Menambah Akselerasi Python

21 05 2014

 

Setelah sekian lama dan sekian tempat dituju..terutama setelah pemasangan velg dan ban gambot serta permasalahan brebet sudah teratasi.. ada hal yang mengganjal diriku mengenai Python saat menggilas jalanan.. yaitu keterbatasan tenaga dan tarikan..terutama pada saat jalanan menanjak.. putaran gas sepertinya tertahan..Python ngos ngosan.. nggak apa-apa sih tapi kalau bisa diatasi sepertinya makin asyik dan poll ngejalanin Python..

Seperti biasa..konsultasi kepada ahli..setengah ahli..bahkan yang tidak ahli..browsing..googling.. kejadian berulang kalau mencari info oleh diriku yang full biker atau hanya bisa pakai motor dan tidak ngerti mesin.. makin banyak konsultasi..makin banyak masukkan..makin bingung nentuin pilihan…cukup beragam info yang diterima untuk meningkatkan akselerasi tenaga Python my meggy..dari yang musti oprek jeroan mesin..ganti sparepart ini itu dengan motor ini itu..dan bahkan ada yang nyaranin ganti blok mesin dengan yang cc nya lebih gede.. nggak ada sih yang serius nyaranin ganti bpkp sama stnk.. kalau yang nyaranin ganti bpkp sama stnk sambil guyon sih banyak.. hadeeuhh..

Dari sekian informasi dan saran masuk..akhirnya harus ditentukan pilihan.. pilihan bukan berdasarkan pemahaman mengenai mesin namun berdasarkan logika umum dan hati serta..ketersediaan anggaran..

Logika diriku yang sekali lagi nggak ngerti masalah mesin..ngos ngosan di tanjakan dan perasaan terbatasnya tenaga Python adalah napas Python yang dibatasi dan sumber tenaga..jadi solusinya adalah perbaikan saluran napas atau putaran gas harus lebih banyak dan sumber tenaga tentu saja cipratan bensin dan pembakaran harus lebih baik.. sekarang adalah cari solusinya..

Browsing..googling..asking..kembali dilakukan..seperti biasa..makin banyak info makin bingung..nalar-hati-anggaran jadi patokan.. berdasarkan informasi dari browsing…didapat informasi bahwa motor keluaran tahun 2000an keatas para pabrikan membatasi motor dengan mengaplikasi CDI (Capacitor Discharge Ignition) limited atau dibatasi..CDI adalah suatu komponen di sepeda motor untuk pengapian.. berdasarkan info hasil googling.. pabrikan beralasan dengan membatasi lari si motor,maka motor akan lebih awet.misal pada gigi satu pabrikan mematok di kecepatan sekitar 30km/jam..walaupun di gas segimana pun lari motor tetap segitu..pantes Python berasa ketahan tenaganya..akhirnya diputuskan untuk mencoba CDI unlimited.. dan hasil googling dan info katanya CDI merk B*T adalah salah satu yang terbaik..

..Sekarang cari bengkel buat ganti CDI.. beberapa bengkel aksesori langganan kudatangi namun barang tersebut tidak tersedia.. akhirnya kembali googling dan browsing.. didapat informasi bahwa di daerah Mencong Cileduk Tangerang terdapat suatu bengkel motor yang mengkhususkan diri untuk penambahan akselerasi dan tenaga motor.. Ultraspeed.. demikian nama bengkel tersebut..keputusan sudah diambil ganti CDI di bengkel Ultraspeed..

01 cdi racing

Hari Sabtu 23 Februari 2013 diputuskan Python kubawa ke bengkel yang dimaksud.. ternyata lumayan ramai juga nih bengkel..telah banyak motor dan konsumen yang antri untuk perawatan..

02 pasang cdi racing

Bengkel ini cukup luas dan lengkap fasilitas.. ruang parkir, ruang administrasi, ruang buat beli barang, ruang tunggu dan memiliki juga fasilitas dan mesin dyno meter.. dyno meter..?? istilah baru yang kudapat sewaktu browsing cari cara meningkatkan akselerasi Python..apa itu Dyno meter.. nih sekilas info mengenai Dyno Meter versi bahasa Inggris hasil browsing dari internet..


Dynamo Meter (sumber : wikipedia)

A dynamometer or “dyno” for short, is a device for measuring force, torque, or power. For example, the power produced by an engine, motor or other rotating prime mover can be calculated by simultaneously measuring torque and rotational speed (RPM).
A dynamometer can also be used to determine the torque and power required to operate a driven machine such as a pump. In that case, a motoring or driving dynamometer is used. A dynamometer that is designed to be driven is called an absorption or passive dynamometer. A dynamometer that can either drive or absorb is called a universal or active dynamometer.

…..

03 pasang cdi racing

Diskusi dengan yang punya bengkel bagaimana meningkatkan akselerasi dan tenaga Python my meggy.. disampaikan oleh yang punya bengkel bahwa banyak cara untuk meningkatkan akselerasi dan tenaga sepeda motor namun harus sesuai dengan tujuan penggunaan dan jalanan yang dilalui.. diriku sampaikan bahwa Python biasa dipergunakan harian rumah kantor namun sesekali dibawa jalan-jalan touring melintasi berbagai kondisi jalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh.. dan keluhan utama adalah perasaan keterbatasan tenaga Python untuk sesekali digeber dan agak ngos ngosan waktu di tanjakan..

Berdasarkan diskusi dan terutama alokasi anggaran yang tersedia akhirnya disepakati bahwa permintaan diriku untuk ganti CDI standard dengan CDI racing adalah pilihan tepat..namun agar pengapian lebih optimal maka perlu tambahan penggantian kiprok dan busi serta oli mesin yang mendukung..

04 pasang cdi racing

Berpikir sebentar terutama masalah harga..apakah masih dalam batasan anggaran yang ditetapkan oleh menteri keuangan rumah tangga.. ternyata agak lewat dikit.. hubungi menteri keuangan rumah tangga minta persetujuan.. permintaan peningkatan plafon anggaran disetujui..hore.. sampaikan ke yang punya bengkel bahwa saran penggantian yang disampaikan disetujui..barang yang diperlukan disiapkan..yaitu CDI B*T dual band, Kiprok racing, Busi Platinum dan oli racing..

05 pasang cdi racing

Barang sudah siap..pembayaran sudah..sekarang pemasangan..mekanik dengan cekatan melakukan penggantian.. waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama…selesai..sekarang dicoba tarikan gas… gas Python digeber..rpm sampai mentok namun kayaknya napas Python masih panjang.. ditawarin untuk dilakukan dyno meter.. ah nggak usah..testnya nanti saja di lapangan langsung apakah memang ada peningkatan akselerasi dan tenaga setelah ganti suku cadang pengapian..

Selesai penggantian..saatnya dicoba.. Python kembali menggilas aspal.. berasa Python lebih repsonsif saat digeber..namun sayang jalanan ramai sehingga tidak bisa dicoba akselearasi.. sengaja kubawa ke jalan yang agak sepi untuk mencoba tarikan mesin.. dijalan yang agak sepi dan lurus..Python langsung di geber..Python langsung meraung..gigi satu menyentak..gigi dua minta digeber..gigi tiga berasa tenaga..gigi empat..kok Python nggak mau pindah gigi walaupun jarum rpm sudah ke angka merah.. becek terus..speedometer sempet melewati angka 100 Python masih enteng di gigi empat.. paksain lagi gas digeber..pindah gigi lima..Python minta lebih kenceng..wah peningkatan akselerasi yang sangat berasa..sayang nyobain Python nggak bisa lama dan lebih digeber lagi karena kondisi jalan..

Diriku bawa pulang Python dengan rasa puas..sekarang Python lebih bertenaga.. saatnya untuk cari tujuan touring dengan kondisi jalanan bermacam-macam.. jalan mulus..jalan jelek..lurus..nikung…tanjakan adalah tema touring selanjutnya.. kemana ya..??


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: