatakan bahwa Python siap melakukan perjalanan jauh sesuai dengan rencana perjalanan.. mekanik menyatakan telah melakukan pemeriksaan dan perawatan Python secara keseluruhan termasuk penggantian beberapa suku cadang dan penggatian oli.. mekanik juga menyatakan bahwa tidak perlu lagi pemeriksaan apapun termasuk pemeriksaan dan penambahan/pergantian oli mesin karena jarak yang ditempuh masih dalam toleransi jarak suatu perawatan yang telah dilakukan… perawatan selanjutnya pada saat Python telah melaksanakan perjalanan.. demikian BES Motor yang diwakili oleh mekaniknya memberikan ketenangan dan jaminan terhadap kesiapan Python untuk melakukan perjalanan jauh..

2. PERJALANAN

Pada awal perjalanan diriku menikmati slogan SIAP.. Selalu Ingin Anda Siap.. Python enak dikendarai… tidak ada keluhan yang dirasakan.. namun pada saat perjalanan pulang… ketika Python mendekati jarak tempuh 2.000 km.. Python mengalami kerusakan mesin yang menyebabkan perjalanan Me and Python yang mengesankan sedikit terganggu.. komitmen dan jaminan Selalu Anda Ingin Puas (SIAP) tercoreng dalam benakku.. tapi hal itu sedikit terobati dengan pelayanan yang baik saat Python diperiksa dan dilakukan perawatan sementara di AHASS Pameungpeuk Garut Selatan dan mendapat jaminan bahwa Me and Python dapat menyelesaikan perjalanan selama diriku mengikuti saran yang diberikan.. dan ternyata Me and Python memang mampu menyelesaikan perjalanan hingga rumah walau tentu saja tidak senyaman pada saat berangkat…

Berdasarkan hal tersebut sepertinya SIAP yang menjadi slogan jaringan resmi perawatan dan perbaikan motor Honda berlainan dengan kenyataan yang diterima oleh diriku sebagai pelanggan setia.. diriku tidak akan membahas lebih dalam mengenai cara perawatan dan perbaikan mesin.. karena sekali lagi diriku tidak paham sama sekali masalah mesin.. yang diriku bahas adalah masalah Puas lainnya yaitu pelayanan dan jaminan yang diterima diriku yang diberikan oleh BES Motor sebagai salah satu jaringan resmi sepeda motor Honda dan Astra Honda Motor (AHM) sebagai pabrikan yang mengeluarkan produk sepeda motor Honda New Megapro karena :

  1. Kepercayaan diriku terhadap jaminan kehandalan sepeda motor Honda New Megapro dalam melakukan perjalanan jauh dihapus oleh kerusakan mesin sebelum mencapai 2.000 km perjalanan sejak pemeriksaan dan perawatan terakhir
  2. Jaminan bengkel resmi sepeda motor Honda bahwa Python siap untuk melakukan perjalanan jauh sekarang tidak dapat kupegang lagi..
  3. Pengalaman sebelumnya saat perbaikan mesin brebet yang ribet ngurusnya (Python Rawat Jalan – Mesin Brebet..)
  4. Hal-hal lainnya seperti masalah ketersediaan suku cadang, baut yang kurang kencang dipasang bahkan lupa dipasang kembali

SIAP atau Selalu Ingin Anda Puas motto bengkel resmi sepeda motor Honda.. ternyata kenyataannya tidak sesuai dengan motto SIAP pada saat saat diriku ingin memperbaiki Python.. Bukan soal mesin yang dipermasalahkan diriku karena diriku tidak paham sama sekali masalah mesin.. yang kupertanyakan adalah pelayanan purna jual ..

