1-10-1000 Pintu : Ngabuburit Dari Pintu Ke Pintu

19 07 2014

Python telah diperbaiki dengan meninggalkan ketidakpuasan diriku terhadap pelayanan jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda dan diputuskan untuk berhenti mempergunakan jasa pelayanan perbaikan dan perawatan dari bengkel resmi Honda…

Python sudah sehat.. perlu dicoba untuk jalan-jalan.. tapi kemana ya.. saat ini bulan Ramadhan..diriku menjalankan ibadah puasa.. ah tujuan yang nggak jauh dari tempat tinggal.. keliling kota Tangerang saja.. tapi kemana ya… googling tujuan wisata Tangerang.. tertarik dengan Bendungan Cisadane dan Mesjid 1.000 pintu.. cari lokasi.. ternyata tidak jauh.. hitung jarak dan rute pake google.maps.. cukup untuk setengah hari perjalanan.. cocok untuk jalan-jalan di bulan Ramadhan sekaligus menunggu waktu berbuka puasa atau istilah umumnya ngabuburit..

My lovely wife kuajak untuk jalan bareng sebagai boncenger.. ternyata mau ikut.. yuuk kita berangkat hari Sabtu tanggal 19 Juli 2014.. tujuan utamanya adalah Bendungan Cisadane yang lebih terkenal dengan bendungan pintu sepuluh selanjutnya adalah mesjid yang bikin penasaran di Tangerang yaitu Mesjid pintu 1.000.. berangkat pagi direncanakan tiba kembali kerumah sore hari.. cari koordinat kedua tujuan tersebut dengan bantuan google.maps selanjutnya masukkin ke gps..

Tidak ada persiapan khusus.. bawa GPS .. tidak lupa bawa kamera dengan baterei cadangan..selebihnya nyantai saja.. perjalanan setengah hari.. lagi puasa.. cuma jalan-jalan seputaran Tangerang..

Sabtu pukul setengah sepuluh pagi setelah persiapan singkat dan memberikan arahan bagi anak-anak selama ditinggal orangtuanya.. kami berangkat..

siap berangkat

Tujuan pertama adalah kantor terlebih dahulu … ada barang yang lupa kebawa pulang kemarin.. keluar kompleks memasuki jalan Serpong Raya.. asyikk lancar…

serpong lancar

Menyusuri jalanan dipagi hari yang cerah bersama my lovely wife sungguh nikmat.. jalan santai.. nikmatin perjalanan dan jaga emosi.. lagi puasa kudu sabar…

Perjalanan dari Serpong Raya dilanjutkan ke arah Kebon Nanas.. Cikokol lanjut ke Pasar Anyar… di perlintasan kereta api tersendat karena ada angkutan umum yang berhenti menunggu penumpang dibawah plang tanda larangan berhenti.. waduh emosi mulai naik.. gara-gara angkot ngetem jalanan macet dan berbahaya karena menghambat kendaraan pas di perlintasan kereta api.. klakson aja angkot tersebut dan minta agak keras agar supirnya memajukan kendaraannya.. bikin macet dan bahaya bagi kendaraan di belakangnya.. untung saja sopirnya mau majuin kendaraan.. kalau nggak batal nih puasa gara-gara emosian ke supir angkot tersebut..

macet perlintasan KA gara-gara angkot ngetem

Perjalanan dilanjutkan menuju jalan Sitanala lanjut ke jalan Marsekal Suryadarma di pinggiran Bandara Soekarno-Hatta.. belok kanan ke jalan M1 untuk memasuki area Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dimana kantor tempat kerja diriku berada..

cuma satu pintu yang dibuka

Ternyata pintu masuk ke Bandara dibuka satu pintu saja.. yaitu pintu masuk.. sedangkan pintu keluar ditutup.. oh ya.. sekarang pintu belakang untuk keluar menuju kota Tanggerang melalui jalan M1 Bandara Soekarno Hatta ditutup dari pukul 09.00 wib hingga pukul 14.00 wib karena bakal ada pekerjaan besar pembangunan transportasi terpadu sebagai bagian integrasi perbaikan besar-besaran sistem transportasi Jabodetabek termasuk Bandara Soekarno-Hatta ini.. saat ini telah dilakukan persiapan-persiapan berupa termasuk penyediaan bantalan rel kereta api.. rencananya sih katanya bakal ada station dan jalur khusus kereta api di dalam Bandara menuju terminal 1-2-3 dan akan dihubungkan dengan jalur kereta api dari Tangerang..

keburu ditutup

Ke kantor cuma sebentar.. ambil barang yang ketinggalan lalu lanjut menuju Bendungan Pintu Sepuluh Cisadane.. mengambil arah pintu belakang M1 yang sudah ditutup.. tapi biasanya motor masih diperbolehkan lewat..katanya sih motor diperbolehkan lewat karena tukang ojek pada protes kalau akses keluar masuk ditutup sebab mereka kehilangan kesempatan untuk mengantar penumpang ke dan dari area Bandara.. yuk kita pura-pura atau ikutan juga tukang ojek.. ternyata benar..motor masih bisa keluar lewat pintu M1 di belakang Bandara.. yuk ke Bendungan Pintu Sepuluh Cisadane..

Jalan Marsekal Suryadarma kembali digilas oleh ban Python.. belok ke kompleks perumahan di seberang jalan Jembatan Baru.. pengin lihat Bendungan Irigasi Pasar Baru atau Bendungan pintu 10 dari sebelah utara..

berdua di cisadane 2

Bagus juga pemandangan dari sebelah utara ini.. terlihat megah bendungan pintu 10 ini.. di sebelah Barat beendungan terlihat ada yang membetulkan jaring dan juga berupaya untuk menangkap ikan dengan jaring di tengah sungai..

mengais rejeki di Cisadane

Tidak lama memandangi bendungan indah.. sekarang mau lihat dari sisi seberangnya.. Python kubawa ke luar kompleks masuk jalan jembatan baru.. di atas jembatan yang membelah sungai Cisadane terlihat dari kejauhan Bendungan Pintu 10

bendungan 10 pintu cisadane 3

Di persimpangan.. ambil belokan ke kanan.. berhenti dulu di tempat yang memang sengaja ditata untuk melihat pemandangan bendungan pintu 10 dari pinggir sungai Cisadane.. tempat yang rimbun dengan pepohonan.. mampir dulu ah untuk berteduh.. tadi panas-panasan.. lumayan juga buat yang berpuasa..

bendungan 10 pintu cisadane 4

tidak begitu lama kami berteduh di tempat ini.. sekarang masuk ke lokasi Bendungan Pintu 10 dari sisi selatan.. parkirin Python di bawah papan nama bangunan ini..

bendung_pasarbaru_-irigasi_cisadane_1

Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bendungan Pintu Sepuluh Cisadane terletak di wilayah Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci Kota Tangerang dengan koordinat -6.159968, 106.627790

Berikut sekilas informasi yang kudapat dari internet mengenai Bendungan Pintu 10 Cisadane

Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane

….

Bangunan Dam Tangerang ini mulai dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada tahun 1930 atau hanya 3 tahun. Bendungan air ini direncanakan untuk mengairi areal persawahan seluas 40.663 Ha yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Serang dan DKI Jakarta.

Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane dilengkapi 10 pintu gerak yang lebarnya masing-masing 10 meter persegi. Panjang tubung bendung 125 meter dengan konstruksi beton bertulang. Mesin penggerak pintu terdapat 5 buah yang setiap unitnya menggerakkan 2 buah pintu.


sumber : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Banten

Disebelah selatan ternyata terdapat fasilitas lebih lengkap… ada gudang.. kantor.. serta dijaga oleh petugas..

Kami ditanya oleh petugas mengenai siapa kami, dari mana, hendak apa… kujawab bahwa kami lagi jalan-jalan ngabuburit dan sengaja ke Bendungan Pintu 10 ini kami dari Serpong.. dan minta ijin untuk lihat-lihat bangunan Bendungan ini.. diijinkan oleh petugas jaga.. dan diminta untuk menulis buku tamu..sambil menulis buku kami minta ijin untuk photo-photo di lokasi.. langsung diijinkan

Siang dimana kami datang ternyata sedang ada perbaikan salah satu pintu yang macet… mendapat informasi dari petugas jaga bahwa memang menjadi hal rutin dilakukan pengechekan kondisi pintu air. dan saat ini memang diperlukan perbaikan salah satu pintu bendungan..

perbaikan pintu bendungan

Diriku ngobrol sebentar dengan petugas jaga… mencoba menggali banyak informasi dan menanyakan mengenai kondisi bendungan, kegunaan, kapan pintu bendungan dibukan.. dari mana saja biasanya pengunjung.. hingga asal mula bangunan ini… ternyata petugas jaga mampu juga menjawab semua pertanyaan..bahkan cerita mistik seputar bangunan… banyak juga ya pengetahuan Bapak petugas jaga mengenai bangunan yang dijaganya..

investigasi di lokasi

Ngobrol sana-sini.. tanya macam-macam.. hingga informasi mengenai arah ke mesjid 1000 pintu.. akhirnya petugas jaga pamit karena waktunya pergantian tugas jaga dan petugas pengganti sudah ada… terima kasih Pak.. kami lanjutkan photo-photo di lokasi Bendungan Pintu 10 ini..

Setelah puas menikmati Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane atau dikenal dengan nama Bendungan Pintu 10 Cisadane.. kami melanjutkan perjalanan menuju Mesjid Pintu 1000.. yang katanya tidak jauh dari Bendungan.. sekarang keluarin GPS untuk memberi tahu arah yang harus dilalui.. ternyata GPS kehabisan sumber tenaga.. chargernya lupa dibawa.. ya sudah mengandalkan ingatan sewaktu cari lokasi Mesjid Pintu 1000 di internet dan tambahan informasi dari Bapak petugas jaga Bendungan Pintu 10 yang tadi didapat…Python meninggalkan Bendungan Pintu 10 Cisadane..

Sesuai dengan informasi yang didapat maka berbelok ke kanan.. menuju Kampung Bayur Priuk… ikutin jalan di pinggiran saluran irigasi Cisadane… ada jembatan belok kiri.. masuk ke jalan yang penuh pabrik… wah curiga salah ambil arah nih.. tadi bapak petugas jaga bilang akan kelihatan sawah…dan nggak ngomong banyak pabrik… yuk kita cari seseorang untuk bertanya…

Bertemu dengan seseorang yang sedang jalan… bertanya arah ke Mesjid pintu 1000.. diberitahu jalan yang harus kami tempuh.. terimakasih pak.. ikutin petunjuk yang baru diperoleh…

Python kembali ke jalan besar di pinggir sungai.. kembali bertanya ke salah seorang pedagang tanaman.. ditunjukkan bahwa kami harus menyeberang jembatan kecil dan menyusur jalan setapak untuk menuju Mesjid Pintu 1000..

Untuk lebih memastikan bahwa arah yang dituju benar.. kami bertanya kepada petani sayuran yang ditemui.. dengan semangat Pak Tani menunjukkan arah yang dituju.. terimakasih Pak

menuju mesjid 1000 pintu 3

Jalanan ke Mesjid Pintu 1000 sesuai dengan arah yang ditunjukkan ternyata menyusur jalan kecil di tengah sawah.. kami ikuti terus sesuai petunjuk yang diperoleh

Tidak lama kami susuri jalan kecil di tengah sawah.. terdapat belokan dan didepan terlihat gedung dengan dinding dari bata yang sudah menghitam..ada beberapa lobang jendela .. pasti ini bangunan Mesjid Pintu 1000.. sesuai dengan gambar yang kuingat sewaktu mencari informasi mengenai Mesjid pintu 1000 ini..

mesjid 1000 pintu tampak belakang

Kami teruskan perjalanan.. di belokan depan ternyata kami harus melewati lorong..

IMG_5771a

Di ujung lorong kami bertanya kepada seseorang menanyakan keberadaan Mesjid 1000.. disampaikan bahwa kami telah sampai di lokasi yang dimaksud.. akhirnya ketemu juga Mesjid pintu 1000.. cari parkiran motor.. parkirin Python.. yuk lihat-lihat kondisi mesjid..

Yang pertama dilakukan setelah parkirin Python adalah kenalan dengan tadi yang ditanya.. ternyata beliau adalah salah seorang pengurus Mesjid.. setelah itu minta ijin dulu untuk melihat-lihat kondisi luar..baru nanti ke dalam..

Aktifin pencarian lokasi di HP.. mendapat lokasi tepat kami parkirin Python di area Mesjid Pintu 1.000 ini.. untuk yang ingin mengetahui koordinat Mesjid pintu 1000 berikut adalah koordinatnya -6.14976, 106.60830 atau 6°08’59.1″S 106°36’29.9″E

IMG_5763a

Mesjid Pintu 1000 berada ditengah-tengah pemukiman penduduk.. berada di Kampung Bayur Kelurahan Periuk Jaya Kota Tangerang

IMG_5764a

Bangunan mesjid terbagi menjadi 2 bangunan.. bangunan pertama adalah bangunan bercat hijau terlihat lebih baru pembangunannya dan lebih terawat dibandingan bangunan satunya lagi yang terlihat masih dalam taraf pembangunan dengan bata merah ..

IMG_5765a

Setelah melihat kondisi lingkungan kami mendekati Mesjid Pintu 1000 untuk melihat lebih jelas.. Mesjid Pintu 1000 memang terlihat banyak pintu di mesjid yang berbata merah namun sebagian dinding luar nya telah di beri lapisan keramik.. dengan menara yang banyak pintu… namun sebelum melihat kondisi Mesjid Pintu 1000 yang terlihat banyak pintu dan ruangan.. mendingan masuk dahulu ke dalam bangunan yang satunya lagi yang terlihat lebih baru..

Memasuki bangunan mesjid sebelah depan.. terdapat ruangan-ruangan..ada bagian untuk kediaman para pengurus.. dan tempat untuk umum seperti tempat wudhu..tempat sholat..ada ruangan tempat beberapa makam.. yang menurut informasi yang disampaikan pengurus adalah makam dari para pendiri mesjid pintu 1000

makam pendiri mesjid 1000 pintu

Waktu shalat Dzuhur sudah masuk dari tadi.. yuk ambil wudhu.. sholat Dzuhur.. dan ziarah makam pendiri mesjid..

Setelah melihat-lihat bagian dalam mesjid ini.. kami berencana masuk ke mesjid Pintu 1000 di sebelah.. tapi disampaikan oleh pengurus Mesjid bahwa sudah menjadi wasiat pendiri mesjid ini bahwa selama bulan Ramadhan mesjid pintu 1000 tidak dapat dimasuki pengunjung apabila siang hari dari Subuh hingga Ashar.. selepas Ashar baru bisa masuk.. wah.. masih siang nih nunggu Ashar masih lama.. ya sudah photo-photo di luar saja.. dan melihat Mesjid Pintu 1000 dari luar saja…

mesjid agung nurul yaqin 1000 pintu 4

pintu masuk mesjid 1000 pintu

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai Mesjid Pintu 1000.. berikut adalah sekilas mengenai Mesjid Pintu 1000 yang kusadur dari internet..

mesjid agung nurul yaqin 1000 pintu

SEJARAH SINGKAT MASJID AGUNG NURUL YAQIN Pintu 1000 (999)

Masjid agung nurul yaqin yang lebih di kenal masjid pintu 1000 di bangun oleh Al-Faqir Mahdi Hasan Al-Qudrotillah Al-Muqoddam yang biasa di panggil (Al-faqir) pada tahun 1978.yang hingga saat ini masih terus di bangun walaupun secara bertahap.letak masjid ini adalah di daerah kp. Bayur Rt 01/04 kel. Periuk Jaya Ke. Periuk kota Tangerang-Banten. Luas bangunan ini 2Ha +_. Masjid ini mempunyai 3 Lantai, lantai pertama di khususkan untuk pernzirah yang didalamnya ada sebuah ruang zikir pada dahulunya dan ada sebuah tasbih besarmemiliki 99 butir berdiameter 10 centimeter,setiap butirnya bertuliskan asma ulhusanah, tasbih ini berasal dari jepara.lantai dua dan tiga di khususkan untuk kegiatan agama seperti sholat lima waktu.pengajian dan kegiatan agama lainnya.

Masjid pintu 1000 banyak memiliki keunikan seperti setiap tembok masjid ini di hiasi oleh kaligrafi yang tidak biasa karna kaligrafi-kaligrafi ini berbeda-beda asalnya dan berbeda-beda juga penulisnya, ternyata di masjid ini bukan hanya kaligrafi tapi ada juga lukisan-lukisan dari segala penjuru indonesia seperti.solo,jepara,aceh.dll. lukisan itu di buat di Fathulqorib, Tanbihul-Alqofilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hingga mushola Ratu Ayu. ini semua masih ada di dalam masjid pintu 1000.

Secara zhohir bangunan ini layaknya bangunan tua yang sudah tidak di huni ratusan tahun.tapi ternyata itu salah bangunan ini masih di gunakan walaupun tidak seratus persen.artinya bangunan ini masih layak di gunakan.

bagian dalam mesjid seribu pintu

sumber : MASJID AGUNG NURUL YAQIN Pintu 1000 (999)

Waktu menunjukkan pukul 2 siang.. kami merasa sudah waktunya pulang.. my lovely wife menyampaikan bahwa perlu masak dan persiapan buka puasa.. diriku pun sudah cukup lelah dan kepanasan.. pengin istirahat.. yuk pulang…

Pulangnya kami mengambil rute berbeda melalui kampung bayur melawati daerah pemukiman.. kembali ke Cisadane.. lewati Puspem Tangerang.. Kebon Nanas.. lanjut Serpong Raya.. perjalanan lancar namun panas.. beberapa kali Python ku geber untuk mencoba akselarasi dan tenaga setelah perbaikan..

Python telah sehat.. setelah menimbang berbagai masukkan dari beberapa sahabat dan kenangan yang kunikmati selama bersama Python my meggy.. namun dengan pengalaman dan pelayanan yang semakin mengecewakan yang menimpa diriku dari jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda kepada diriku sebagai pelanggan jasa perawatan dan perbaikan motor dengan merk Honda.. maka diputuskan untuk menunda ganti tunggangan..dan kuputuskan juga Python adalah kendaraan terakhir yang akan kumiliki dari pabrikan Honda.. yang jelas selanjutnya pilihan tempat merawat dan memperbaiki Python my meggy tidak akan mempergunakan jaringan perawatan resmi Honda.. diriku sungguh kapok pake jasa perawatan dan perbaikan dari jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda …

Python setelah lebaran jalan-jalan lagi ya..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: