Nusantaride National Dieng Rally – Kudu Harus Pulang

20 11 2013

 
001a nndr go to dieng

Pukul lima sore meninggalkan kawasan Dieng dengan penuh kenangan.. kudu harus pulang ke Tangerang.. namun ada beberapa kudu harus yang mesti dilakukan sebelum ke Tangerang..

023 nndr at dieng

Kudu harus pertama : Tentukan rute

Rencana kepulangan ke Tangerang akan melalui kota Jogjakarta ketemuan dengan teman kerja yang ditempatkan di Jogja.. selanjutnya ke Solo untuk sowan ke sahabat senior Honda Megapro Club (HMPC) Chapter Tangerang yang dinas di kota Solo.. nginep di Semarang.. terus ke Cirebon ketemuan temen kuliah dulu yang tinggal di Cirebon.. selanjutnya bablas Tangerang.. ayo jalan..

000a nndr go home

Kudu harus kedua : Makan..

Seharian berwisata di Dieng yang dingin.. gerimis.. makan terakhir tadi siang di kawasan Telaga Warna.. sekarang hampir malam.. udah laper lagi.. yuk mampir kembali ke Wonosobo untuk makan malam terlebih dahulu..

Hujan masih turun saat kami meninggalkan kawasan Dieng menuju Wonosobo.. jalanan licin.. udara dingin.. jalanan ramai terutama dari arah Wonosobo ke Dieng.. banyak kendaraan dan rombongan biker yang menuju Dieng.. maklum akhir pekan.. tempat wisata pasti ramai dikunjungi..

Memasuki kota Wonosobo menjelang pukul setengah tujuh malam.. keliling kota mencari tempat makan.. belum nemu yang cocok.. malam terus beranjak.. berhenti di alun-alun Wonosobo untuk sekedar minum kopi.. diskusi dengan my lovely wife apakah kita akan terus jalan atau mendingan nginep lagi di Wonosobo..

Karena sudah malam.. tempat makan belum ketemu.. kedinginan.. diperkirakan sampai Jogjakarta akan malem banget.. diputuskan untuk mencari tempat penginapan.. simpan barang terus makan malam..

Keputusan sudah diambil.. tempat nginep..?? ah cari yang gampang aja.. kembali ke Hotel Family.. tempat kami istirahat sebelum ke Dieng.. meluncur ke tempat penginapan.. sebelum masuk terlihat yang jualan makanan di seberang penginapan.. cocok.. yuk masuk buat sewa kamar.. untunglah masih ada kamar.. ambil barang-barang dari Python.. masukkin ke kamar.. terus beranjak ke penjual makanan.. akhirnya makan malam terlaksana dengan santai dan mengenyangkan..

Kudu harus ketiga : Tidur.

Kembali ke penginapan.. sekarang mandi.. sudah ada janjian sama my lovely wife di kamar tapi syaratnya diriku harus mandi dulu.. assyyiikk.. nggak perlu cari alasan buat mundurin acara mandi.. yang ini sih kudu dipercepat mandinya.. handuk dan peralatan mandi dikeluarin dari box.. masuk ke kamar mandi sambil siul-siul dan nyanyi.. la..la..la.. mandi dulu.. setelah itu ngapain ya..?? ah pokoknya kegiatan yang berhubungan dengan our wedding anniversary.. re honey moon..

Diriku dan my lovely wife sudah mandi.. di kamar berantakan dengan barang bawaan kami.. ganti baju.. tunaikan kewajiban sebagai hamba Allah swt.. shalat dulu donk.. rapihin kamar entar dulu.. yang penting kasur rapi.. nggak ada barang lain selain kasur..bantal.. sprei.. selimut.. berdua rebahan..selanjutnya..ah pokoknya wedding anniversary.. re honey moon.. setelah itu zzz..zzz..

Kudu harus keempat : bersih-bersih dan packing

Bangun pukul lima pagi.. cepat-cepat ke kamar mandi.. buat bersih-bersih.. cepetin mandinya.. waktu sholat subuh mau habis.. my lovely wife sih sudah dari tadi bangun dan shalatnya.. sekarang lagi beresin barang bawaan..

001 nndr go home

Mandi sudah.. shalat sudah.. saatnya bersihin Python yang kotor banget bekas kemarin berwisata di Dieng.. ganti baju lagi dengan bekas kemarin.. ambil air.. guyur si Python.. bersihin dulu.. biar kinclong.. masa yang naikin sudah bersih namun tunggangannya kotor..

Hasil packing ternyata barang bawaan yang akan dibawa pulang banyak dan berat banget.. nambah banyak dan berat karena nambah barang dengan oleh-oleh yang dibawa dan dikarenakan pakaian basah bekas kemarin kehujanan di Dieng.. pantes sewaktu kemarin jalan dari Dieng.. Python berasa nge geboy.. apaan ya ngegeboy..?? gimana gitu.. pokoknya berasa agak melengok-lengok gitu.. apaan lagi tuch.. ah pokoknya bagian belakang Python berasa berat banget..agak kurang seimbang kalau belok dan nikung..

Kudu dikurangin nih barang bawaan.. kalau kasus seperti ini maka keputusannnya adalah barang-barang yang nggak bakalan kepake lagi waktu pulang harus dikirim lewat paket.. pakaian kotor dan basah.. tenda dan perlengkapannnya kecuali sleeping bag.. semuanya akan dikirim lewat paket..

Tapi dikirim lewat mana.. ?? coba lewat Tiki.. nanya nomor telephone Tiki Wonosobo ke penerangan 108.. didapat nomornya.. hubungi nomor yang dimaksud.. ya betul Tiki.. nanya bisa kirim barang.. dijawab bahwa hari minggu sebenarnya buka setengah hari.. tapi karena ada keperluan maka hari Minggu ini tutup.. waduh..

Sedikit bernegosiasi.. dikatakan bahwa kita lagi berwisata dan mau ngirim pakaian kotor ke Tangerang.. bisa nggak buka sebentar buat kita.. akhirnya disepakati bahwa kami ditunggu hingga pukul sembilan pagi.. lewat dari jam segitu nggak bakalan ada yang terima karena tempatnya tutup.. baik… kita sebelum jam sembilan akan kesana.. minta alamatnya.. masukin ke gps.. ketemu posisinya.. yuk pisahin yang mau di dipaketin dan yang mau dibawa di box Python

Persiapan pulang selesai menjelang pukul delapan pagi.. packing sudah selesai.. kami sudah siap.. Python udah kinclong.. yuk pulang.. bayar sewa kamar.. minta tolong photoin ke petugas penginapan.. yuk ikutin arah yang dikasih gps buat ke tiki.. mau kirim oleh-oleh pendahuluan.. pakaian kotor dan tenda..

002 nndr go home

Setengah sembilan pagi ketemu tempat pengiriman paket.. sudah ditungguin.. turunin barang.. ditimbang.. tulis alamat.. pilih paket biasa aja.. yang sampai rumah setelah kami tiba.. dikasih tahu biayanya.. bayar.. yuk kita pulang..tapi sebelumnya keliling Wonosobo lagi ah.. lihat-lihat kondisi kota dan sekalian sarapan.. brem..brem.. Python sekarang lebih enteng bawaannya.. lebih enak.. nggak ngegeboy lagi.. sekarang laksanakan kudu harus selanjutnya..

Kudu harus kelima : Sarapan

Python udah ringan.. badan juga ringan karena perut kosong.. lappeer.. sarapan yuk.. tujuannya alun-alun.. hari Minggu pagi alun-alun Wonosobo pasti rame.. lihat-lihat keramaian dan sekaligus cari sarapan.. jalan nyantai aja menuju alun-alun Wonosobo.. benar saja.. alun-alun Wonosobo sudah rame.. banyak pengunjung.. seperti pepatah menyatakan dimana ada gula disitu ada semut… persis.. dimana banyak orang disitu pasti banyak pedagang.. termasuk pedagang makanan.. keliling alun-alun.. lihat keramaian dan cari makanan buat sarapan..

Banyak juga yang jual makanan.. susah nentuin.. ketemu yang cocok.. tapi susah parkirin Python.. akhirnya ditemukan makanan dan tempat parkir yang cocok.. ketupat sayur.. yuk sarapan..

003 nndr go home

Sarapan sudah.. lihat-lihat keramaian dan situasi kota Wonosobo sudah… yuk kudu harus lagi..

Kudu harus keenam : Menuju Jogjakarta

Setengah sepuluh pagi.. cuaca cerah.. set gps kota Jogjakarta.. yuk jalan.. ikutin arah yang ditunjukkin gps.. ketemu pom bensin.. isiin tangki Python sampai penuh.. jalanan ke luar kota Wonosobo menuju daerah Kreteg lancar.. lewatin toko penjual oleh-oleh Wonosobo.. ah mumpung box Python udah agak kosong.. isiin lagi sama oleh-oleh ciri khas Wonosobo..

004 nndr go home

Parkirin Python di salah satu toko.. biarin my lovely wife yang milih.. diriku sich tugasnya photo-photo karena no picture is hoax..buat kenang-kenangan..dan ternyata.. tugas diriku bertambah.. bayarin… nggak apa-apa.. yuk masukkin belanjaan ke box..

005 nndr go hom

Setengah sebelas siang.. lanjut perjalanan.. jalanan lancar.. pemandangan indah sepanjang jalan.. boncenger nempel.. asyik nih nikmatin perjalanan..

006 nndr go home

Menjelang pukul sebelas siang melewati perbatasan Wonosobo.. selamat tinggal Wonosobo.. oleh-oleh sudah dibawa.. kenangan indah sudah dirasakan.. ah nanti kalau ada kesempatan balik lagi ke Wonosobo dan Dieng..

007 nndr go home

Perjalanan dilanjut.. lepas Wonosobo memasuki daerah Secang.. cuaca cerah.. jalanan sepi dan lancar.. udara segar.. boncenger nempel.. assyiikk.. lanjutt..

008 nndr go home

Kota selanjutnya adalah Magelang.. panas sudah mulai menyergap.. untung jalanan lancar.. tapi kayaknya musti break buat sekedar istirahat dan minum.. memasuki kota Magelang.. mampir dulu ah di terminal bis.. parkirin Python… istirahat sebentar sambil sekalian kontak temen di Jogjakarta dan Solo yang mau dikunjungi.. sahabat yang mau dikunjungi menyatakan siap menerima.. sip.. terimakasih temans.. kita sudah di Magelang.. bentar lagi masuk Jogjakarta..

009 nndr go home

Isitirahat di terminal Magelang hampir satu jam.. lanjut.. memasuki kota Jogjakarta hampir pukul tiga sore.. gps mengarahkan ke rumah temen yang di Jogjakarta.. masuk kota Jogjakarta.. ada pembangunan jalan layang.. ikutin jalan layang.. eh ternyata salah ambil jalan.. kudunya lewat jalan lama.. pantes gps nyuruh balik arah.. wah balik arahnya jauh..

Pukul setengah empat barulah sampai di rumah sahabat yang sudah nunggu… say hello.. jabat erat.. sambutan ramah.. terimakasih sahabat.. masukkin Python ke garasi di sebelah motor gede sahabat.. buka box.. keluarin oleh-oleh.. kasih sahabat.. buka sepatu.. buka jaket.. ngobrol santai sambil nyicipin suguhan tuan rumah.. sekali lagi makasih..

Telephone ke rumah.. ternyata anak-anak sudah tiba dirumah dianter kembali oleh Om nya pakai Jawara our xenia.. sekarang ditemenin sama Om nya di rumah nunggu kami pulang.. duh kangen nich..

Ngobrol lagi.. ngomongin rencana mau riding bareng ke Solo.. sahabat rencananya mau pulang pergi saja Jogja-Solo.. sedangkan diriku mau ketemuan sahabat Honda Mega Pro Club (HMPC) Chapter Tangerang yang tugas di Solo.. yuk photo-photo dulu.. no picture is hoax.. buat kenang-kenangan..

010 nndr go home

011 nndr go home

Pukul lima sore akhirnya kami kudu harus berangkat ke Solo.. biar nggak kemalaman sampai di Solo sebelum lanjut Semarang.. namun sayang sahabat nggak bisa ikut karena mendapat khabar mendadak dari kantornya bahwa ada kerjaan yang harus diselesaikan hari itu.. baiklah nanti ada waktu kita riding bareng… cuaca kok gelap ya.. yuk ah buru-buru berangkat.. entar keburu hujan..

Set tujuan di gps kota Solo.. sembarang aja di kota Solo ya.. karena sewaktu kami informasikan ke sahabat HMPC di Solo bahwa saat ini lagi tugas kantor hingga malam.. dan tolong info kalau sudah masuk Solo.. ngeganggu enggak bro..?? sahabat HMPC sampaikan.. buat sodara nggak adalah istilah ngeganggu malah seneng didatengin.. wah hebat.. solidaritas dan persaudaraan HMPC begitu kuat.. nggak bakalan hapus karena waktu dan jarak.. thank brader..

Python meninggalkan rumah sahabat di Jogjakarta.. sekali lagi terimakasih sahabat.. yuk riding bareng lain waktu..

Jalan ke Solo yang akan dilalui adalah jalan raya Solo-Jogja.. cuaca mendung.. bahkan gelap.. wah bakalan hujan lebat nich.. eh benar saja.. hujan lebat turun.. pinggirin Python ke tempat berteduh.. tunggu hujan reda baru kita jalan.. tapi kok kayaknya lama nih hujan.. waktu sudah menunjukkan pukul enam sore.. cuaca gelap kayak sudah malam… disepakati buat lanjutin perjalanan menembus hujan.. pakai raincoat.. menembus hujan lebat menuju kota Solo..

Hujan lebat sepanjang perjalanan.. jalanan sedikit tersendat karena banyaknya truk dan bis serta kudu hindarin genangan air dan lubang.. ternyata hujan nggak berhenti hingga memasuki kota Solo.. badan udah kuyub..

Pukul setengah delapan malam masuk kota Solo.. menuju alun-alun ah.. cari tempat buat makan malam.. udah laper.. mudah-mudahan juga nemu tempat buat salin baju karena sudah kuyub.. rain coat ternyata tembus sewaktu menembus hujan lebat sepanjang perjalanan Jogja-Solo..

Nemu tempat makan.. kontak sahabat HMPC.. diminta untuk menuju ke daerah bandar udara Adi Sumarmo Solo.. dimana sahabat HMPC Tangerang bertugas… baik brader.. kita akan menuju kesana setelah makan malam…

Pukul sembilan malam akhirnya kami tiba di depan pintu masuk bandara Adi Sumarmo Solo.. tempat dimana kami diminta tunggu.. nggak lama kemudian muncul sebuah Mega Pro dari dalam.. kasih klakson.. ternyata brader HMPC Tangerang.. kami diminta ngikutin.. ok sahabat.. kami ikutin motor di depan yang masuk ke perumahan dekat bandara Adi Sumarmo.. masuk ke salah satu rumah.. matiin mesin motor.. salaman.. sodara HMPC Tangerang minta maaf karena kami disuruh nunggu disebabkan ada kerjaan yang harus diselesaikan.. nggak masalah brader.. yang penting kita sudah ketemuan.. sengaja mampir ke Solo buat sowan ke senior HMPC Tangerang.. udah lama nggak ketemuan..

Ngobrol nyantai.. ganti baju kering.. nunggu hujan reda.. tapi nggak reda juga.. gerimis.. akhirnya kami pamit pukul setengah sebelas malam.. mau menuju Semarang.. nginep di Semarang.. ditawarin buat nginep di rumah brader HMPC di Solo.. tapi kami harus menolaknya karena nginep di Semarang sudah jadi rencana kami berdua.. keluarin kendaraan.. brader HMPC Tangerang juga ngeluarin meggy nya.. dianter menuju jalan raya Semarang.. terimakasih brader udah nerima kami dengan akrab.. persodaraan yang nggak pernah putus..

Dilepas sodara HMPC Tangerang di perbatasan menuju jalan raya Solo-Semarang.. cuaca masih gerimis.. jalanan sepi.. ah jalan nyantai saja.. udah malam.. entar nginep  di mana saja kalau sudah masuk daerah Semarang.. perjalanan menuju Semarang dari Solo ini akan melalui kota Boyolali-Salatiga.. terus ke Unggaran baru Semarang..

Perjalanan malam itu lancar hingga Boyolali.. gelap.. tidak lama kemudian terlihat di spion ada rombongan biker.. kasih jalan.. toet..toet.. rombongan melewati kami… ternyata rombongan biker ngejalaninnya nggak terlalu ngebut.. ah nempel dari belakang.. minta ijin sama biker yang paling belakang bahwa kita mau ngekor.. diijinin.. yuk asyik riding bareng..

Rombongan biker ternyata break di Boyolali.. kita berhenti juga.. kenalan.. dan pamit bahwa kita mau lanjut.. jalan lagi menuju Unggaran sendirian.. walaupun malam tapi nggak terlalu sepi..

Memasuki kota Semarang pukul satu pagi.. badan udah letih.. boncenger juga sama.. cari tempat nginep ah.. sengaja kubawa Python ke sebuah pom bensin.. isi bensin dulu.. tanya ke petugas pom bensin ada tempat istirahat.. dijawab bahwa ada tempat dekat mushalla.. yuk parkirin Python dekat tempat yang disampaikan petugas.. periksa lingkungan.. toilet bersih.. mushalla bersih.. yuk kita istirahat disini saja.. hayu kata my lovely wife.. sebenarnya kami dipersilahkan untuk tidur didalam ruangan.. tapi pengalaman di Karangpucung.. mendingan diluar saja.. sekalian bisa juga ngawasin Python..

011a nndr go home

..Pastiin Python di kunci ganda.. box terkunci.. ambil dan  buka sleeping bag.. gelar sebagai alas.. pasang dulu kamera di tripod.. klik..klik..klik.. otomatis moto.. photoin sewaktu kita mau tidur di hotel pertamina.. no picture is hoax.. artinya sebagai kenang-kenangan.. tidur ah..

Pukul empat pagi lebih beberapa menit bangun.. badan sudah agak segar.. ke toilet buang air kecil..sedang.. dan besar sekaligus.. ganti celana dan baju.. pindah ke tempat wudhu.. ambil air wudhu.. tunaikan kewajiban shalat subuh di mushalla pom bensin.. yuk siap-siap jalan lagi ke Cirebon..

Jalan setengah lima pagi.. ah lewat simpang lima Semarang.. tempat wajib kunjung kalau ke Semarang.. menjelang pukul lima tiba di daerah Simpang Lima Semarang.. yuk photo-photo dulu.. no picture is hoax.. kenang-kenangan..

012 nndr go home

013 nndr go home

014 nndr go home

015 nndr go home

016 nndr go home

Pukul setengah enam pagi.. kami beranjak dari daerah Simpang Lima Semarang… menuju Cirebon.. menyusuri jalur pantura yang terkenal dengan truk dan bisnya.. pagi itu keluar Semarang hingga kota Kendal jalanan lancar.. cuaca cerah

017 nndr go home

Memasuki tanjakan yang terkenal yaitu Alas Roban di daerah Batang memasuki kota Pekalongan ada petunjuk jalur alternatif.. kelihatannya masih baru.. yuk cobain.. ternyata jalanannya masih dalam tahap pekerjaan beton.. tapi sudah layak dilewatin.. banyak truk dan bis yang lewat jalur ini.. jalur menanjak.. jalan agak tersendat karena harus ngekor rombongan truk dan bis yang lagi nanjak..

Jam delapan pagi akhirnya tanjakan Alas roban terlewati.. mampir dulu di warung makan buat sarapan sekaligus istirahat.. capek juga ya..

Lanjuutt.. sekarang jalanan mulai datar… panas.. untung lancar.. memasuki wilayah Pekalongan jam sembilan pagi.. cuaca panas di Pantura ini begitu menyengat.. menguras stamina yang sudah mulai berkurang…

Memasuki kota Pemalang.. cuaca makin panas.. stamina sudah menurun.. gerah..lelah.. ah belokin ke pom bensin dulu.. parkirin Python.. istirahat.. my lovely wife menuju mushalla.. rebahan langsung tertidur.. diriku selonjoran di bangku.. eh my lovely wife ambil gambar diriku yang lagi merem.. nggak tahu mimpiin apa.. bablas ketiduran..

018 nndr go home

Jam sebelas siang melanjutkan perjalanan menuju Cirebon.. badan udah agak seger.. cuaca masih panas.. memasuki Brebes pukul setengah satu.. panas.. ah berhenti dulu di toko yang jual telor asin.. istirahat dan nambah stamina dengan makan beberapa butir telor asin.. jreng.. jadi kuat lagi..

019 nndr go home

Lanjut perjalanan.. akhirnya tiba di Cirebon pukul lima sore.. datengin rumah temen.. diterima oleh nyonya rumah.. ternyata sahabat di Cirebon kudu harus ke Bandung buat pengurusan kuliah anaknya di Bandung dan nggak sempat kasih khabar.. diinfokan bahwa teman bawa motor ke Bandung dan sekarang sedang menuju Cirebon tertahan di daerah Jatiwangi karena hujan gede.. ditawarin untuk istirahat dulu di Cirebon sekaligus nunggu.. wah kami harus minta maaf karena kami memang tidak merencanakan terlalu lama di Cirebon.. kami sudah kelamaan nggak ketemu anak-anak.. kangen.. terpaksa tawaran untuk istirahat di rumah teman di Cirebon kami tolak.. makasih tawarannya.. tapi kami harus sampai rumah hari ini juga.. lain kali kita ketemuan brader..

Menjelang pukul enam sore.. pamit sama nyonya rumah.. kami berangkat.. cuaca mulai gelap.. kayaknya mau hujan besar.. benar saja.. nggak lama kemudian hujan lebat turun.. langsung belokin ke pom bensin.. pake rain coat.. lanjut menembus hujan..

Pukul enam lewat memasuki daerah Jatipura.. masih hujan.. mampir ke pom bensin.. shalat maghrib dulu.. setelah itu ngopi dan sekaligus makan malam…

Perjalanan kembali dilanjutkan.. hujan agak reda.. gerimis.. ambil arah Pamanukan.. lancar.. gelap sudah menerpa.. ah jalannya sedang-sedang saja… bablas hingga Cikampek.. rencana mau bablas terus sampai rumah.. tapi kok pengin buang air kecil dulu.. yuk singgahin lagi pom bensin di Cikampek.. buang air kecil.. tidak sedang tidak besar.. buang air kecil saja.. beresin kembali barang bawaan.. ganti kaus kaki sama yang kering.. istirahat dulu..

020 nndr go home

Perjalanan dilanjut dari Cikampek malam.. masih gerimis.. tapi lancar.. lewatin Karawang.. Bekasi.. kalimalang Jakarta.. ambil arah Grogol.. lurus terus lewatin Grogol belok ke jalan Daan Mogot.. masuk Tangerang lewat Cikokol .. Kebon Nanas.. akhirnya.. tiba di rumah mejelang tengah malam..

Lepasin box di Python.. geletakin di tengah rumah.. buka semua jaket.. helm.. sepatu.. anak-anak ternyata sudah tidur.. ya sudah kita juga tidur aja.. besok aja kangen-kangennya..

Namun sebelum tidur.. ganti baju.. ambil wudhu.. sholat Isya dulu.. menunaikan kewajiban sebagai hamba Allah swt.. sekaligus mengucapkan syukur dan alhamdullilah karena diberikan kesempatan untuk menikmati perjalanan yang romantis dan seru..

021 nndr go home

Berdasarkan google.maps jarak yang telah kami tempuh Tangerang-Dieng pp telah menempuh jarak sekitar 1.400 km.. berangkat tanggal 15 November 2012 tiba dirumah tanggal 19 November 2012.. lima hari..

Berhari-hari perjalanan kami tempuh.. beribu kilo kami jelajahi.. dan jauh lebih banyak lagi kenangan indah yang kami dapat..

Ngajak my lovely wife buat rebahan di tempat tidur…. mau titik-titik dulu.. mumpung masih nuansa wedding anniversary dan re honey moon..  besok kangen-kangenan sama anak-anak.. terus lusa sama hari berikutnya..?? sudah ada di file komputer.. nama filenya.. plan the journey..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: