Serang Berwisata Sekeluarga

9 01 2014

 

Menjelang pertengahan bulan Desember 2012, diriku dan beberapa rekan kerja ditugaskan oleh kantor untuk melihat perkembangan secara langsung kerjasama kantor dengan suatu lembaga di Serang tiga bulan yang lalu untuk penanaman pohon bakau sebagai wujud nyata peran serta perusahaan terhadap kepedulian lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan

Waktu yang ditetapkan untuk berkunjung ke lokasi budidaya pohon bakau di pantai daerah Serang yaitu tanggal 16 Desember 2012 hari Minggu.. wah kebetulan nih hari libur.. ya sekalian saja ajak sekeluarga sekaligus mengenalkan wawasan lingkungan dan berwisata..

My lovely wife dan anak-anak senang terhadap ajakan diriku untuk melihat budidaya pohon bakau dan sekaligus berwisata sekeluarga ke daerah Serang.. rencana berangkat tanggal 16 Desember 2012 pagi hari mempergunakan Jawara our Xenia dan sepakat untuk ketemuan dengan rekan kerja di lokasi..

Pagi hari yang cerah di hari Minggu mengiringi keberangkatan kami menuju Serang.. lalu lintas menyusuri Serpong memasuki Tol Jakarta-Merak hingga ke tempat lokasi saat itu lancar..sekeluarga bercengkrama selama perjalanan..

Pukul 8 pagi lebih sedikit, kami sekeluarga tiba di lokasi yaitu salah satu balai pelatihan perikanan dimana disanapun terdapat sarana pengembangan budidaya ikan dan tanaman bakau..

01 serang family tour

Setiba di lokasi, sambil beristirahat.. kami melihat-lihat fasilitas di balai latihan perikanan ini.. sambil ditemani oleh salah satu petugas.. kami sekeluarga dijelaskan apasaja yang ada di fasilitas ini..apa dan bagaimana budidaya yang dilakukan.. informasi yang sangat berguna terutama untuk anak-anak kami yang hari itu pasti mendapatkan banyak pengetahuan mengenai budidaya ikan dan tanaman serta pentingnya menjaga kelestarian alam..

02 serang family tour

Setelah melihat budidaya pohon bakau dan fasilitas..selanjutnya adalah melihat budidaya ikan.. kami menyusuri pematang tambak tempat budidaya ikan dan udang.. pengalaman yang menyenangkan bagi kami sekeluarga menyusuri pematang dan melihat bagaimana kolam-kolam untuk budidaya ikan ini.. tentu saja petugas yang menemani kami dengan sabar menerangkan proses budidaya ikan yang dilakukan.. sungguh informasi yang bermanfaat terutama bagi anak-anak kami..

Jalan-jalan menyusuri pematang tambak dan penanaman pohon bakau serta mendengarkan penjelasan dari petugas adalah pengalaman yang mengasyikan.. tidak terasa kami tiba di pantai…terlihat beberapa bekas bangunan di tepi pantai yang sudah tergenang air laut.. menurut petugas yang menemani kami.. disampaikan bahwa pantai tersebut telah lama dikikis oleh air laut..untuk menghentikan abrasi atau pengikisan pantai oleh ombak laut..maka tempat tersebut akan dijadikan sebagai tempat penanaman pohon bakau agar pantai tersebut kembali hijau oleh tanaman bakau dan dapat menahan abrasi laut..

03a serang family tour

03 serang family tour

Kami sekeluarga meluangkan waktu di pantai untuk berwisata dan menikmati suasana pantai.. tentu tidak lupa kami menjelaskan kembali kepada anak-anak mengenai pentingnya memelihara lingkungan dan pentingnya pohon bakau untuk melindungi lingkungan pantai sehingga pantai tidak terus tergerus laut seperti yang terjadi pantai tersebut..

… Waktu beranjak siang.. saatnya untuk kembali menuju parkiran kendaraan…. kami menyusuri kembali pematang dan lahan budidaya pohon bakau serta lahan budidaya ikan

03b serang family tour

Selanjutnya perjalanan pulang ..namun sebelum pulang kami merencanakan untuk mengunjungi tempat wisata yang dekat dengan lokasi yaitu mengunjungi bekas kesultanan Banten dan Mesjid Agung Lama Banten..

Setiba di parkiran mobil, kami berpamitan kepada petugas yang telah berbaik hati untuk menemani dan menjelaskan mengenai fasilitas dan kegiatan yang dilaksanakan di balai perikanan ini.. selanjutnya kami meninggalkan lokasi menuju bekas bangunan kesultanan Banten lama..

Perjalanan ke lokasi kesultanan Banten lama tidak begitu lama karena jaraknya yang dekat.. tidak terlalu banyak pengunjung di siang hari ini.. kendaraan kami parkir di tempat yang ditunjuk oleh petugas retribusi di pintu masuk.. selanjutnya sekeluarga menuju bekas bangunan Kesultanan Banten Lama yang dikenal dengan nama Situs Istana Keraton Surosowan

04 serang family tour

Sekilas mengenai situs Istana Surosowan yang dikutip hasil browsing internet..

Istana Keraton Surosowan (sumber : wikipedia)

Situs Istana Surosoan yang merupakan Kediaman para Sultan Banten, dari Sultan Maulana Hasanudin hingga Sultan Haji yang pernah berkuasa pada tahun 1672-1687, Istana ini dibangun pada tahun 1552. Dibanding Istana Kaibon yang terlihat masih berupa bangunan, Istana Surosoan, hanya tinggal berupa sisa-sisa bangunannya saja. Sisa bangunan megah ini berupa Benteng yang terbuat dari batu merah dan batu karang dengan tinggi 0,5 – 2 meter. Ditengahnya terdapat kolam persegi empat. Konon, kolam tersebut adalah bekas pemandian para putri termasuk Rara Denok. Dengan luas sekitar 4 hektar. Bangunan sejarah ini dihancurkan oleh Belanda pada masa kekuasaan Sultan Ageng Tirtayasa tahun 1680.

Diriku pernah mengunjungi situs Istana Surosowan ini, namun tidak memasuki bangunan bagian dalam.. untuk memenuhi rasa penasaran bagaimana bagian dalam situs ini.. maka kuajak sekeluarga untuk memasuki bagian dalam.. bertanya kepada salah satu pedagang sekitar lokasi dan diberitahu petugas penjaga pintu masuk.. menghubungi petugas yang ditunjuk serta minta ijin untuk masuk.. tentu dengan membayar retribusi yang telah ditentukan.. kami sekeluarga memasuki bagian dalam situs Istana Surosowan..

05 serang family tour

Melintasi tembok luar yang tebal semacam benteng serta pintu masuk semacam lorong sebelum memasuki bagian dalam Situs Istana Surosowan yang terkesan sangat luas namun tinggal puing-puing pondasi bangunan.. namun dari bekas pondasi bangunan dapat dibayangkan betapa megah bangunan yang dulu berdiri..

05a serang family tour

Bekas pondasi bangunan ini, dapat pula dibayangkan beberapa bekas ruangan yang terpisah.. misal bangunan utama, tempat bersantai dengan taman dan kolam renang serta halaman.. bukti kejayaan masa lalu.. sayang tempat wisata ini sangat minim informasi seputar situs sehingga pengunjung seperti kami tidak dapat mengetahui lebih banyak mengenai temapat wisata ini selain gambaran bangunan megah yang pernah berdiri..

06 serang family tour

Terlihat menara mesjid agung lama Banten yang lokasi dekat dengan bangunan kesultanan Banten lama.. tempat tujuan kami selanjutnya..

Dirasakan cukup menikmati bagian dalam situs Istana Surosowan.. kami beranjak ke Mesjid lama Banten.. untuk melihat serta beristirahat sambil menunggu waktu sholat Dhuzur..

Selepas tengah hari.. akhirnya kami putuskan untuk kembali ke rumah.. karena hari masih siang..kami sepakat untuk mencoba jalur lain..gps kami set rute cepat..dan jalur alternatif..

GPS membawa kami memasuki jalan di pedesaan… pemandangan sawah dan pemukiman ternyata merupakan kenikmatan tersendiri untuk kami..

Namun kami bertanya-tanya..kok GPS membawa kami ke suatu perkampungan yang jalannya semakin lama semakin rusak.. dan akhirnya kami harus berhenti karena jalanan di depan kami berupa persawahan yang tidak mungkin dilalui oleh mobil..wah data gps sepertinya mendahului rencana pembangunan jalan raya.. buktinya waktu diriku menanyakan arah kepada penduduk sekitar.. disampaikan oleh penduduk sekitar bahwa memang ada rencana pembuatan jalan tembus.. namun entah kapan realisasinya… akhirnya kami putuskan untuk kembali.. dan GPS kami set seperti biasanya…

07 serang family tour

Perjalanan pulang kali ini kembali ke rute jalan utama.. memasuki tol Merak-Jakarta keluar Tangerang..

Satu hari berwisata ke Serang.. mengetahui cara budidaya pohon bakau dan ikan..pantai dengan abrasinya..situs peninggalan kejayaan kesultanan Banten..serta nyasar.. pengalaman yang melekat di ujung tahun 2012.. semoga seluruh pengalaman ini bermanfaat bagi kami terutama anak-anak betapa pentingnya menjaga lingkungan dan memahami sejarah.. yuk kita liburan lagi..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: