Kasih Makan Rusa ke Curug Ngumpet

22 05 2014

Pengalaman touring bersama rekan kantor ke Curug Cigamea di daerah Gunung Bunder Bogor yang diceritakan kepada keluarga ternyata membuat sekeluarga penasaran ingin berwisata ke Gunung Bunder.. disepakati kalau ada waktu kita wisata sekeluarga ke Gunung Bunder..nanti kita tentukan waktunya

Tanggal 9 Mei 2013 merupakan hari libur .. jauh-jauh hari sekeluarga ingin mengadakan wisata sekeluarga.. karena esoknya bukan hari libur..anak-anak pada masuk sekolah maka tujuannya adalah yang dekat-dekat saja yang bisa berangkat pagi pulang sore.. beberapa tujuan menjadi pilihan.. setelah diskusi maka diputuskan untuk berwisata ke Gunung Bunder di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun..

Pukul Sembilan pagi kami berangkat setelah sarapan.. mempergunakan Jawara our Xenia memulai perjalanan berwisata dengan tujuan Taman Nasional Gunung Halimun Bogor.

Pagi itu cuaca cerah.. route yang diambil adalah tol lingkar luar Jakarta dari BSD menuju Jagorawi.. jalanan lancar sepanjang jalan tol.. sesuai dengan arahan GPS.. semua merasa senang… jalanin mobilnya santai saja.. menikmati setiap moment kebersamaan keluarga sepanjang hari…

Tidak terasa kami telah sampai di pintu keluar Tol Jagorawi untuk masuk ke kota Bogor pada pukul setengah sebelas.. keliling terlebih dahulu kota Bogor yang mulai padat kendaraan..

Ternyata kami dituntun oleh GPS untuk melewati Istana Bogor.. ditawarin ke anak-anak apakah mau berhenti dulu di Istana Bogor.. lanjut saja.. demikian anak-anak sampaikan.. namun tidak lama kemudian terlihat kerumunan orang-orang di pagar Istana Bogor.. dilihat ada sekumpulan rusa yang sedang diberi makan oleh pengunjung.. anak kami kedua langsung minta untuk berhenti karena ingin juga ikutan memberi makan rusa..

Pinggiran buat cari parkir Jawara our Xenia.. keluar mobil.. samperin kumpulan orang-orang yang sedang memberi makan rusa.. celingukan cari sayuran buat kasih makan rusa.. ternyata banyak penjual wortel dan daun kangkung seharga dua ribu rupiah seikatnya.. kami beli beberapa ikat.. anak-anak langsung mengambil wortel dan daun kangkung yang dibeli dan langsung menawarkan wortel kepada rusa yang mendekat…

Anak kami yang paling kecil terlihat sangat senang memberi makan kepada rusa-rusa yang banyak di halaman Istanan Bogor dan menghampiri setiap pengunjung yang hendak memberi makanan.. anak kami bisa mengelus rusa yang kelihatan jinak dan terbiasa dengan pemberian makanan dari orang-orang yang berkunjung… beberapa ikatan sayuran kami beli lagi karena anak kami terlihat sangat senang..

Sepertinya anak kami lupa terhadap tujuan utama hari ini yaitu berwisata ke Gunung Bunder… kami ingatkan bahwa kita sudah cukup lama di Istana Bogor ini.. waktunya untuk berangkat lagi.. kami kembali ke mobil yang terparkir untuk melanjutkan perjalanan..

Menjelang pukul dua belas siang kami sampai ke daerah Gunung Halimun.. buka jendela mobil untuk membiarkan udara sejuk pegunungan masuk agar kami bisa menikmati kesejukan udara.. jalan berkelok dan mulus disuguhi pemandangan indah menambah kenikmatan perjalanan ini…

Tidak terasa pukul setengah satu siang.. kami sampai di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak.. wilayah Gunung Bunder.. parkirin mobil.. semua turun.. tentu saja untuk berphoto ria di depan pintu gerbang..

Kembali melanjutkan perjalanan setelah membayar tiket sesuai dengan yang tertera di loket pintu masuk.. lanjut.. udara sejuk masuk ke mobil yang sengaja jendelanya di buka… menyusuri jalanan yang berliuk di antara pepohonan rindang.. hingga kami menemukan tempat yang cocok untuk berwisata sekeluarga.. parkir mobil yang luas.. ada warung makan.. dan tempat wisata yang lumayan ramai oleh pengunjung…

Curug Ngumpet demikian lokasi wisata yang menjadi pilihan kami sekeluarga di Gunung Bunder ini.. tapi sebelum masuk kita makan siang dulu di salah satu warung yang buka…

Yuk sekarang kita masuk ke lokasi wisata Curug Ngumpet… ternyata banyak juga pengunjung di kawasan wisata Curug Ngumpet ini…

Kami harus menaiki tangga untuk menuju curug Ngumpet.. di ujung tanjakan yang berundak ada pos retribusi untuk memasuki kawasan wisata.. bayar dulu sesuai tariff.. lanjut perjalanan… suara gemuruh air terjun mulai terdengar..udara sejuk.. menambah semangat kami untuk segera sampai di Curug yang dimaksud…

Curug Ngumpet ternyata tidak terlalu jauh dari tempat retribusi.. terlihat air terjun yang tidak begitu besar dan tidak terlalu tinggi tinggi.. dibawah terlihat kolam dangkal dengan batuan besar .. udara segar dan sejuk dengan suara gemericik air terjun dan air sungai menambah kenikmatan wisata alam Curug Ngumpet ini.. ditambah dengan akses yang mudah dan dekat dari tempat parkir kendaraan menjadikan Curug Ngumpet menjadi salah satu tujuan favorit keluarga apabila berwisata sekeluarga

Anak-anak tanpa disuruh melepas alas kaki.. langsung turun ke kolam dangkal dengan air jernihnya.. bermain air.. kami orang tua mengawasi anak-anak yang asyik bermain air..

Kami amati juga kawasan ini.. sepertinya pengelola memang sengaja membuat beberapa kolam yang berjenjang ke bawah..ada beberapa warung kopi di lokasi wisata ini.. dan beberapa bale-bale untuk pengunjung… kebersihan terjaga di kawasan curug Ngumpet ini.. walaupun ada beberapa sampah namun secara umum kawasan ini bersih dari sampah-sampah yang berserakan.. bukti kesadaran terhadap kebersihan lingkungan sudah melekat di para pengunjung dan pihak pengelola kawasan wisata ini

Satu jam cukup bagi kami untuk menikmati pemandangan dan kolam dangkal curug Ngumpet ini.. yuk kita kembali jalan-jalan…

Turun meninggalkan curug lewat jalan memutar… ternyata kami menemukan tempat lapang… mari kita bermain.. kami bergembira sekeluarga…

Setelah puas bermain sekeluarga.. kami beranjak ke mobil.. melanjutkan perjalanan.. rute yang diambil adalah meneruskan jalur wisata Gunung Bunder ini.. beberapa curug dan tempat wisata di dalam kawasan wisata Gunung Halimun.. kami lewati karena kami merasa kami sudah cukup menikmati kebersamaan berwisata sekeluarga ini…

Arah pulang sengaja kami tidak melewati jalan berangkat.. kami ambil jalur Ciampea..Ciseeng

Di daerah Ciseeng waktu sudah menunjukkan pukul lima sore.. mampir dulu ah ke sebuah rumah makan.. mari kita makan bersama biar nanti sampai rumah tinggal bersih-bersih diri.. lalu istirahat..

Melanjutkan perjalanan kembali.. melalui Ciseeng ke Gunung Sindur… terlihat di spion anak-anak tertidur.. jalanin kendaraan santai saja..

Lewat pukul enam sore.. kami tiba kembali di rumah.. beresin bawaan… mandi… lanjutkan cengkrama sekeluarga… walaupun singkat dan dekat wisata sekeluarga kali ini..kami sangat menikmati perjalanan.. nanti kita jalan-jalan lagi yuk…