Berkendara – Makan Siang – Bercengkrama

22 05 2014

Ride Lunch Laugh

Nusantaride kembali mengadakan ajang temu.. kali ini temanya adalah Ride-Lunch-Laugh.. tempatnya sih lumayan dekat dari rumah.. Jatiluhur.. namun tidak dijelaskan lokasi tepatnya dimana… info yang diperoleh hanya titik koordinat.. asyik kayaknya ini acara semacam GPS Challenge yang pernah sahabat Nusantaride adakan yaitu ketemuan di suatu tempat dengan bermodalkan titik koordinat.. ketemuan dengan para sahabat Nusantaride saja sudah bikin kangen apalagi ada tantangan untuk mencari lokasi berdasarkan titik koordinat yang ditentukan.. kegiatan ternyata beberapa hari lagi.. ikutan ah.. cukup waktu untuk lakukan persiapan-persiapan..

Langkah pertama adalah mencari lebih jauh mengenai lokasi yang ditentukan.. pergunakan google.maps untuk mencari tahu sebelah mananya Jatiluhur dan penentuan rute

lokasi rute perjalanan

Ternyata lokasi versi google.maps adalah ditepian waduk..namun kok nggak ada jalan ke lokasi yang ditunjukkan oleh penggagas acara.. dan bukan tempat wisata yang pernah kami sekeluarga kunjungi sewaktu berwisata sekeluarga ke Jatiluhur… sepertinya ini rute ke lokasi agak lumayan seru (#baca : ajrut-ajrutan).. makin penasaran nih.. ah tentukan rute sekarang.. karena jarak lumayan dekat..ah sekalian saja cari rute lainnya.. geser-geser garis di google.maps.. dapat rute lewat Hambalang dan Citeureup.. jarak 134 km.. kayaknya cocok buat riding… set rute ke gps.. tinggal siapin kondisi Python..

Dua hari sebelum acara.. sengaja kubawa Python ke bengkel resmi sepeda motor Honda di daerah Cikokol untuk mempersiapkan Python agar siap dibawa ke lokasi yang nggak tahu kondisinya kayak gimana.. biar kemanapun Me and Python siap untuk gilas jalanan..

Siapin Python

sewaktu di bengkel.. terlihat ban Python kok sudah mulai tipis kembangannya.. perawatan mesin Python sudah selesai.. meluncur ke daerah Ciputat menuju toko ban sepeda motor yang direkomendasikan oleh salah seorang teman..

Python sudah siap.. tinggal tunggu hari keberangkatan… tibalah hari yang ditunggu-tunggu..

ganti ban

Waktu menunjukkan pukul menjelang 8 pagi saat, Diriku sudah siap dengan segala atribut perjalanan.. Python telah siap dengan segala bawaan yang nempel di motor.. koordinat tujuan sudah di set di GPS.. cuaca cerah.. yuk berangkat.. tujuan pertama adalah teman kantor yang ternyata semalam ngasih khabar pengin ikut juga dan disepakati untuk ketemuan di rumahnya karena jalannya searah

time to go

Keluar komplek memasuki jalan raya Serpong.. lancar… mampir dulu ke salah satu pom bensin.. glek-glek.. Python digelontorin bensin hingga penuh.. glek..glek..

Lanjut lagi perjalanan ke arah Pamulang melalui jalan raya BSD.. lalu lintas ramai lancar.. cuaca cerah.. Python jalan santai.. nikmatin perjalanan..

 tikum 1

Pukul delapan lebih tiba di rumah teman di Pamulang… ngobrol bentar.. diberitahu bahwa teman mau ngajak anaknya jalan.. sip.. yuk kita berangkat.. jalannya tenang saja.. kita mau nikmatin perjalanan..target pertama adalah daerah Hambalang pengin lihat lokasi tempat pembangunan gedung olahraga yang bikin heboh.. setelah itu baru menuju lokasi pertemuan Nusantaride di Jatiluhur

Keluar komplek Vila Dago Pamulang tempat tinggal teman menuju putaran Universitas Pamulang.. belok kiri ke arah jalan Pajajaran Pamulang… teman perjalanan menyusul.. nyampaikan bahwa kita seharusnya belok kanan kalau mau ke Jatiluhur.. diriku ngotot bahwa kita ikutin saja GPS yang nyaranin belok kiri.. karena ini jalan lebih cepat.. akhirnya kita sepakat untuk ikutin GPS

Jalan mengikuti arah yang disarankan oleh GPS.. jalanan mulai ramai.. lanjut memasuki jalan Otista Raya Ciputat.. jalan tambah ramai dan cuaca mulai panas..terus melanjutkan perjalanan hingga berbelok ke Pondok Pinang.. jalanan macet dan panas .. lanjut terus…akhirnya GPS menunjukkan kami harus berbelok ke kanan setelah melewati persimpangan Pondok Pinang untuk memasuki jalan Simatupang Jakarta..

Ikutin arah yang disarankan oleh GPS.. memasuki jalan Simatupang.. GPS menyarankan agar tetap ambil jalur sebelah kanan karena beberapa ratus meter lagi hendak masuk jalan tol.. hah..?? masuk jalan tol..?? masa pake motor masuk jalan tol.. wah ada yang salah nih di GPS.. baru ingat.. sebelumnya GPS dipake untuk nunjukkin jalan saat sekeluarga jalan bareng pake Jawara our Xenia ke luar kota minggu sebelumnya, dan saat itu GPS di set untuk masuk jalan tol… settingan GPS belum dirubah.. pantes nyaranin ke jalan tol.. pilihan untuk menghindari jalan tol belum dinonaktifkan…

jakarta macet

Kepalang tanggung masuk kota Jakarta.. akhirnya kita telusuri jalan arteri Simatupang dalam cuaca yang panas dan rintangan kemacetan di setiap perempatan..

break

Cuaca panas dan kemacetan kami nikmati hingga perempatan Pasar Rebo.. berbelok ke arah jalan Raya Bogor.. tetap macet.. makin panas.. hadeuuh… akhirnya kami berhenti di sebuah minimart sekedar melepas dahaga..

Perjalanan diteruskan menyusuri Jalan Raya Bogor hingga ke Cibinong.. GPS menunjukkan untuk berbelok ke kiri.. yuk ikutin… sekarang pasrah saja.. tujuan di set Hambalang… entah Hambalangnya dimana asal tekan aja di GPS…

Kami memasuki jalan Desa Leuwinutug.. jalan yang lumayan jelek dengan lobang di sana-sini.. truk dan angkutan umum berseliweran menghindari lobang dan meniggalkan bekas debu berterbangan.. lanjut saja ah..

Akhirnya kami berbelok ke arah kiri memasuki jalanan perkampungan..turunan dan belokan tajam di depan… Python kujalankan pelan.. setelah belokan menurun ternyata jalan mulus dan lebar.. ambil jalan sebelah kiri.. tidak berapa lama terbaca di gapura sebelah kanan ada tulisan Indonesia Peace and Security Center.. wah apaan tuh ya.. pusat keamanan dan perdamaian Indonesia.. begitu artinya.. tapi waktu terlihat ada bendera Indonesia dan PBB.. wah nggak salah lagi pasti tempat pasukan perdamaian PBB dari Indonesia.. balik lagi.. ambil jalur yang kanan… kita ke markas pasukan perdamaian PBB dari Indonesia..

Pintu Gerbang Pasukan Perdamaian PBB Indonesia

Setelah puas-puasin photo di depan gerbang pasukan perdamaian PBB dari Indonesia.. maka kita lanjut masuk.. penasaran dimana dan bagaimana markasnya..

Tidak berapa lama mengayuh.. eh mengegas.. tiba di puncak bukit terlihat pintu masuk sebelah kanan.. ada logo UN atau United Nation.. beberapa bangunan bertingkat seperti apartement terlihat di dalam.. yuk kedalam…

Memasuki pintu gerbang.. langsung masuk… makin terlihat beberapa bangunan.. tidak jauh ada pos penjagaan..samperin yang jaga.. sebutkan jati diri..maksud kedatangan.. disapa dengan sopan namun tegas bahwa kita nggak boleh jauh lagi masuk… ya udah… minta ijin photo-photo di depan gerbang… diijinin…. yuk photo-photo dulu di depan markas Pasukan Perdamaian PBB dari Indonesia… bangga juga Indonesia punya pasukan perdamaian yang disegani dan dihormati oleh bangsa lain.. siap grakkkk..

tertulis UN.. United Nation

nikmatin teriknya matahari

Perjalanan diteruskan untuk mencari dan melihat proyek sarana olahraga di Hambalang yang menjadi berita heboh di berbagai mass media karena tersangkut kasus yang melibatkan para petinggi

Sambil menyusuri jalanan di perbukitan Hambalang.. bertanya mengenai keberadaan proyek sarana olahraga tersebut kepada beberapa orang dari penduduk, pekerja bangunan proyek yang memang banyak pembangunan proyek di Hambalang ini serta orang-orang yang lewat..namun tidak ada yang mengetahui keberadaannya.. wah heran juga ya.. berita kasus pembangunan sarana olahraga tersebut sedang menjadi topik hangat tapi kok masyarakat sekitar Hambalang tidak ada yang mengetahui sama sekali.. ya sudah kita telusuri jalan hingga perbukitan.. terus bertanya tetap jawaban tidak tahu yang diperoleh..

Karena tidak mendapatkan petunjuk keberadaan yang hendak dituju serta waktu sudah siang.. akhirnya diputuskan untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan utama yaitu Jatiluhur tempat dimana Nusantaride mengadakan pertemuan.. masukkan koordinat tempat pertemuan Nusantaride ke GPS.. biarkan GPS yang menuntun arah..

Perjalanan menuju Jatiluhur dari Hambalang melewati proyek Badan Nasional Pemberantasan Teroris (BNPT) yang sedang dalam pembangunan.. melewati perkampungan keluar ke jalan Sodong..lanjut menuju Jonggoldayeuh… selepas daerah Hambalang menemui jalan mulus dengan pemandangan pesawahan yang indah.. cuaca panas namun tergantikan dengan jalanan lancar dan pemandangan indah.. angin yang menerpa kami membuat perjalanan kali ini menyenangkan

GPS menuntun terus kami menuju tujuan utama.. selepas perkampungan kami berbelok ke wilayah Jatiluhur dimana jalanan mulai dengan banyak lobang dan akhirnya kami menikmati jalanan kampung yang berupa jalan tanah dengan lobang disana-sini.. asyik juga jalanan nih.. meliuk..naik..turun..hindari lobang..ajrut-ajrutan.. nikmatin saja ah…

track to Destination

destination sesuai gps

Akhirnya kami tiba di tempat yang telah ditentukan.. lokasi yang indah ditepi danau Jatiluhur.. telah ada beberapa rekan yang tiba.. parkirin motor.. beranjak ke tempat berkumpulnya rekan-rekan Nusantaride di sebuah warung.. ngobrol bentar.. pesan kopi.. eh tidak berapa lama ada berita bahwa tempat pertemuan di pindahkan ke lokasi yang lain… yuk siap-siap menuju lokasi baru.. eit..cuaca mulai gelap..awan mendung sudah menutupi kawasan.. beberapa rekan telah berangkat duluan..

Beberapa rekan yang tertinggal akhirnya berbarengan ke lokasi yang baru.. tidak berapa lama hujan besar turun.. berhenti di sebuah warung yang tutup untuk berteduh.. ngobrol dan canda gurau sambil menunggu hujan reda..

Hujan reda.. kami melanjutkan perjalanan.. ternyata banyak rekan termasuk rekan perjalanan dari Tangerang yang mengurungkan niat ke tempat pertemuan berikutnya karena beberapa alasan.. diriku putuskan untuk meneruskan perjalanan… sendirian dengan bermodalkan petunjuk yang disampaikan saat tadi ngobrol..

Sendirian melewati jalanan berbatu dan licin bekas hujan.. berbekal ingatan arah yang disampaikan.. celingukan kali aja ada juga rekan Nusantaride yang berpapasan.. ternyata tidak ada.. untung ada sebuah sepeda motor dengan stiker Nusantaride parkir di belakan sebuah jalan kecil..tapi tidak ada orangnya.. yang ada adalah penduduk yang sedang ngobrol di teras rumah.. kutanya apakah ada rombongan motor yang lewat … hehehe.. kutanya ada rombongan motor karena pasti tadi banyak sahabat Nusantaride yang seliweran.. ternyata benar.. penduduk menjawab bahwa ada banyak motor yang lewat dan menunjukkan arah yang harus dituju..dengan yakin kuikuti arah yang ditunjukkan

Arah kali ini adalah jalanan aspal perkampungan yang relatif bagus.. namun tidak lama jalanan aspal hilang yang ada adalah jalanan tanah merah yang pasti licin karena telah disiram hujan.. Python kujalankan pelan mencoba mencari pijakan ban di tanah yang masih keras.. namun didepan ada genangan air.. bisa lewat tidak ya.. ah pasti bisa lewat.. toh banyak sahabat Nusantaride yang melalui jalan yang sama.. masuk genangan.. pastikan tarikan gas terjaga dan roda berputar.. selagi di tengah genangan Python tidak mau maju.. roda belakang berputar ditempat saat di gas.. untung ada seorang anak seumuran anak SMP yang lewat jalan kaki.. minta tolong untuk sedikit mendorong.. dengan senang hati sang adik mau membantu.. tapi sebelum mendorong kuminta tolong juga untuk mengambil gambar saat Me and Python ditengah genangan air.. keluarin kamera serahin ke yang mau nolong.. bergaya.. jepret.. baik sekarang tolong dorongin… Python dengan sedikit dorongan akhirnya bisa melaju kembali.. hatur nuhun jang….

ride to final destination

Perjalanan dilanjutkan dengan menikmati jalanan tanah licin.. pelan saja ah.. tidak ada penduduk atau yang nolongin kalau Python pengin rebahan.. akhirnya Me and Python tiba di ujung jalan.. terlihat telah banyak sepeda motor yang parkir dengan stiker Nusantaride tertempel di sepeda motornya.. pasti ini tempatnya… parkirin Python.. buka helm.. jaket tetap dipakai.. beranjak ke tempat ngumpul para sahabat di sebuah warung makan ditepian waduk.. salaman.. berkenalanan dengan sahabat yang baru ketemuan.. saling menceritakan perjalanan menuju lokasi serta cerita seru lainnya.. ternyata para sahabat telah selesai makan siang.. ah langsung saja kuambil piring kosong dan meminta ijin untuk melahap nasi liwet dan ikan bakar yang terlihat sedap.. perjalanan jauh..hujan.. bikin laper… santap nasi liwet dan ikan bakar colek sambal kecapnya.. sedap… makan sambil ngobrol.. tambah nikmat…

Perut kenyang.. saatnya melanjutkan ngobrol dan menikmati pemandangan.. lokasi yang jadi tujuan ternyata berada di pinggiran waduk dengan pemandangan indah… air waduk Jatiluhur yang tenang.. cuaca mulai terang.. di tengah waduk terlihat beberapa perahu kayu penduduk yang sedang mencari ikan.. di seberang waduk terlihat perbukitan dengan embun tipis menambah keindahan pemandangan.. macet..lelah..basah karena hujan.. semua terbayar sudah dengan pemandangan indah dan pertemuan dengan para sahabat Nusantaride…

pemandangan indah

temans di lokasi

Agak lama juga ngobrol dan senda gurau di lokasi ini.. akhirnya sore menjelang.. cuaca kembalil mendung.. diputuskan untuk segera mengakhiri acara dan meninggalkan lokasi… masing-masing mempersiapkan kendaraan dan perlengkapan.. akhirnya kami beranjak dari lokasi.. setelah sebelumnya photo bersama terlebih dahulu

photo bareng

Jalan pulang kembali melalui jalan tanah licin dan genangan air yang sebelumnya kulalui.. Me and Python berdasarkan pengalaman sebelumnya bisa memilih pijakan ban sehingga sampai di jalanan aspal.. namun beberapa rekan terjebak di tanah yang licin.. sehingga memerlukan bantuan untuk melintasinya…

licin pulang

Setelah semua melewati jalanan tanah licin.. berbarengan beranjak ke luar wilayah Jatiluhur.. namun melintasi kembali jalanan berbatu.. nikmatin bareng-bareng.. seru juga.. lewatin tempat pertemuan pertama.. ada rekan yang mengalami masalah mesin.. sebagian sudah di depan.. kami tertinggal berlima di belakang.. bantuin teman yang sedang mengalami masalah mesin.. diriku sih nggak tahu mengenai mesin jadi bantuinnya berupa bantuin moto-moto.. jepret..

bantuin photo

Untung sudah bantuin moto jadi bisa beres tuh motor … tidak nyambung hahaha… yuk jalan lagi.. malam sudah melingkupi perjalananan kami.. hujan deras kembali turun.. menyusuri jalanan di wilayah Jatiluhur yang gelap.. beriringan berlima akhirnya kami keluar dari kawasan Jatiluhur menuju kota Purwakarta..

Kami berhenti di sebuah pom bensin dimana menjadi tempat kumpul para sahabat.. ada yang menata kembali perlengkapan.. memperbaiki kendaraan..ganti pakaian yang basah karena hujan.. ada yang ngobrol hingga merenung sendiri dan sekedar istirahat…

Waktu menunjukkan sekitar pukul delapan malam.. diputuskan untuk melanjutkan perjalanan.. rombongan terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan wilayah asal para sahabat.. Me and Python bergabung dengan para sahabat yang berasal dari Jabodetabek..

Perjalanan menyusuri kota Purwakarta beriringan.. memasuki Kota Karawang beberapa rekan berpisah karena beda tujuan.. terus berkurang menjelang Bekasi.. akhirnya diriku berpisah di daerah Cawang untuk mengambil jalan Dewi Sartika menuju Bintaro dan Serpong…

Pukul sebelas malam malam minggu tiba di daerah Serpong.. ah sekalian aja mampir di tempat kopdar Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Tangerang yang memang punya jadwal kopdar setiap malam minggu.. sekalian ketemuan dengan para sahabat pengendara Honda Mega Pro dimana Me and Python selalu diterima dengan hangat kalau sowan dan ketemuan di kopdar mereka….

kopdar dulu

Python n friends

Ketemuan dengan para sahabat Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Tangerang.. ngobrol asyik dengan mereka.. lelah hilang dengan keakraban.. akhirnya lewat tengah malam Me and Python pamit untuk pulang dan istirahat…

Perjalanan yang mengesankan… melintasi kota Jakarta dengan kemacetannya.. pencarian di Hambalang tidak menemukan yang dicari tapi menemukan yang lain.. perjalanan ke tempat lokasi dengan jalan yang nikmat.. ketemuan dengan sahabat Nusantaride di tempat yang indah.. perjalanan pulang bersama-sama menyusuri kota Purwakarta-Karawang-Bekasi hingga ditutup dengan keakraban dari para sahabat Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Tangerang.. dari pagi hingga lewat tengah malam.. pengalaman dan perjalanan yang sungguh tidak terlupa dan ingin kembali terulang…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: