Wisata Ciwidey Sekeluarga : Pulang Yuk..

8 03 2013

Pukul sembilan pagi semua persiapan untuk pulang ke Tangerang telah selesai.. saatnya berangkat.. tujuan pertama adalah kolam renang air hangat Ranca Upas.. untuk berenang sekaligus mandi.. biar badan seger sebelum memulai perjalanan…

01 kolam renang

Dengan membayar karcis seharga sepuluh ribu rupiah per orang.. kami bawa perlengkapan berenang dan pakaian ganti.. kami memasuki tempat pemandian air hangat Ranca Upas yang air panasnya bersumber dari mata air sekitar kawah putih… disuguhi dengan tempat yang bersih dan resik.. berjalan di lantai kayu melewati kolam ikan dengan airnya yang bersih dan ikan mas yang berenang berkelompok.. dan di depan mata terlihat dua buah kolam yang bersih..satu untuk dewasa dan satu lagi untuk anak-anak, ditempat kolam renang ini juga terdapat taman yang rapih dan bersih.. menunjukkan tempat tersebut terawat.. melewati kolam ikan.. menjumpai toko penjual alat perlengkapan berenang.. seterusnya ada tempat yang tersedia kursi dan meja.. ditempat ini kami menyimpan bawaan kami…

Anak-anak sudah nggak sabar untuk bermain di kolam renang… tanpa diperintah lagi, anak-anak segera membuka baju dan celana mereka.. sekarang mereka hanya memakai celana renang yang sudah dipakai sebelumnya di tenda sebelum berangkat ke kolam renang ini…. anak-anak langsung berlarian… he..he..he.. kembali anak-anak dapat melakukan salah satu kesenangan mereka yaitu berenang, apalagi kolam renangnya mempergunakan air hangat.. wah tanpa komando langsung ngacir ke kolam renang…

Diriku secepatnya menyusul anak-anak untuk memastikan mereka berada di kolam renang yang sesuai dengan usia mereka.. sewaktu kudatangi ternyata…. hadeuh… kok kebalik ya..??

02a salah kolam

Anak kami yang pertama sedang asyik di kolam anak…santai… anak kami yang kedua sedang bergaya di kolam dewasa… lho..gimana nich..??? ya udah yang perlu perhatian adalah anak kami yang kedua.. jagain kalau ada kenapa-kenapa.. sedangkan anak kami yang pertama… nggak perlu dijagain… dan kayaknya nggak mau digangguin… nyantai bro..

02b toilet n kamar mandi

Setelah puas bermain di kolam renang air hangat.. saatnya untuk mandi.. kami bergantian mandi di kamar ganti sekaligus tempat mandi.. sayangnya tempat mandi di area kolam renang ini satu tempat baik untuk pria dan wanita.. walaupun didalamnya dipisahkan.. untuk pria sebelah kiri dan untuk wanita sebelah kanan.. kami semua mandi dengan air hangat…. dan sekarang tidak kebalik… kami yang laki-laki tentu berbelok ke sebelah kiri setelah pintu masuk… mandi air hangat… segar…. saatnya untuk melanjutkan perjalanan menuju perkebunan Ranca Bali…

Selepas pukul sepuluh pagi akhirnya kami meninggalkan area camping ground Ranca Upas.. selamat tinggal Ranca Upas… kami sangat menikmati kebersamaan keluarga dan meninggalkan kenangan indah selama kami berada disini… Ranca Upas adalah salah satu tempat yang paling recommended place untuk rekreasi keluarga

Cuaca cerah mengiringi kami menuju perkebunan Ranca Bali Ciwidey.. jalanan mulus, sepi dan lancar.. pemandangan indah…

03a perkebunan rancabali

03 rancabali

Berhenti sebentar untuk photo keluarga di depan gapura yang menandakan kami akan memasuki perkebunan Ranca Bali.. keluarin tripod… pasang kamera saku.. set otomatis… ayo merapat.. klik..klik… photo keluarga di Ranca Bali… setelah itu berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan dan udara segar…

Lanjut perjalanan menuju Cidaun.. namun tidak lama kemudian terlihat papan pengumuman arah ke tempat wisata Situ Patengang…. terlewatkan… diskusi sebentar dengan seluruh keluarga apakah mau mampir… semua setuju… Jawara our xenia putar balik… ambil jalan menuju Situ Patengan… kita sekeluarga rekreasi dulu Situ Patengan suatu danau kecil di daerah Ciwidey

Kami mengambil jalan kecil sebelum sampai di tempat wisata Situ Patengan yang dijaga oleh beberapa pemuda dan meminta sejumlah uang agar bisa dibukakan portal untuk lewat.. ternyata jalanan yang kami ambil adalah jalur belakang dan sepertinya adalah jalur untuk keluar dari tempat wisata.. jalanan kecil cukup satu mobil.. tidak berapa lama terlihat pemandangan danau.. keindahan Situ Patengan mulai terlihat…

04 masuk situ patengan

Pukul sebelas siang akhirnya Jawara our xenia berhenti di tempat parkir yang saat itu sudah mulai penuh.. terdapat banyak rumah makan… hari sudah siang… ada rumah makan… perut minta diisi… hal-hal yang menguatkan kami untuk menuju salah satu rumah makan setelah keluar dari mobil sebelum memasuki taman wisata Situ Patengan…

05 masuk situ patengan

Setelah menyantap makan siang.. barulah kami menuju pintu masuk tempat wisata Situ Patengan melalui deretan rumah makan dan pedagang cindramata..

Memasuki pintu gerbang.. kami mendapatkan suatu papan tulisan yang menceritakan legenda danau tersebut sehingga disebut Situ Patengan

06 situ patengan

Di dalam kawasan wisata Situ Patengan pada saat itu ramai pengunjung, sesaat setelah kami memasuki kawasan wisata, sengaja menelusuri tepian situ untuk menikmati suasana dan keindahan alam

Situ yang memiliki keindahan pemandangan, air danau yang tenang, fasilitas lengkap serta udara yang segar, menjadikan kawasan wisata Situ Patengan memang layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata di daerah Ciwidey

Setelah puas menyusuri tepian Situ Patengan, kami menikmati fasilitas wisata yang tersedia, salah satunya adalah perahu kayuh.. menyewa dua buah perahu kayuh.. kami menikmati tenangnya air Situ Patengan yang bersih… udara segar.. cuaca cerah.. dengan dua perahu kayuh beringian kami menuju pulau Cinta di seberang danau

07 jalan di situ patengan

03 perahu kayuh

Menghabiskan waktu sekitar empat puluh lima menit kami menikmati keindahan alam dan danau Situ Patengan dengan perahu kayuh… kami menepi dan kembali kami berkeliling tepian Situ Patengan tidak lupa photo-photo lagi…

08 photo photo

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul setengah dua siang… mengingat perjalanan masih jauh dan berdasarkan pengalaman diriku dan my lovely wife sewaktu menyusuri rute ini mempergunakan Python our meggy bahwa jalan yang akan kami lalui melewati hutan serta jalanan yang banyak lobang.. maka kami putuskan untuk segera meninggalkan kawasan wisata Situ Patengan… walaupun sebenarnya kami ingin lebih lama di tempat indah ini..

09 jalan menuju cidaun

Perjalanan pulang melalui jalur Cidaun kembali kami lanjutkan.. cuaca siang kala itu cerah.. jalanan mulus, lancar.. dan terutama kami dihadiahi oleh pemandangan indah perkebunan Ranca Bali.. Jawara our xenia kujalankan dengan kecepatan sedang pada saat menyusuri dan menikmati jalanan berkelok di tengah perkebunan teh.. pemandangan indah di perkebunan ini sayang untuk dilewatkan begitu saja..

10 puncak gunung

Berhenti sejenak di puncak gunung.. kami keluar dari Jawara our xenia untuk menikmati udara segar dan terutama pemandangan indah yang terhampar di hadapan kami…

Setelah puas menikmati udara segar dan pemandangan indah.. kami lanjutkan perjalanan… anak-anak kami rupanya kelelahan… mereka tertidur sesaat kami melanjutkan perjalanan… diriku dan my lovely wife berbincang selama perjalanan.. membicarakan kenangan kami sewaktu melakukan touring dengan Python our meggy… dalam perbincangan diputuskan untuk mampir di Pantai Jayanti.. karena waktu itu kami tidak mampir ke pantai tersebut.. dan merencanakan untuk kembali berkemah di kawasan wisata Pantai Jayanti..

11 menuju cidaun

Jalanan masih mulus dan berkelok serta hamparan sawah dan pegunungan menambah keindahan pemandangan .. namun di daerah Cidaun jalanan mulai rusak… wah belum ada perbaikan jalan.. setahun yang lalu kami melintasi jalur ini dan jalanan waktu itupun rusak… waduh sayang banget ya.. padahal jalur selatan ini dapat dijadikan jalur wisata.. mengingat banyaknya tempat wisata yang dapat dikunjungi dan terutama untuk meningkatkan perekonomian wilayah tersebut…

12 jalan rusak di cidaun

Ternyata pemerintah daerah memperhatikan wilayah ini.. terlihat tidak berapa lama kami mendapatkan spanduk yang menyatakan bahwa jalan di daerah Cidaun sedang diperbaiki.. dan jumlah anggaran yang dikucurkan lumayan besar… kayaknya rencana touring nanti harus memasukkan route ini.. terbayang jalanan mulus dapat mempersingkat waktu tempuh.. sehingga kami dapat menghemat waktu dan dapat mendatangi lebih banyak tempat wisata di daerah ini.. jalur ini merupakan salah satu recommended route buat touring… banyak hadiahnya… pemandangan indah..jalur berkelok..udara segar..banyak tempat wisata…

13 curut ceret cidaun

Kami akhirnya tiba di salah satu tempat pemberhentian favorit bagi yang melalui jalur ini.. yaitu curug ceret di desa Naringgul Cianjur Selatan.. anak-anak sudah bangun.. kami menikmati bermain air di curug ini.. tidak lupa.. photo-photo…

Perjalanan dilanjutkan… jalanan rusak dan berlobang… namun karena kami tidak terburu-buru dan pemandangan indah perkampungan serta persawahan.. membuat kami tetap menikmati perjalanan ini…

Pukul setengah enam sore kami sampai di pertigaan yang menunjukkan arah kanan menuju sindang barang dan arah ke kiri menuju Pantai Jayanti… kami arahkan menuju Pantai Jayanti sesuai rencana kami yang akan berkemah di kawasan wisata tersebut… berdasarkan berbagai sumber informasi yang kami terima sebelumnya banyak yang menyatakan bahwa Pantai Jayanti ini merupakan salah satu pantai wisata andalan di daerah Cianjur Selatan

Menyusuri jalanan menuju pantai Jayanti makin menguatkan kami bahwa memang Pantai Jayanti ini adalah tempat wisata unggulan.. jalanan mulus dan besar menuju kawasan Pantai Jayanti memperlihatkan bahwa sarana dan prasarana untuk pengembangan wisata Pantai Jayanti telah disiapkan..hm.. kayaknya bakal menyenangkan nich berkemah di Pantai Jayanti..

Sekitar pukul enam sore, akhirnya kami tiba di pintu gerbang tempat wisata Pantai Jayanti, tapi nggak dijaga..dugaan adalah mungkin penjaganya pindah agak kedalam seperti tempat wisata Ranca Upas… ternyata benar… agak kedalam kami harus berhenti untuk membayar retribusi masuk ke tempat wisata… kepada petugas kami menyampaikan tujuan kami untuk berkemah…mereka agak terkejut dengan rencana kami dan menyampaikan bahwa memang banyak tempat buat mendirikan tenda tapi kalau memang mau bermalam lebih baik menggunakan penginapan yang ada di pantai tersebut.. wah sudah ada penginapan..berarti benar donk Pantai Jayanti sudah disiapkan untuk tempat wisata andalan wilayah Cianjur Selatan… selanjutnya kami memasuki areal Pantai Jayanti

Memasuki areal tempat wisata Pantai Jayanti… terlihat penataan yang sudah bagus..jalanan bagus.. terlihat beberapa penginapan… tapi kok sepi ya…mungkin keramaian ada di sekitar pantai…kami terus menuju pantai..tapi tetap sepi…

Tiba di pantai..ternyata tetap sepi..hanya perahu nelayan banyak bertambat dan beberapa nelayan sedang menyiapkan perahu untuk mencari ikan sepertinya… angin laut kencang sangat berasa.. karena sepi kami coba beranjak ke tempat warung-warung makan…sepi juga… wah..berabe.. diskusi sebentar akhirnya diputuskan untuk membatalkan rencana berkemah di Pantai Jayanti..diputuskan untuk langsung pulang ke Tangerang melalui Sindang Barang, Cianjur, Puncak dan Bogor…

14 pantai jayanti

Kami meninggalkan kawasan wisata Pantai Jayanti di wilayah Cianjur Selatan… sayang sekali Pantai Jayanti sepi padahal sarana dan prasarana sudah mendukung untuk menjadi salah satu tujuan wisata..mungkin promosi yang kurang sehingga Pantai Jayanti kurang begitu dikenal..mudah-mudahan Pantai Jayanti benar-benar menjadi tempat tujuan wisata utama di wilayah Cianjur Selatan…

Makan malam di daerah Pantai Jayanti…selanjutnya perjalanan dilaksanakan tanpa berhenti..anak-anak kami tertidur pulas.. berhenti di pom pensin pagelaran cianjur selatan sekitar pukul sepuluh malam untuk mengisi bahan bakar dan istirahat sebentar… selanjutnya langsung Tangerang….

Perjalanan malam dari Pagelaran menuju Tangerang lancar..jalanan sepi..jalanan relatif mulus..akhirnya sekitar pukul dua pagi kami tiba dirumah… tanpa membereskan barang-barang bawaan…keluar mobil..buka kunci pintu rumah… kami masuk kamar masing-masing…tidur… bersiap untuk wisata keluarga selanjutnya…