3. PERBAIKAN KERUSAKAN SETELAH PERJALANAN

Tanggal 3 Juni 2014.. dua hari setelah diriku tiba dirumah.. diriku langsung membawa kembali Python ke BES Motor untuk perbaikan agar Python dapat kupergunakan sebagai kendaraan sehari-hari rumah-kantor PP

Di bengkel BES Motor kusampaikan kepada kepala bengkel dan mekanik bahwa Python mengalami permasalahan mesin pada saat perjalanan berupa suara berisik dan knalpot berasap.. telah dilakukan pemeriksaan di bengkel resmi motor Honda di Garut Selatan dan diduga seher rusak… diperiksa oleh mekanik dan dipastikan bahwa memang permasalahannya seher.. harus turun mesin diperlukan beberapa hari pengerjaan sehingga Python harus ditinggal di bengkel.. karena harus bongkar mesin, diperiksa kerusakan dan perbaikan yang diperlukan..dan lama atau cepatnya perbaikan juga tergantung dari ketersediaan suku cadang apabila diperlukan penggantian suku cadang… diriku maklum dan setuju Python harus rawat inap.. namun tidak bisa dikerjakan pada hari itu karena keterbatasan mekanik dan penuhnya pengerjaan turun mesin sepeda motor lainnya.. diminta untuk kembali 3-4 hari berikutnya karena diperkirakan 3-4 kedepan Python baru bisa ditangani..

Diriku tidak bisa ngapa-ngapain terhadap kondisi tersebut.. ya sudah nanti kembali ke bengkel setelah ada kepastian Python bisa ditangani.. bagaimana Python?? bisa dipakai buat sehari-hari nggak ?? mekanik menyatakan bahwa Python bisa dipakai sehari-hari cuma harus dipastikan oli mesin cukup.. ok kalau gitu beli oli mesin sebotol untuk cadangan.. mendapat jaminan bahwa Python dapat dipergunakan untuk rumah kantor pp.. Python kubawa kekantor…

Setelah dari bengkel.. diriku menyampaikan keluhan terhadap kehandalan Honda New Megapro dan pelayanan purna jual jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda ke Astra Honda Motor via web nya .. ceritakan keluhan diriku dan kirim via web (Astra Honda Motor menu keluhan.. tanggal 2 Juni 2014 submit keluhan ke Astra Honda Motor Indonesia via web nya.. sekarang tunggu tanggapannya..

Selama menunggu kesiapan bengkel.. Python kupergunakan sebagai tunggangan rumah kantor sehari-hari.. tentu dengan suara mesin yang berisik dan asap tebal keluar dari knalpot..

Tanggal 10 Juni 2014, diriku baru sempat berangkat ke bengkel BES Motor.. akhirnya Python bisa diterima untuk perbaikan.. daftarin Python untuk dilakukan perawatan dan perbaikan..

Diriku minta agar Python dikembalikan kondisinya sehat betul dan akan dipakai untuk perjalanan jauh lagi… mekanik menyampaikan kalau Python mau dikembalikan ke kondisi semula.. apabila ada kerusakan mesin disarankan untuk diganti baru saja.. terutama seher dan mesin.. mekanik menyarankan untuk ganti baru.. termasuk batok mesin ganti baru.. diriku setuju dan sampaikan bahwa lakukan perbaikan yang maksimal apabila diperlukan penggantian suku cadang.. maka diriku sampaikan ganti saja.. berapapun biayanya.. yang penting Python sehat kembali dan tidak bermasalah.. diriku tidak mengerti mesin.. diriku cuma tahu apakah Python enak dikendarai atau tidak… mekanik sampaikan bahwa apabila hasil pengerjaan ingin baik.. maka disarankan ganti saja suku cadang yang rusak.. diriku setuju.. Sang Mekanik menyampaikan bahwa lama pengerjaan tergantung dari ketersediaan suku cadang.. diriku sampaikan bahwa diriku telah mengirim keluhan ke Astra Honda Motor.. diharapkan dengan adanya keluhan tersebut dapat mempercepat ketersediaan suku cadang apabila bengkel Bes Motor harus memesan suku cadang yang diperlukan..

Bagaimana dengan keluhan yang kukirim via web Astra Honda Motor ?? ternyata keluhan yang dikirim tanggal 3 Juni 2014 sudah lebih dari seminggu belum ada tanggapan.. diriku tidak menanyakan.. diriku hanya ingin tahu bagaimana tingkat pelayanan purna jual dari suatu nama besar Honda Indonesia..

Keluhan diriku tanggal 3 Juni 2014 baru dibalas tanggal 13 Juni 2014.. hampir 2 minggu .. makin lama saja tanggapan dari Astra Honda Motor.. kalau Astra Honda Motor sebagai pabrikan dan principal sepeda motor Honda di Indonesia begitu lamanya menanggapi keluhan bagaimana jaringan di bawahnya… tingkat pelayanan yang tidak memuaskan diriku..

jawaban AHM 1

Isi dari tanggapan Astra Honda Motor adalah permohonan maaf atas ketidaknyamanan diriku rasakan dan menjanjikan akan berkoordinasi dengan PT. Wahana Makmur Sejati sebagai penanggung jawab wilayah serta berharap permasalahan dapat diselesaikan segera.. diriku jelas ragu akan komitmen tersebut.. buktinya tanggapan terhadap keluhan saja sudah memakan waktu hampir 2 minggu.. berapa lama lagi yang harus kutunggu untuk penyelesaian permasalahan Python..

Sudah berhari-hari Python di bengkel BES Motor.. lewat dari janji yang diberikan yaitu 3-4 hari.. dan tidak ada khabar baik dari Bengkel BES Motor ataupun PT. Wahana Makmur Sejati sesuai dengan janji.. ah cuma janji dari suatu nama besar Honda Indonesia..

Tanggal 15 Juni 2014.. setelah 6 hari Python menjalani perawatan di Bengkel BES Motor.. diriku dihubungi oleh kepala bengkel BES Motor.. mudah-mudahan berita bagus bahwa Python sudah selesai dan bisa diambil.. ternyata…. ternyata kepala bengkel BES Motor memberitahukan bahwa Python mulai dikerjakan tanggal 11 Juni 2014 (masuk bengkel tanggal 10 Juni 2014) hingga tanggal 15 Juni 2014 perbaikan Python my meggy belum selesai.. permasalahan telah diketahui dan diperlukan penggantian suku cadang.. diriku diminta pendapat apakah setuju dengan penggantian suku cadang.. hadeuh.. khan diriku berkali-kali sampaikan kalau perlu penggantian.. ganti saja.. bentuk ketidak percayaan kepada pelanggan tetap yang setiap melakukan perawatan ke bengkel resmi Honda termasuk BES Motor ini hanya berpesan ganti yang perlu diganti..

Diriku kembali harus menyatakan ganti saja apa yang diperlukan kalau menyangkut mesin.. pokoknya mesin Python sehat kembali.. baru diiyakan oleh kepala bengkel.. namun kepala bengkel menyampaikan bahwa kalau diperlukan penggantian ada beberapa suku cadang yang tidak ada dan harus dipesan ke PT. Wahana.. ah sudah diduga pasti ada permasalahan ketersediaan suku cadang.. kembali lagi diriku bertanya kepada diri sendiri.. apakah masih percaya nama besar Honda.. akhirnya kepala bengkel menyatakan akan segera memesan suku cadang yang diperlukan dan akan memberitahukan kalau Python sudah selesai.. terserahlah pak.. diriku sudah pasrah.. beberapa kali ketidakpuasan diriku terhadap pelayanan purna jual dalam perawatan Python kali ini dan sebelumnya telah kurasakan.. nambah satu atau dua atau lebih banyak ketidakpuasan hanya akan menambah penilaian diriku apakah diriku yakin atau tidak dengan pelayanan purna jual dari Honda yaitu Selalu Ingin Anda Puas.. saat ini?? jelas diriku cenderung untuk tidak puas..

Tanggal 17 Juni 2014.. diriku ke Bengkel Bes Motor untuk melihat kondisi Python secara langsung.. ternyata.. waduh.. Python disimpan di pinggir dengan kondisi mesin yang sudah dibongkar namun tidak ada kegiatan perbaikan yang dilakukan.. kutanya mekanik ada permasalahan apa dengan Python sehingga perbaikan tidak bisa diteruskan.. ternyata benar dugaan diriku.. mekanik menyampaikan bahwa suka cadang yang diperlukan tidak tersedia.. sudah dipesan ke PT. Wahana namun belum tersedia.. satu lagi kekecewaan terhadap pelayanan purna jual Honda Motor.. yaitu ketersediaan suku cadang..

Perbaikan dihentikan karena tidak ada suku cadang yang diperlukan

Perbaikan dihentikan karena tidak ada suku cadang yang diperlukan

Diriku minta bukti tanda pelaksanaan perbaikan dan suku cadang apa saja yang diperlukan.. diberikan bukti pekerjaan dan suku cadang yang diganti.. disampaikan kepada diriku bahwa perlu tambahan penggantian suku cadang.. tidak masalah.. kalau perlu penambahan penggantian.. ganti saja.. yang penting Python bisa sehat kembali

form service

diriku pulang dengan kekecewaan yang bertambah terhadap motto SIAP Selalu Ingin Anda Puas..

Tanggal 18 Juni 2014.. pukul 10.15 wib diriku dihubungi oleh PT. Wahana Gunung Sahari yang mempertanyakan apakah sudah dihubungi oleh PT. Wahana Makmur.. tentu saja kujawab tidak karena memang diriku belum dihubungi oleh PT. Wahana Makmur.. akhirnya diriku diminta untuk menceritakan kembali keluhan yang disampaikan dan data-data lainnya.. haddeuuhh.. suatu nama besar Honda.. janji sudah tidak ditepati sekarang minta lagi data yang pernah diberikan lewat web.. tentu data-data diriku telah masuk databasenya.. tapi kok nanya lagi.. rendahnya kualitas pengumpulan dan pendistribusian data keluhan..

Pada saat dihubungi oleh PT. Wahana Gunung Sahari diriku ditanya bagaimana Honda New Megapro diriku apakah sudah masuk bengkel.. diriku jawab bahwa Honda New Megapro diriku sedang diperbaiki di BES Motor BSD sejak tanggal 10 Juni 2014 namun saat ini perbaikan dihentikan karena BES Motor BSD tidak mempunyai suku cadang dan katanya sudah memesan ke Wahana namun barang belum ada.. akhirnya petugas PT. Wahana Gunung Sahari menyampaikan akan berkoordinasi dengan BES Motor BSD mengenai barang yang dibutuhkan.. diriku sampaikan kepada PT Wahana Gunung Sahari bahwa silahkan lakukan apa saja.. diriku hanya menunggu dan melihat kualitas purna jual Honda Motor.. hingga saat ini diriku telah mengalami beberapa kekecewaan.. bahkan telp ini juga membuat kecewa diriku terhadap kualitas pelayanan purna jual Astra Honda Motor.. kirain telephone bahwa permasalahan Python telah selesai.. eh.. malah ditanya data diri..minta diceritain ulang mengenai keluhan..dan nggak tahu sampai dimana penanganan terakhir terhadap keluhan diriku.. sungguh membuat kecewa diriku..

18 Juni 2014 diriku kembali ke BES Motor BSD untuk melihat perkembangan perbaikan Python sepeda motor Honda New Megapro milik diriku.. ternyata sedang diperbaiki.. saat mekanik kutanya kapan barang sudah ada… menurut mekanik katanya sejak kemarin.. oh baik.. ternyata suku cadang langsung dikirim keesokan harinya.. jadi kalau mau cepat ada suku cadang.. harus komplain dulu ke Astra Honda Motor.. baru barang tersedia..

Oh ya.. kebetulan mekanik yang menangani perawatan Python sebelum berangkat telah masuk dari cutinya.. saat diriku kemukakan bahwa pekerjaan dan nasihatnya ternyata membuat mesin Python jebol.. eh malah nanya mungkin Python digeber waktu jalan.. beu.. khan Python adalah Honda Megapro motor batangan .. diiklannya saja adalah real street fighter.. namun disisi lain mekaniknya bilang bahwa Honda Megapro tidak boleh digeber karena bakal bikin mesin jebol.. mana yang bener nih..??

Diriku bertanya kapan perbaikan bisa diselesaikan.. dijawab 2-3 hari… hahaha.. kalau ditanya kapan selesainya pasti jawabannya 2-3 hari.. mungkin ini jawaban standard kalau turun mesin.. tapi apa yang bisa diriku lakukan selain pasrah dan siap dengan kekecewaan lanjutan.. diriku hanya berpesan agar lakukan yang terbaik dan jangan lupa baut-baut serta seal diperhatikan.. selanjutnya adalah nunggu..

Tanggal 23 Juni 2014 pukul 09.37 wib diriku mendapat pesan SMS dari BES Motor bahwa Python telah selesai perbaikan dan bisa diambil.. ternyata lebih dari 3 hari berdasarkan janji terakhir.. tapi diriku sudah maklum bahwa BES Motor dan/atau Astra Honda Motor tidak akan merasa bersalah kalau tidak mampu menepati janji.. kekecewaan yang kesekian kalinya dari sebuah nama besar Honda..

Pada tanggal 23 Juni 2014 diriku sedang ada tugas training dari kantor hingga tanggal 27 Juni 2014 sehingga tidak dapat mengambil Python my megapro.. akhirnya kujawab bahwa diriku baru bisa ambil tanggal 28 Juni 2014 atau tanggal 29 Juni 2014 dan berpesan agar dengan adanya kelonggaran waktu pengambilan dapat memberikan waktu kepada BES Motor untuk lebih mempersiapkan Python..

sms selesai motor

Diriku berharap dengan adanya waktu seminggu bagi BES Motor untuk lebih meyakinkan perbaikan terhadap Python Honda New Megapro.. diriku berharap tidak ada kekecewaan yang harus diriku terima saat mengambil Python dan membayar biaya perbaikan

Akhirnya tanggal 29 Juni 2014 pukul 13.30 wib diriku datang ke BES Motor sesuai dengan janji diriku yang akan mengambil dan membayar biaya perbaikan Python Honda New Megapro kepunyaan diriku..

Diriku memasuki bengkel dan melihat Python diantara motor lainnya.. terlihat berdebu.. yang menunjukkan bahwa kemungkinan besar semenjak tanggal 23 Juni 2014 hingga tanggal 29 Juni 2014.. tidak dilakukan apa-apa terhadap Python padahal diriku sudah mengingatkan agar dipastikan kembali perbaikan apakah sudah bisa memuaskan pelanggan..

Melihat dari posisi dan debu yang nempel.. sepertinya tidak dilakukan pemeriksaan ulang atau cross check.. ah mudah-mudahan kekecewaan tidak berlanjut..

Ternyata BES Motor BSD hari Minggu 29 Juni 2014 buka setengah hari.. pantes sepi.. petugas bengkel menghampiri diriku dan memberitahukan bahwa motor sudah bisa diambil.. sambil mengeluarkan form kertas pengerjaan perbaikan.. tentu saja dengan biaya yang harus kubayar..

biaya service

Saat kutanya apakah biaya itu semua telah mendapatkan diskon dari kartu VIP Honda yang sebelumnya kukasih tahu dan telah ditulis nomor kartu VIP Honda milikku di form Service oleh BES Motor.. karena setahu diriku apabila menunjukkan kartu VIP Honda Motor.. pasti dapat potongan harga.. dijawab bahwa belum ada potongan.. hadeuh.. ternyata bagi pemilik kartu VIP Honda harap untuk mengingatkan bengkel dimana anda merawat kendaraan anda dan bengkel tersebut menerima kartu VIP Honda.. karena pengalaman ini menunjukkan bahwa BES Motor yang menerima kartu VIP Honda ternyata harus diingatkan oleh diriku bahwa ada potongan harga.. kemungkinan BES Motor tidak tahu gunanya kartu VIP atau pura-pura tidak tahu sebelum diingatkan oleh pemegang kartu VIP..

Dan ternyata diriku mendapatkan potongan biaya yang lumayan hanya untuk overhaul saja sebesar Rp. 19.750 .. biaya yang lain tidak mendapatkan potongan.. ya lumayan lah.. dari lebih sejuta rupiah biaya yang harus dikeluarkan.. diriku mendapatkan potongan hampir mencapai dua puluh ribu rupiah karena kartu VIP golongan tertinggi yang kumiliki..

Diriku bayar biaya perbaikan yang telah dilakukan.. dan mendapat jaminan bahwa Python Honda New Megapro milikku sekarang mesinnya kembali baru karena yang dilakukan adalah penggantian suku cadang dengan yang baru..

Python kubawa keluar dan kucoba.. kunyalakan.. brem..brem.. suara mesin memang sekarang empuk..

IMG_5541

Namun berdasarkan pengalaman diriku terhadap perbaikan dan perawatan Python di BES Motor.. maka sebelum kubawa pulang ku periksa keseluruhan.. lampu nyala.. sein nyala.. klakson.. waduh klakson kok tidak bunyi.. wah kenapa nih..?? untung masih ada mekanik.. kutanya kenapa klakson tidak bunyi.. eh dijawab bahwa pada saat masuk bengkel dilakukan pemeriksaan klakson namun pada saat diperiksa klakson tidak bunyi jadi tidak diperbaiki.. hadeuhh…. diriku terpancing juga emosi mendengar jawaban tersebut.. kekecewaan baru ternyata masih kualami .. kusampaikan bahwa diriku telah berpesan kepada BES Motor untuk :

  1. Dilakukan perbaikan dan perawatan yang diperlukan agar Python bisa kembali ke kondisi yang baik tentu harapannya keseluruhan termasuk pemeriksaan klakson
  2. Diriku telah memberikan waktu lebih seminggu agar dilakukan pemeriksaan ulang atas perbaikan dan perawatan yang telah dilakukan oleh BES Motor
  3. Diriku tanya kalau selain klakson tidak bunyi.. misalnya lampu tidak nyala juga pada saat Python diperbaiki maka pasti klakson dan lampu tidak akan diperbaiki

Diriku heran dengan kualitas kerja BES Motor BSD yang merupakan salah satu jaringan resmi bengkel motor Honda.. kok kualitas pekerjaannya sungguh mengecewakan.. apakah BES Motor BSD tidak mendapatkan arahan dan pedoman standar perbaikan dan perawatan dari Astra Honda Motor..?? entahlah.. namun kalau berdasarkan From Service Advisor disitu tertulis lengkap standar pemeriksaan.. termasuk pemeriksaan lampu dan klakson (standar pemeriksaan nomor 15)

standar pemeriksaan klakson

Kalau berdasarkan tulisan standar pemeriksaan dan urutannya, maka cuma dua hal yang bisa kuduga mengapa klakson tidak diperbaiki yaitu mekanik atau BES Motor kalau tidak mengikuti prosedur standar pemeriksaan atau hanya mengikuti standar yaitu disitu tertulis “periksa” jadi hanya diperiksa doank.. tidak perlu dilakukan apa-apa terhadap hasil pemeriksaan.. hahahahaha..hadeuh.. siapa yang koplak ya..??

Mekanik menyampaikan bahwa klakson bisa diperbaiki.. diriku diminta untuk kembali ke bengkel BES Motor untuk perbaikan klakson.. hadeuhh… enak bener ya tuh BES Motor.. yang penting ada yang diperbaiki.. nggak usah pusing dengan kualitas pekerjaan.. kalau pelanggan tidak puas terhadap pekerjaan yang telah dilakukan BES Motor maka jawabannya tinggal bawa lagi saja ke bengkel.. wah gawat nih kualitas BES Motor sebagai salah satu jaringan resmi bengkel motor Honda.. pelanggan seperti diriku yang boleh dikatakan sebagai pelanggan setia dengan seenaknya dikecewakan.. atau mungkin BES Motor atau bahkan Astra Honda Motor beranggapan bahwa semakin setia pelanggan maka semakin bisa dikecewakan..?? buktinya diriku.. semakin sering ke bengkel resmi Honda semakin sering kekecewaan yang didapat..

Ah sudahlah.. toh kekecewaan diriku terhadap pelayanan purna jual dari merek besar Honda dan jaringan purna jualnya telah kurasakan dan dapat kunilai betapa rendahnya kualitas pekerjaan dan pelayanan yang diberikan untuk diriku dan Python..

Akhirnya Python kubawa keluar bengkel BES Motor BSD dan bertekad bahwa perbaikan kali ini adalah perbaikan terakhir di bengkel yang membawa nama resmi Honda.. cukup sudah kekecewaan yang diriku alami karena percaya akan nama besar Honda dan jaringan resminya

Sesampainya dirumah kupandangi Python.. pengalaman bersama Python Honda New Megapro dalam meniti hari dan melakukan perjalanan terlintas dalam ingatan.. namun hal itu tercoreng dengan kekecewaan layanan purna jual Astra Honda Motor dan jaringannya..

Diriku coba menilai pelayanan purna jual Astra Honda Motor dan jaringannya terhadap diriku sebagai pelanggan setianya :

janji dan komitmen ahass

  1. Kualitas kepercayaan terhadap janji yang diberikan : minus.. banyak janji yang tidak ditepati
  2. Kualitas ketersediaan suku cadang : minus.. banyak suku cadang yang tidak tersedia, harus memesan dan menunggu sekian lama
  3. Kualitas pekerjaan : cukup namun tidak memuaskan..
  4. Komitmen terhadap Motto : minus.. Selalu Ingin Anda Puas (SIAP).. banyak kekecewaan yang kualami sebagai pelanggan
  5. Pelayanan pelanggan : minus.. kartu VIP Honda kurasakan tidak begitu signifikan memberikan nilai lebih.. diriku merasa bahwa diriku yang pelanggan setia ternyata membuat pihak Honda beserta jaringannya merasa bahwa diriku yang perlu bukan mereka..
  6. kekecewaan yang lainnya..

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas.. maka diriku berketetapan bahwa dengan pelayanan purna jual Honda Motor beserta jaringannya yang sangat mengecewakan maka Python Honda New Megapro sebagai tunggangan diriku terutama untuk melakukan perjalanan touring.. tidak dapat dipertahankan lagi.. dengan dukungan layanan purna jual yang mengecewakan dari Astra Honda Motor dan jaringan resmi layanan purna jual motor Honda.. dikhawatirkan diriku harus membawa Python Honda New Megapro bolak-balik ke bengkel bukannya nikmatin perjalanan pake sepeda motor..

Python Honda New Megapro kumiliki untuk touring bukan untuk bolak-balik ke bengkel dan menambah kekecewaan karena diriku harus SIAP UNTUK TIDAK SIAP.. sekali lagi ternyata nama besar Honda tidak memberikan kepuasan kepada diriku..

Bagi diriku selama ini SIAP yaitu Selalu Ingin Anda Puas yang menjadi motto bengkel resmi Honda ternyata hanya slogan.. yang kualami adalah diriku harus SIAP UNTUK TIDAK SIAP


Aksi

Information

4 responses

1 07 2014
Gue

maz..klo sy memilih tetap pk produk honda krn dr sejak jaman cb 100 itu mesin honda dh “ka ulik” n terbukti handal…pilihan sy perbaikan motor lbh ke bengkel biasa tp yg bagus, berkoordinasi dgn club dlm mencari bengkel biasa bs menbantu..

#sy salah seorang yg salut n slalu mengikuti blog anda ini

4 07 2014
Tanto

Betul Mas.. saya juga berpendapat bahwa pabrikan motor yang dijual di Indonesia pasti mengeluarkan produk yang handal, saya memilih perawatan ke bengkel resmi Honda karena mereka berani untuk menjanjikan pelayanan dan jaminan kualitas pekerjaan.. namun sayang telah mengecewakan saya sehingga saya berpikir untuk beralih ke merek lain.. toh masih banyak juga merek lain yang mesinnya handal.. dan mudah-mudahan layanan purna jualnya lebih baik..

Terimakasih sudah berkunjung di Me and Python

19 07 2014
Arief_77

wah bisa jadi bahan pemikiran jg nih mas bro, kebetulan saya pengguna Honda NMP…sepertinya Honda hanya mengedepankan kuantitas penjualan dan bengkel saja tanpa memperhatikan kesiapan dan standarisasi pelayanan kekonsumennya. Berarti SIAP hanya slogan dan lips service aja ya mas bro…ƗƗɐƗƗwah bisa jadi bahan pemikiran jg nih mas bro, kebetulan saya pengguna Honda wah bisa jadi bahan pemikiran jg nih mas bro, kebetulan saya pengguna Honda NMP…sepertinya Honda hanya mengedepankan kuantitas penjualan dan bengkel saja tanpa memperhatikan kesiapan dan standarisasi pelayanan kekonsumennya. Berarti SIAP hanya slogan dan lips service aja ya mas bro…ƗƗɐƗƗwah bisa jadi bahan pemikiran jg nih mas bro, kebetulan saya pengguna Honda NMP…

13 09 2014
riza

Saya pengguna NEW MEGAPRO 2013, dan saya kecewa. Motor baru beli kemudi buang kanan dan ban belakang melenceng ke kiri, setelah ditanya ke bengkel tempat saya membeli, head mekaniknya bilang itu wajar. dan sampai sekarang megapro saya masih dalam keadaan yang sangat tidak nyaman untuk dikendarai, ini kali terakhir saya menggunakan produk AHM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: