Python Rawat Jalan – Mesin Brebet..

14 05 2014

 

Python selama sebulan ini terasa tidak nyaman dipergunakan.. tarikan gas terasa terhambat dan tidak responsif..sering ngedrop waktu di gas dan rpm turun bahkan mesin mati beberapa kali sewaktu di perjalanan..

Telah berkali-kali di service di AHASS untuk menyelesaikan permasalahan mesin brebet ini.. beberapa bengkel resmi sepeda motor Honda di Jabodetabek didatangi dengan harapan Python kembali enak dibawa jalan

01 service berkali kali

02 service berkali kali

03 service berkali kali

Berikut adalah beberapa bengkel yang dijadikan tumpuan harapan agar Python kembali pulih :

1. Tanggal 15 Des 2012 di AHASS BES Motor BSD
2. Tanggal 21 Des 2012 di AHASS BES Motor BSD.
3. Tangal 23 Des 2012 di AHASS Rama Motor Klender Jaktim
4. Tanggal 12 januari 2013 di AHASS Gama Motor Tangerang
5. Tanggal 14 Januari 2013 di AHASS BES Motor
6. Serta beberapa AHASS di Cengkareng dan Tangerang untuk sekedar konsultasi

Keluhan sama namun dugaan mekanik berbeda dan berbeda pula cara penyelesaiannya, bahkan telah kuras tangki, ganti saringan, ganti busi, di check saluran bensin, dan service carburator namun keluhan tetap saja terjadi.

Python tetap brebet.. musti gimana lagi nih..?? kepikiran sih buat ganti Python.. Python kau kumiliki buat touring bukan buat masuk keluar bengkel.. apalagi hampir semua bengkel tidak tahu kenapa mesin brebet.. diriku khan full biker atau cuma ngerti cara pakai motor..masalah mesin nol besar.. gimana nih..berabe juga kalau Python mogok terus..

Karena sudah tidak tahu apa lagi yang mesti dilakukan..akhirnya browsing di internet cari website resmi sepeda motor Honda..pasti Honda punya website dan buat nyampaikan keluhan..

Hasil browsing menemukan alamat web http://www.astra-honda.com dan ada menu untuk menyampaikan keluhan.. langsung isi..keluhan disampaikan tanggal 25 Januari 2013.. isi data lengkap dan cerita panjang lebar mengenai keluhan.. mari kita tunggu tanggapannya..

05 service berkali kali

06 service berkali kali

Satu hari..dua hari..belum juga ada tanggapan dari pihak Honda.. hm.. kudu bersabar nih..praduga tidak bersalah tetap harus dikedepankan.. selama menunggu tanggapan..coba cari informasi mengenai calon pengganti Python..dan yang jelas beda pabrik dan merek.. telah kukantongi beberapa calon pengganti..bahkan hampir deal untuk mengambil sebuah motor keluaran terbaru..namun harus menunggu juga karena tidak ada stok persedian..hampir deal juga sih buat ngambil motor baru yang isunya akan keluar bulan ini..namun kata sales dealernya belum ada kejelasan kapan mau diluncurkan itu motor.. ya udah sabar aja dulu.. tunggu satu hari dua hari kedepan..kalau memang tidak ada tanggapan dari pihak Honda.. telah kuputuskan untuk beralih tunggangan.. layanan purna jual adalah salah satu faktor penentu bagi diriku untuk memilih kendaraan.. kemudahan dan kehandalan perawatan dan perbaikan sangat penting bagi diriku yang tidak mengerti mesin agar tunggangan selalu siap.. dan saat ini nilai tidak memuaskan telah kusematkan pada layanan purna jual dari produsen sepeda motor Honda terutama untuk perawatan Python my meggy..

Tanggal 28 Januari 2013 pukul enam sore ada pesan elektronik masuk.. ternyata dari Astra Honda Motor Customer Care menanggapi keluhan yang kusampaikan di website Honda Motor sebelumnya..

07a service berkali kali

Isi tanggapan tersebut adalah jaringan perawatan Honda Motor akan menghubungi diriku untuk dilakukan perbaikan.. hm.. suatu janji..mari kita tunggu.. apakah benar-benar dilaksanakan..

Satu hari.. dua hari.. belum juga ada tindakan nyata dari surat tanggapan terakhir.. diriku harus bersabar dan mencoba untuk menikmati mengendarai Python yang tidak enak untuk dibawa jalan…

Waduh masih belum juga ada tanggapan.. harus proaktif nih.. karena tidak ada juga tanggapan dari pihak AHM dan jaringan purna jualnya terutama masalah perbaikan yang dijanjikan.. maka diriku kembali mengirimkan balasan dan meminta kejelasan tindak lanjut dari surat sebelumnya.. dan juga ini merupakan salah satu ide untuk tulisan dalam personal web.. cocok juga untuk diangkat jadi cerita dalam web ini.. toh tema web meandpython.wordpress.com adalah apapun yang kualami dan kurasakan selama mempunyai Python my meggy..

08 service berkali kali

Surat diriku yang dikirim tanggal 30 Januari 2013 pukul 8 pagi tersebut dibalas oleh pihak AHM pada hari yang sama pukul 4 sore dan menyatakan bahwa jaringan perawatan AHM akan segera menghubungi diriku.. ya kita tunggu saja apa benar yang dijanjikan…

09 service berkali kali

Ternyata apa yang dijanjikan oleh pihak Astra Honda Motor bahwa salah satu jaringan bengkel perawatan akan menghubungi diriku dilaksanakan juga.. pukul 5 sore pada hari yang sama, diriku dihubungi oleh salah satu bengkel sepeda motor Honda dan menanyakan kapan bisa ke bengkel untuk perbaikan.. diriku jawab secepatnya.. karena hari ini sudah sore.. maka diriku sampaikan bahwa akan ke bengkel tersebut besok tanggal 31 Januari 2013 namun jam belum bisa dipastikan karena diriku harus meninggalkan tugas kantor..

Keesokan harinya pukul sembilan pagi, diriku kembali dihubungi oleh bengkel AHM memastikan kapan akan ke bengkel.. diriku sampaikan bahwa pukul 11 siang akan meninggalkan tugas kantor untuk ke bengkel.. mendapat jawaban bahwa bengkel siap untuk menerima diriku dan Python..

Pukul 11 siang meninggalkan kantor beranjak ke bengkel yang telah disepakati..tiba pukul 11.20 wib..dilayani oleh petugas penerima..namun diminta untuk menunggu karena seluruh mekanik sedang menangani konsumen lain.. diriku hanya mengiyakan.. diriku hanya ingin tahu bagaimana pelayanan bengkel tersebut..toh semua yang kualami ini akan diceritakan di blog..

Ternyata tidak lama kemudian sekitar pukul 11.30 wib demikian jam tangan menunjukkan waktu ketika seorang mekanik menghampiri dan menanggapi keluhan yang sepertinya telah diinformasikan sebelumnya.. buktinya mekanik tersebut langsung menginformasikan bahwa berdasarkan pengalaman keluhan sejenis diriku bahwa ada suku cadang yang harus diganti.. pertanyaan yang muncul dalam benak diriku.. permasalahan mesin yang diriku keluhkan ternyata sudah diketahui oleh pihak pabrikan sepeda motor Honda dan telah diketahui penyebab serta pemecahannya..namun kok bengkel yang sebelum-sebelumnya kudatangi tidak tahu bagaimana menyelesaikannya.. padahal keluhan yang kusampaikan sama.. hmm penyebaran informasi dari pabrikan ke seluruh jaringan perawatan sepertinya tidak merata..

Mekanik menerangkan penyebab Python brebet dan memperlihatkan suku cadang yang harus diganti yaitu piston compressor vaccum..

04 service berkali kali

Terus terang diriku tidak paham apa yang diterangkan mekanik.. yang jelas diriku menanyakan apakah dengan penggantian suku cadang tersebut keluhan mesin brebet dapat diatasi..?? dijawab oleh mekanik bahwa seluruh keluhan sejenis penyelesaiannya harus mengganti suku cadang tersebut..

Tidak lama kemudian mekanik melakukan perbaikan dan mengganti suku cadang yang tadi diperlihatkan..

IMG_1393

Perbaikan tidak lama dilakukan.. pukul 12.57 wib Python dinyatakan telah selesai diperbaiki dan dinyatakan bahwa keluhan telah diatasi..namun seal mesin harus diganti karena bocor.sayang barang tidak tersedia..namun menurut mekanik bahwa permasalah seal tersebut tidak begitu berpengaruh kepada kinerja mesin.. diriku menyampaikan bahwa bukan pernyataan yang diperlukan..nanti lihat saja apakah memang benar diatasi.. bengkel-bengkel sebelumnya juga menyampaikan hal yang sama bahwa keluhan sudah diatasi namun buktinya Python tetap sama keluar masuk bengkel untuk keluhan yang sama.. kali ini diriku tidak mau berharap..lihat saja buktinya..

Sewaktu diriku menanyakan berapa biaya yang harus dikeluarkan, ternyata perbaikan kali ini diriku tidak dipungut sepeserpun karena prosedur pembayaran dilakukan melalui mekanisme claim..jadi gratis..

Selesai perbaikan..diriku kembali ke tempat kerja sekaligus mencoba kinerja mesin Python.. sepertinya Python memang sudah sembuh.. tidak ada lagi mesin brebet..wuss..Python kembali bertenaga..

Kusempatkan untuk menginformasikan kepada AHM Customer Service mengenai penanganan yang telah dilakukan..dan langsung ditanggapi oleh AHM Customer Care

Python sepertinya telah sembuh..dan sepertinya siap untuk kembali menemani perjalanan..namun kok masih ada keraguan terhadap standarisasi pemahaman dan kemampuan dari setiap bengkel resmi sepeda motor Honda.. musti pindah bengkel nggak ya..atau pindah merek.. ?? hm..


Aksi

Information

2 responses

16 05 2014
Fahrul

Salam…

Mas Tanto, cerita di atas kan kejadian di 2013 tapi baru posting sekarang (2014) cmiiw..
So, gimana kondisi terakhir dari si python saat ini? apa brebetnya udah pulih?

FYI, kemarin saya ngalamin brebet utk pertama kali setelah pemakaian nmp selama 5 bulan sejak baru. tapi utk sementara dugaan saya karena faktor bensin kemasukan air, coz kemarin brebet terjadi saat bensin indikator tinggal satu bar.

anyW,, terimakasih utk semua share tentang nmp-nya..

nice article..🙂

16 05 2014
Tanto

Mas Fahrul,

Terimakasih atas kunjungannya, karena kesibukan dan alasan lainnya blog ini terlambat di update, mudah-mudahan ‘hutang cerita’ dapat terkejar dalam waktu dekat ini.

Anyway Python sekarang kondisi brebetnya sudah hilang.. dan masih dipakai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: