Ngantor di Kupang

4 04 2013

 

 

Tertidur pulas sehabis touring ke Bandung.. kebangunin sama alarm yang lupa kumatikan malam tadi… bangun dengan mencoba menguraikan kesadaran akan tempat dan waktu… hadeuhh.. alarm kok lupa dimatiin.. jadi bangun pagi dech.. padahal rencana hari ini mau berangkat kerja sebangunnya diriku… pengin istirahat poolll… kalau bangun pagi.. ya berarti ngantor tepat waktu…. kalau bangun agak siang.. ya pasang muka tebel waktu datang di kantor kesiangan.. ternyata muka diriku nggak jadi tebel.. “diselamatkan??” oleh sang alarm…

Beranjak dari kamar tidur menuju garasi dengan gontai.. mata yang masih remang-remang.. kuturunkan semua peralatan dan perlengkapan touring dari Python our meggy.. simpan dipojokan.. entar aja diberesin.. sekarang mandi..guyur air dingin… pake kemeja.. mau ngantor.. sedikit rapi.. minum kopi pahit.. biar mata agak melotot… panasin Python.. brem..brem… cium kening my lovely wife yang bantu nyiapan seluruh keperluan buat ngantor.. habis itu langsung ngaciir ke kantor..

Masuk kantor dengan langkah mantap karena hari ini adalah hari yang special… specialnya adalah diriku masuk kepagian… kantor masih sepii.. ya masuk kantor kadang-kadang telat..kadang-kadang on time.. jarang banget kepagian kayak hari ini.. cuaca cerah.. mata masih ngantuk.. perut laper… ngapain yak?? kantin pegawai masih tutup… ya udah ke kantin tempat supir mangkal.. ngopi ama makan gorengan aja ah..

Masuk kantor lagi.. nyalain komputer.. buka internet.. lihat blog diriku yang udah lama nggak diupdate karena banyaknya kerjaan dan hari libur dipake wisata keluarga atau touring.. setelah itu buka email.. ada beberapa email masuk… lihat satu-satu.. ada subjek email yang menarik.. Surat Perintah Perjalanan Dinas.. wah perintah enak nich.. selama diriku bekerja emang paling enak kalo diperintah pake surat kayak gini.. bukan diperintah oleh omongan.. boss.. sering-sering aja perintahin saya apalagi perintahnya perjalanan dinas… sebagai karyawan yang baik.. diriku siap untuk diperintahkan melakukan perjalanan dinas.. kapan saja.. kemana saja…

Email surat perjalanan dinas kubuka.. tertulis disana memerintahkan yang namanya diriku..nomor pegawai sekian.. jabatan anu.. melaksanakan tugas ke Kupang dari tanggal 26 sampai 28 Maret 2012… dalam rangka bla..bla… wah besok donk sekarang khan tanggal 25 Maret… enggak lama kemudian bagian administrasi datang mengantarkan surat perintah yang asli disertai tiket pesawat dan pembukuannya sudah pasti.. diriku langsung mempersiapkan kebutuhan tugas ke Kupang esok hari… kontak sana.. kontak sini.. cari data cari bahan.. dokumen yang diperlukan.. kontak perwakilan Kupang.. pastiin kedatangan diriku diketahui oleh mereka.. bukan mau dijamu tapi memang prosedurnya kayak gitu.. lha wong dinas resmi masa yang didatengin nggak tahu dan nggak siap.. entar diriku celingukan disono dan yang disono pada kaget karena semua nggak siap.. entar dari pada nggak ada kerjaan atau jadi ribet semua.. akhirnya diriku sewa motor.. touring disono gimana?? maunya… hehehe..

Setelah semua selesai.. bahan dan dokumen buat tugas besok… pekerjaaan kantor hari itu… selesai.. jam kerja selesai.. langsung balik.. buat siapan barang bawaan buat touring … eh tugas ke Kupang

Pagi tanggal 26 Maret 2012, setelah beres-beres barang habis touring ke Bandung yang kemarin digeletakin aja di pojok garasi.. periksa lagi barang yang mau dibawa terutama bahan kerjaan buat di Kupang, selanjutnya berangkat dari rumah pakai jemputan kantor.. menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta… ke Kupang naik pesawat.. padahal diriku mau juga kalo dibolehin pake Python ke Kupang.. touring dibayarin perusahaan.. maunya..

…naik paling awal.. biar paling cepet nyampenya hehehe.. ambil tempat duduk sesuai tiket.. nggak lama kemudian terdengar pengumuman bahwa pesawat sebentar lagi mau terbang.. dan akan mendarat dulu di Denpasar sebelum lanjut ke Kupang.. pastiin seatbelt terpasang.. pesawat ngegelinding bergerak.. nggak lama kemudian pesawat berhenti.. eh.. nggak lama kemudian terdengar raungan mesin pesawat.. pasti pilot ngegas poll.. pesawat bergerak cepat… he..he..he.. kayak diriku kalau keburu-buru tapi ketahan ama lampu merah.. lampu hijau langsung gas pooolll… nggak lama kemudian berasa pesawat naik.. kayak diriku kalo touring ngerayap di tanjakan… gas..gas.. mesin ngeraung keras…

01 take off CGK

Lihat ke luar lewat jendela.. pantai Ancol kelihatan.. banyak perahu dan keramba.. pesawat naik terus… pesisir pulau Jawa kelihatan jalanan kecil ngeliuk.. indah.. cakep.. dalam hati cuma berkata.. Me and Python udah ke daerah sono..

Pesawat naik terus.. awan udah dibawah.. tanda gambar seatbelt yang nyala di atas kepala udah mati berarti tanda boleh lepasin seatbelt.. beberapa penumpang bergegas ke toilet.. diriku sich duduk aja.. seatbelt dipasang.. khan seatbelt kaya helm kalo pake motor.. musti dipake terus kalau kendaraan kita jalan.. bosen juga lihatin awan.. sekarang perhatiin pelayanan… pesawat baru… ada fasilitas hiburan di sandaran kursi depan.. nyalain..

02 cabin entartainment

Asyik juga hiburan di pesawat ini.. ada informasi penerbangan, hiburan filem, musik, sekilas mengenai wisata di berbagai kota.. lengkap… nggak lama kemudian ada trolly makanan dan minunan di dorong.. saat-saat yang ditunggu oleh setiap penumpang… makan.. satu-satu penumpang di tawarin makan… giliran diriku ditawarin nasi goreng apa mie goreng… ah cobain mie goreng… minumnya jus apel..

03 cabin service

Makanan disajikan… tampilan makanan cukup menimbulkan selera makan… rasa.. ya cukuplah bagi lidah ku.. berhubung sarapan cuma cemilan.. maka makan siang di pesawat cukup mengurangi rasa laper.. minta nambah nggak ya.. ah nggak usah aja.. nanti aja kalo penerbangan dari Denpasar ke Kupang pasti dapat lagi.. ngarep..

Perjalanan kurang lebih 1.000 kilo meter ditempuh dalam waktu hampir dua jam… mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali.. penumpang diminta turun.. turun… cari toilet dulu ah..

Sekitar tiga puluh menit kemudian kami diminta untuk memasuki pesawat kembali.. perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan udara El Tari Kupang NTT.. perjalanan udara sekitar satu jam.. sip naik lagi.. makan lagi.. ngarep.. eh dapat roti.. lumayan.. minta minum jus lagi.. biar sehat…

Menjelang pukul setengah dua siang waktu setempat.. akhirnya kota Kupang kelihatan dari udara.. dalam hati cuma bilang.. wah dulu waktu touring cuma sampai Lombok.. nggak sempet nyeberang ke pulau ini.. terbayang juga asyiknya touring ke pulau di bawah.. ya mudah-mudahan Me and Python bisa nyampe sini.. selagi asyik ngelamun sambil mandangin pemandangan dibawah.. terdengar pengumuman bahwa sebentar lagi pesawat mau mendarat di bandara El Tari Kupang.. cuaca dilaporkan cerah.. dan pengumuman lainnya yang berhubungan dengan pendaratan..

04 memasuki kupang

Pukul setengah dua siang waktu setempat.. terasa ban pesawat menyentuh aspal landasan… mengurangi kecepatan dengan teratur… nggak kayak angkot.. kalo mau berhenti mendadak.. lho kok disamain sama angkot??.. nggak apa-apa lah.. yang jelas nggak lama kemudian pesawat yang dinaiki berhenti.. penumpang mulai siap-siap turun.. yang paling kutunggu adalah pintu dibuka.. satu-satu penumpang keluar… eh pintu belakang dibuka.. ya sudah lewat belakang.. duduk paling belakang.. tapi nginjak bumi Kupang paling depan.. cuaca cerah…menyambut kedatangan kami.. clingak-clinguk lihat kondisi bandara.. Python mana?? di rumah om.. lagi nyenyak parkir..

05 el tari kupang

Jalan kaki ke tempat kedatangan.. nunggu koper diturunin dari pesawat dan digeletakin di ban berjalan.. buat diambil pemiliknya… ruang tunggu ini lumayan penuh diserbu oleh penumpang yang ngawal diriku eh barengan diriku dari Denpasar tadi..

Ketemu sama temen kerja di perwakilan Kupang dan temen tugas dari Jakarta yang sudah duluan.. ngobrol mengenai kerjaan.. hadeuh.. baru datang udah ngomongin kerjaan.. ya udah nggak apa-apa biar cepet selesai tugasnya.. biar ada waktu buat wisata.. beresin jadwal tugas hari itu sampai malem.. setelah itu dianter ke hotel tempat nginap..

06 hotel nginap

Di hotel.. beresin barang bawaan.. mandi.. pukul setengah delapan malam beranjak ke restoran hotel.. makan malem di restoran hotel barengan temen tugas yang nginep di hotel sama.. ngobrol.. ngobrol kerjaan lagi.. bagi-bagi tugas buat besok dan lusa.. setuju.. pukul setengah sebelas malam.. masuk kamar.. siapin laporan dan bahan buat tugas besok.. nyalain tv.. geletakin badan di kasur.. tarik selimut.. selonjoran sambil nonton tv.. eh ketiduran.. kebangunin ama alarm… wah udah pagi.. bangun cepet-cepet… mandi.. pakai baju rapih.. eit ini tugas kerja.. pake dasi donk.. jangan pake knee protector.. jaket.. sarung tangan.. apalagi helm.. entar kelihatan norak.. emang mau touring.. pake kemeja, celana katun, dasi.. ngaca wuih kueren.. hahaha.. lebay…

Pake kaos kaki.. pake sepatu yang udah kinclong di semir.. bawa bahan kerjaan.. keluar kamar.. ke restoran.. sarapan pagi sama temen tugas.. ketemuan di restoran ngomongin kerjaan.. setelah semua ok.. jam delapan pagi berangkat ke tempat tugas pake jemputan yang sudah disiapin…

Tujuan hari ini adalah Bandara El Tari dimana kegiatan operasional perwakilan Kupang dilaksanakan… tiba di tempat tugas jam setengah sembilan pagi.. ngobrol bentar ama pimpinan perwakilan di Bandara El Tari Kupang.. utarakan maksud dan rencana kegiatan.. eh.. banyak yang nggak pake dasi.. untuk menghormati kondisi kerja disono .. maka kucabut juga dasi.. padahal sich emang agak kagok juga pake dasi.. kecakepan.. hahaha.. lebay lagi… nggak apa-apa biar suasana kerja enak.. enggak seperti bos dengan bawahan.. kita sama-sama aja.. kayak touring banyakan.. sehati seperjalanan.. udah kangen touring.. ah narsis dulu di depan tulisan El Tari..

07 on duty

Pukul dua siang seluruh pekerjaan hari itu selesai..balik hotel… beresin.. ngumpul lagi ama temen tugas.. rapat bentar siapin buat laporan baik buat perwakilan Kupang maupun nanti di kantor… jam tiga beres… semuanya beres.. saatnya prepare untuk jalan-jalan…

Jemputan kendaraan sudah siap.. mari kita jalan… tujuan pertama sesuai dengan rekomendasi teman-teman di perwakilan Kupang.. maka kami minta diantar ke Air Terjun Oenesu

Perjalanan mulanya nikmat melewati jalanan kota yang lancar dan mulus… namun setelah berapa lama… kendaraan memasuki jalanan kampung… jalanan kecil.. rumah-rumah sederhana dan masih bercirikan daerah banyak ditemui sepanjang perjalanan menuju air terjun Oenesu

Pintu gerbang tempat wisata air terjun terlihat.. ada pos penjagaan.. namun sayang pos penjagaan ini kelihatan tidak terurus… kembali dugaan adalah… tempat itu tidak terurus atau pos penjagaan dipindahkan… melewati pnitu gerbang dan pos penjagaan… masuk ke tempat parkir.. cuma terlihat satu sepeda motor yang ada.. sepi.. apa karena hari kerja dan sudah sore.. atau memang biasanya sepi..

Turun dari mobil langsung mengamati lingkungan dan kondisi tempat wisata… tempat wisata air terjun Oenesu cukup luas dan kelihatannya pernah mengalami peningkatan fasilitas rekreasi seperti fasilitas umum toilet, tempat duduk, taman, sarana jalan.. namun sayang kelihatan juga sudah lama tidak mendapat perbaikan atau perawatan..

08 air terjun oenesu

Bangunan toilet umum terlihat kotor dan tidak terurus, pasti banyak yang sepikiran sama saya… nggak bakalan pakai tuch fasilitas kecuali kebeletnya banget.. rumput dan tanaman di taman sudah tinggi dan hampir menjadi semak belukar.. kolam-kolam kecil di taman kering .. jalanan setapak ditaman banyak yang berlobang.. tempat duduk dan buat istirahat sudah kusam… sayang ya..

Sebenarnya lokasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu tujuan wisata utama..udara sejuk… pepohonan tinggi menteduhkan tempat.. suara air sungai sayup-sayup terdengar… menentramkan pikiran..

Sekilas mengenai tempat wisata air terjun Oenesu dari berbagai sumber di internet :

Oenesu tercatat seluas 0,7 hektare di Kecamatan Kupang Barat
erletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Air terjun ini memiliki spesifikasi daya tariknya. Air Terjun Oenesu memiliki empat tingkat, tempat rekreasi, mandi, kemping, dan menelusuri hutan wisata

Air Terjun Oenesu memiliki ketinggian sekitar 10 m dengan 4 tingkatan. Airnya meluncur dari air terjun pertama hingga ke air terjun berikutnya. Di sela-sela air terjun terdapat kubangan air berupa kolam alami. Air yang mengalir ini banyak mengandung kapur.

sumber :

  1. https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-timur/air-terjun-oenesu
  2. http://info.tnial.mil.id/lantamal7/tabid/367/articleType/ArticleView/articleId/470/PESONA-AIR-TERJUN-OENESU.aspx

Penasaran ingin melihat sungai dan air terjun.. menuruni tangga …akhirnya tiba di sungai.. airnya jernih.. mendekati air terjun harus menapak jalan setapak.. saat itu musim kemarau sehingga air terjunnya tidak begitu besar.. tapi masih bagus untuk dinikmati..

08a air terjun oenesu

08b air terjun oenesu

setelah puas nikmatin air terjun.. kembali melanjutkan perjalanan… menuju pantai Tablolong

Perjalanan kali ini melalui jalanan berbukit.. hari sore menjelang malam.. melewati perkampungan dengan rumah-rumah sederhana.. jalanan sepi.. di suatu tempat ditunjukkan pohon kayu putih.. berhenti untuk menggambil gambar pohon yang menjadi sumber salah satu cindera mata daerah Nusa Tenggara Timur yaitu minyak kayu putih yang diambil dari olahan daun pohon kayu putih yang memang dahan pohonnya serba putih…

09 kayu putih

Menjelang malam, kendaraan berbelok ke kiri dimana petunjuk jalan menyebutkan nama pantai Tablolong.. situasi saat itu sangat sepi.. maklum gelap sudah menyelimuti tempat wisata tersebut… keluar dari kendaraan… terlihat sarana umum ditempat wisata pantai sangat memprihatinkan.. memandang sekitar terlihat keindahan pemandangan pantai diwaktu malam.. lampu perahu di kejauhan.. ombak yang tenang.. pantai dengan batu karang… kembali diriku termenung.. wisata Indonesia begitu banyak.. dan sangat indah.. perjalanan menuju ke tempat wisata yang dapat membuat kenangan tersendiri.. namun disayangkan fasilitas umum yang kurang terpelihara.. perpaduan dari dari pengelolaan yang kurang maksimal dan kurangnya kesadaran pengunjung untuk memelihara tempat wisata menyebabkan fasilitas umum yang kusam, kotor dan tidak terawat.. yuk kita kembangkan wisata Indonesia yang begitu indah.. bagi pengunjung mudah saja cara ngembanginnya.. jaga kebersihan.. jagalah alam dan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.. tidak mencoret-coret.. bagi pihak pengelola wisata menerapkan manajemen pengelolaan yang baik.. masyarakat sekitar yang mampu membuat para tamu nyaman berkunjung.. dan kita semua mempromosikan daerah wisata kita… terus terang dari semua tempat wisata yang pernah kukunjungi.. semuanya begitu indah.. dan memmng kita harus bangga bahwa Indonesia dikaruniai alam yang begitu indah..

10 pantai

Sekilas mengenai tempat wisata Pantai Tablolong dari berbagai sumber di internet :

Pantai Tablolong, menjadi destinasi utama saat menyusuri bagian barat Pulau Timor menuju Kabupaten Kupang Barat. Perjalanan ini berjarak sekitar 30 km dari ibukota kabupaten.

Mengikuti kontur jalan yang relatif mendaki, menyempit, kemudian memasuki kawasan hutan yang cukup sepi mewarnai sepanjang perjalanan. Pohon kayu putih, lontar, serta semak belukar semuanya berjajar siap menemani perjalanan pengunjung

Tidak jarang, sesekali terlihat penduduk setempat yang membawa beberapa jerigen sekaligus di pundaknya. Mereka berjalan menuju sumber mata air untuk keperluan sehari-hari.

sumber :
http://travel.detik.com/read/2012/04/21/040421/1897873/1025/5/tablolong-pantai-mempesona-dari-kupang#topart

Tidak lama kami di pantai Tablolong.. malam makin memperlihatkan kegelapannya… kami harus segera beranjak dari tempat tersebut untuk kembali ke kota Kupang.. selain sudah malam kami juga sudah laper…

Perjalanan waktu malam ternyata mengasyikan juga… lampu-lampu rumah.. bayangan pohon.. jalanan yang berliuk dan sepi.. lancar.. akhirnya kami masuk ke kota Kupang sekitar pukul delapan malam.. rekan perwakilan mengabarkan bahwa sudah menunggu di suatu pusat jajanan malam.. supir mengiyakan bahwa dia tahu tempatnya sewaktu kami infokan bahwa kami ditunggu di suatu pusat jajanan malam..

Makan malam menikmati ikan laut bakar yang segar.. ngobrol akrab.. kenyang… setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke pusat pembelanjaan.. belanja buat oleh-oleh.. kain dan baju batik khas Kupang sepertinya cocok dijadikan oleh-oleh untuk my lovely wife dan anak-anakku.. minyak kayu putih dan madu khas Kupang telah kami pesan tadi siang.. lengkap sudah oleh-oleh khas Kupang..
…karena sudah malam, oleh-oleh sudah dirasakan cukup serta perlu persiapan untuk penyampaian laporan kerja dan pengepakan barang untuk pulang.. kamipun kembali ke hotel…

Tiba di hotel, sebelum masuk kamar masing-masing.. rapat sebentar di lobby hotel.. pastiin semua hasil kerja selama di Kupang telah dipersiapkan… kami harus menyampaikan laporan kerja untuk perwakilan Kupang.. apa-apa yang kami temukan dan masukkan apa yang sekira perlu dilaksanakan untuk perbaikan.. memastikan seluruhnya sudah siap dan pembagian tugas telah jelas.. masuk kamar.. atur barang..packing.. istirahat..

Bangun jam enam pagi.. mandi.. pastiin semua barang sudah siap.. keluar kamar hotel bawa barang bawaan.. sarapan dulu ah.. ketemu temen kerja.. ngobrol sambil sarapan.. check out.. berangkat ke kantor perwakilan buat penyampaian laporan selama tugas di Kupang…

Sekarang pakai dasi… acara resmi di ruangan kantor acara resmi dan formil… bla..bla..bla.. ini..itu.. laporan disampaikan.. diskusi mengenai laporan dan cara perbaikan.. yang penting cara perbaikannya napak bumi dan dapat dilaksanakan serta konsisten dalam laporan pelaksanaannya.. percuma kalau disampaikan kekurangan namun cara perbaikannya muluk.. akhirnya cuma laporan saja..

Laporan telah disampaikan.. kesepakatan telah dicapai.. kami merasa bahwa pelaksanaan tugas kali ini telah memenuhi perintah kerja yang diemban.. saatnya pulang… check in pesawat..

Pukul setengah satu siang akhirnya kami secara resmi meninggalkan kota Kupang bersamaan dengan lepas landas pesawat yang membawa kami menuju Denpasar dan Cengkareng..

11 take off el tari kupang

12 diatas kupang

Dari atas pesawat kulihat kota Kupang… hmm suatu saat diriku akan kembali ke kota Kupang.. bersama Python… menyambung touring tahun lalu yang baru sampai Lombok…

13 kupang denpasar

Berhenti sejenak di Denpasar.. perjalanan dilanjutkan..

14 mendarat cgk

Pukul empat belas lewat lima menit akhirnya pesawat yang membawa kami mendarat di Bandar Udara International Soekarno-Hatta.. kendaraan jemputan telah siap sewaktu kami keluar dari area Bandara.. saatnya untuk berbagi cerita dan kebahagian dengan keluarga di rumah..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: