Ride and Capture Nusantaride – Muter dikit ah..

13 05 2014

 

Nusantaride kembali mengadakan ajang temu.. kali ini bertempat di Cibodas dan berdasarkan informasi dari yang punya ide bahwa ajang temu kali ini selain ngumpul bareng para penggiat jelajah sepeda motor yang tergabung dengan Nusantaride … juga ada acara sharing dan diskusi mengenai bagaimana mengambil photo dan cara menulis.. terutama bagaimana menceritakan perjalanan yang telah dilaksanakan atau istilah kerennya Ride Report.. kegiatan ini bertema Ride and Capture.. sedangkan materi akan dibawakan oleh dua tokoh penjelajah bersepeda motor.. yaitu Om Ahmad Yunus yang melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia bersama Om Farid Gaban mempergunakan sepeda motor dengan tema Zamrud Khatulistiwa dan sudah menghasilkan buku mengenai perjalanan mereka… Selain Om Ahmad Yunus, diskusi juga akan membahas cara motret dari Om Dendy Julius.. seorang fotografer handal dan profesional.. kedua nara sumber tersebut juga gabung dengan Nusantaride.. mantaapp..

Ajang temu sahabat Nusantaride.. berdiskusi yang bermanfaat dengan dua nara sumber hebat… dan yang penting.. touring… Me And Python akan menjelajah lagi.. asyik..

00 ride and capture

Dari teaser yang dipublikasikan.. pelaksanaan adalah tanggal 24 Januari 2013 dan dan berdasarkan koordinat yang diumumkan.. kegiatan tersebut akan bertempat di daerah kebon raya Cibodas Cipanas Puncak.. acara pasti ok.. tapi kebayang Puncak Bogor..macet dan diriku telah berkali-kali melalui jalur ini.. ya sudah cari jalur lainnya..

01 ride and capture

Seperti biasa google maps jadi acuan untuk menentukan rute.. lihat rute.. tertarik juga lewat Jonggol menghindari Puncak.. tapi kalau dari Serpong harus lintasi Jakarta.. kebayang macet..

Cari alternatif rute lainnya.. lewat Parung Panjang.. teringat saat jalan-jalan bersama my lovely wife ke Rumpin.. saat itu ada petunjuk jalan lurus Parung Panjang namun kita tidak lalui.. jadi penasaran nih lewati Parung Panjang…

Akhirnya ditetapkan perjalanan ke lokasi event Ride and Capture Nusantaride melintasi Parung Panjang.. direncanakan pulangnya lewat jalur utama Puncak Bogor Parung Tangerang karena diperkirakan acara akan selesai malam hari

Catat koordinat-koordinat petunjuk untuk dimasukkan ke GPS sebagai acuan jalan yang akan dilalui..

Tiada persiapan khusus untuk perjalanan kali ini.. standar aja.. gps, mat, sleeping bag dan satu set pakaian ganti yang dibawa.. berangkat tanggal pelaksanaan yaitu 24 Januari 2013.. berangkat dari rumah pagi hari diperkirakan sampai lokasi siang hari..

02 ride and capture

Tanggal 24 Januari 2013 pukul tujuh pagi perjalanan dimulai.. cuaca sedikit mendung.. tujuan pertama adalah Parung Panjang.. biarkan gps yang menuntun…

Me and Python diarahkan untuk mengambil jalan Serpong Raya menuju Jalan Pahlawan Seribu BSD.. jalanan lancar.. selanjutnya berbelok ke arah Cisauk..

03 ride and capture

Berhenti dulu tidak jauh dari belokan BSD ke Cisauk memasuki daerah Cilenggang.. tertarik untuk mengambil gambar Python dekat pekerja penjual pasir yang kelihatan pada semangat..jalanan sepi cuaca mendung..

04 ride and capture

Memasuki daerah Parung Panjang.. hujan rintik-rintik..waktu menunjukkan pukul setengah sembilan pagi.. perjalanan dilanjutkan perlahan untuk mencari tempat berteduh..di suatu pertigaan terlihat pedagang bubur ayam dan warung kopi.. cocok buat berteduh sekalian sarapan..

05 ride and capture

Sarapan semangkok bubur ayam dengan segelas teh hangat mampu memberikan semangat baru.. hujan sudah mulai reda.. tidak usah pakai jas hujan.. perjalanan dilanjutkan.. berbelok ke arah Cisauk untuk menuju Legok.. cuaca mendung.. jalan raya mulai ramai..kondisi jalanan berlobang dan truk bermuatan besar yang berjalan pelan menyebabkan perjalanan sedikit tersendat

06 ride and capture

Menyusuri jalanan yang berlobang dan sudah mulai ramai dengan angkutan umum, anak sekolah, truk muatan pasir..akhirnya tiba di pertigaan daerah Lebak Wangi.. hujan kembali turun.. ya berteduh lagi.. sekarang jas hujan harus dipakai..

07 ride and capture

Perjalanan diteruskan kali ini memasuki perkampungan dengan jalan yang berlobang banyak..becek karena hujan.. truk besar bermuatan berat berseliweran dan merayap..menghindari lobang besar

08 ride and capture

Perjalanan terus dilanjutkan..jalanan semakin jelek..lubang besar bahkan bisa dikatakan kubangan di tengah jalan yang berlumpur..kendaraan yang lewat umumnya adalah truk besar bermuatan pasir dan sepeda motor penduduk yang dimodifikasi ala motor trail.. tidak banyak pilihan jalur.. kuputuskan untuk melibas kubangan demi kubangan.. seru juga nih jalan..semi offroad bahkan benar-benar offroad.. jalan terus..

09 ride and capture

10 ride and capture

Jalanan berlubang terus dilalui..memasuki perkebunan kelapa sawit hujan semakin deras..lanjutt.. jalanan sepi.. sesekali berpapasan dengan truk pasir.. terlintas untuk berteduh di warung kopi yang buka.. tapi kok asyik juga ya perjalanan ini.. hujan..berlobang..ajrut-ajrutan.. gps habis batere..nanggung untuk isi daya gps.. ya udah ngandelin perasaan saja.. ikutin saja jalan yang asoy geboy ini…

11 ride and capture

Pukul setengah sebelas baru hujan reda.. jalanan tetap berlobang.. terlihat ada sebuah truk yang terperosok ke sawah karena terlalu pinggir ambil jalannya…

Yuk jalan terus.. masuk kampung keluar kampung.. ikutin aja.. toh nyasar makin asyik..

Entah kemana nih jalan.. eh tahu-tahu keluar ketemu jalan besar.. hujan sudah reda.. untuk menghindari makin nyasar dan mengetahui lokasi. akhirnya diputuskan untuk menghidupkan kembali gps..charge gps.. nyalakan.. gps menunjukkan daerah Ciampea Bogor.. teringat sewaktu touring ke Curug Cigamea… ah mampir dulu ke wisata gunung halimun.. tapi sebelumnya cari makan siang… ajrut-ajrutan dan kehujanan ternyata menguras tenaga dan simpanan karbo di tubuh..

12 ride and capture

Makan yang hangat berkuah sepertinya cocok untuk mengisi perut di Bogor.. dan makanan yang cocok kali ini adalah soto mie Bogor.. menemukan warung makan soto mie Bogor.. langsung mampir.. parkirin motor.. ada yang biker yang menghampiri.. kenalan ternyata adalah bro Panji dari komunitas honda tiger setempat yang rumahnya di belakang warung.. yak ngobrol dan photo bareng.. kutawarkan untuk makan bareng.. namun bro Panji harus berangkat karena ada keperluan.. oke bro.. sampai ketemu lagi..

Sekarang giliran ngobrol sama penjual.. bukan ngobrol tapi pesan seporsi soto mie bogor.. sambil nunggu makanan siap.. sruput dulu teh hangat yang lebih awal disajikan oleh penjualnya.. nggak lama kemudian datanglah semangkuk soto mie dan sepiring nasi.. siikkatt… lapperr..

13 ride and capture

Hujan reda..makan sudah.. yuk lanjut..arah mana ya.. ah mampir dulu ke Taman Nasional Gunung Salak.. mumpung di daerah sini.. toh masih siang.. udara mendung ya udah jaket hujan pake terus saja..

14 ride and capture

Memasuki jalan menuju Gunung Salak jalanan mulus berkelok.. lumayan untuk membayar trek sebelumnya.. akhirnya tiba di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun.. masuk atau nggak ya.. ah puter balik aja.. sesekali berhenti untuk menikmati pemandangan sekitar gunung bunder sambil menuju daerah puncak…

15 ride and capture

Menjelang pukul tiga sore akhirnya kuputuskan untuk mempergunakan jalur jalan raya utama Tajur, cukup sudah menyasarkan diri.. jadwal pertemuan Ride and Capture Nusantaride dijadwalkan mulai sore hari.. khawatir terlambat pada pertemuan mending ambil jalur yang sudah hapal saja..

Jalur Tajur jalanan lancar.. memasuki puncak ternyata pengaturan buka-tutup arus lalu lintas sudah diterapkan.. memasuki jalur puncak arus dari Bogor dihentikan, namun sepeda motor masih diperbolehkan lewat.. perjalanan lancar..

Memasuki daerah Puncak cuaca mendung dan berkabut tebal… jarak pandang terbatas.. Python kujalankan pelan saja.. nikmatin udara sejuk cenderung dingin..untuk jaket hujan masih dipakai sehingga dapat mengurangi dinginnya udara di daerah Puncak ini..

Selepas Puncak.. di daerah Cibodas Cipanas berbelok ke kanan menuju tempat wisata Cipanas mengikuti arah yang ditunjukkan oleh GPS… terus hingga masuk kompleks vila di daerah Cibodas Cipanas.. tapi kok tidak ada tanda-tanda berkumpulnya Nusantarider.. bertanya pada petugas keamanan yang menginformasikan bahwa memang ada beberapa pengendara motor seperti diriku yang masuk tapi balik lagi ke tempat yang banyak toko serta lapangan parkir.. Python berbalik arah dan mengikuti petunjuk yang disampaikan..

Menjelang pukul empat sore.. berbelok ke tempat parkiran kendaraan dan toko…terlihat beberapa sepeda motor dengan boks yang nempel terparkir di sebuah rumah.. kudekati dan ternyata memang ini tempat ngumpulnya.. karena stiker Nusantaride nempel di beberapa boks motor yang terparkir.. tidak salah lagi ini tempatnya

16 ride and capture

Disambut oleh beberapa teman Nusantarider yang duluan sampai..ternyata tempat ini adalah rumah salah satu rekan Nusantarider yang juga aktif berpetualang sebagai pencinta alam dan tempat ini sering dijadikan basecamp oleh pencinta alam yang hendak mendaki Gunung Salak..

Salaman dengan rekan-rekan Nusantarider.. ternyata acara telah dimulai..sekarang adalah diskusi mengenai bagaimana cara menulis cerita perjalanan.. rekan-rekan yang hadir berkumpul di ruangan yang lumayan luas.. tanya jawab dan diskusi berjalan santai namun serius.. beberapa hal yang masih kuingat dari diskusi tersebut adalah bahwa tidak ada aturan baku gaya cerita..mau serius..setengah serius..sampai nggak serius juga boleh namun harus dipegang prinsip cara penulisan yang benar atau sistematika penulisan..pokoknya diskusi yang bermanfaat..

17 ride and capture

Menjelang malam acara diskusi berakhir dilanjutkan dengan acara ngobrol bebas hingga larut malam.. menjelang tengah malam diriku tiduran sebentar dengan rencana pulang menjelang subuh karena harus kembali ke Tangerang esok harinya..

Pukul dua dini hari terbangun..siapin barang bawaan..pamit kepada rekan Nusantaride yang masih bangun dan ngobrol..sebenarnya besok masih ada sesi lagi yaitu bagaimana memotret yang benar.. ah sungguh sayang tidak bisa hadir karena harus kembali ke Tangerang..

Python meninggalkan tempat kumpulnya rekan-rekan Nusantarider pukul dua pagi hari.. dinginnya malam sangat terasa.. sampai jumpa lagi di pertemuan Nusantaride lainnya.. kangen sama suasana keakraban serta saling berbagi pengalaman dan pengetahuan… ciri khas Nusantaride kalau bertemu..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: