Melayani dan Dilayani.. duullluuu dan sekarang… yuk perpanjang STNK sendiri…

16 02 2013

 

 

Bulan Mei tahun 2011 lalu diriku menerima sepucuk surat yang bernama surat tanda nomor kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan nama STNK… yang mencantumkan nomor polisi, nama pemilik yaitu diriku, alamat rumah diriku, serta keterangan lainnya seperti merk adalah honda, jenis model, julukan motornya adalah Python (eh yang ini nggak ada di STNK), tanggal berlaku s/d, angka-angka dan data lainnya…

Selama ini diriku tidak tahu persis kapan masa berlaku STNK berakhir yang kuingat adalah bulan Mei.. itupun inget karena lihat angka bulan dan tahun di plat nomor.. nggak pernah lihatin detil tanggal habis berlaku di STNK…yang sering lihatin STNK si Python justru kasir atau satpam di tempat parkiran motor sewaktu mau keluar dari tempat parkiran..itupun kalau ditanya dan diminta…

Awal bulan Mei 2012… berarti sudah satu tahun yang namanya kertas STNK selalu kubawa kalau bepergian dengan Python my megapro dan diriku yakin pada bulan Mei ini diriku harus mengganti kertas baru STNK tersebut agar dirubah tanggal pada tempat berlaku s/d serta dipatikan akan bayar… maka biar jelas alokasi dana buat STNK, modif Python, perlengkapan touring serta touring pada bulan Mei ini, maka diriku membuka lebaran STNK dan menemukan bahwa kertas STNK ini harus diganti tanggal 7 Mei 2012 setelah itu, kertas yang ada tulisan Surat Ketetapan Pajak Daerah PKP/BBN dan WSDKLLJ (…hadeuh baru ngeuh juga banyak singkatan yang nggak ngerti di surat tersebut)..

Oke…tanggal 7 Mei 2012.. masa berlaku STNK si Python… ngomong-ngomong STNK itu yang mana sich?? ada dua surat yang biasa kubawa kalau mengendarai kendaraan… satu surat jelas ada tulisan “Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor” ada hologram STNK dan yang nandatangan dari kepolisian tok berlakunya 5 tahunan.. satu lagi yang ada tulisan “Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB DAN SWDKLLJ” yang ngurusnya mesti di Samsat dan yang nandatangan ada dari kepolisian, Dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah provinsi, serta dari PT. Jasa Raharja dan berlakunya cuma satu tahun sekali… dan yang mesti dibayar adalah surat yang kedua..yang dikeluarin oleh Samsat Provinsi… dan yang harus dibayar adalah dua ratus ribu rupiah lebih.. hanya buat gantiin kertas… tapi karena ada tulisan…. “surat ketetapan pajak” pada kertas tersebut yang membuat diriku rela untuk membayar uang ratusan ribu hanya untuk selembar kertas.. ach yang mana aja biar kusebut pembayaran tersebut adalah buat perpanjangan STNK dan berupa pajak..

Sebagai orang baik dan taat terhadap peraturan serta sepengetahuan diriku bahwa pajak itu buat kepentingan umum misalnya sebagian buat bayar gaji dan fasilitas presiden, mentri, gubernur, bupati, walikota, camat, lurah, bikin jalan, bayar tentara ama polisi, benerin jalan dan lain-lain… pokoknya yang pernah dikasih tahu kepada diriku adalah pajak itu sebagian penerimaan pemerintah untuk keperluan menjalankan kegiatan pemerintahan termasuk bayar gaji orang pemerintahan dari kelas rendahan ampe kelas paling tinggi setingkat presiden … makanya diriku rela bayar pajak.. yang nggak rela itu kalau uang pajaknya nggak nyampe ke kas pemerintah.. kasihan presiden sampai lurah, jendral ampe prajurit, mentri ampe pegawai rendahan.. entar pada nggak gajian…terus cari objekan buat tambahan karena gajinya nggak cukup.. yang bikin kita tambah nggak rela itu kalau bapak-bapak atau ibu-ibu yang katanya dibayar dari pajak.. nyari tambahan penghasilan dengan jalan nilep atau gelapin atau nyelewegin atau ngorupsi pajak yang selamat masuk kas negara… inget ya bapak-bapak atau ibu-ibu yang digaji ama pajak.. pajak itu buat kepentingan umum.. itu kata orang pajak lho.. lha kalau ternyata di tv atau di media banyak beritain pengelapan pajak.. emang pajak musti gelap-gelapan ya… yang salah siapa… orang pajak atau bapak ibu yang sudah makan uang haram dari pajak… ah sudahlah… doain aja ada peraturan bahwa setiap pembayar pajak kendaraan boleh gilas koruptor atau yang gelapan uang pajak.. kok jadi emosi gini ya ..!!! ach mendingan ceritain pengalaman perpanjang STNK si Python saja ach…

Selama beberapa tahun terakhir… setiap ngurus dokumen ke kantor pemerintahan termasuk perpanjangan STNK pasti pake biro jasa atau calo… selain karena kesibukan waktu kerja juga pengalaman waktu duuulluuu.. waktu mau nyoba ngurus sendiri.. wuih ribet.. baru nonggol ke kantornya aja udah dikerubutin ama calo yang nawarin bantuin.. terus kantornya kusam .. dipersulit ama diperlama sudah biasa kalau nggak lewat calo atau nyerahin sesuatu.. yang bikin diriku paling kesel adalah kayaknya kita yang perlu mereka bukan mereka yang perlu kita… lha kita khan mau bayar pajak.. bayar gaji mereka dan bos mereka.. tapi kok dipersulit… pokonya duuullluuuu sewaktu mau ngurus sendiri ke pemerintahan.. waktu ngerencanain ngurus sendiri aja udah ribet waktu ngebayanginnya… dan makin ribet waktu ngejalaninnya… makanya daripada udah keluar duit ditambah kesel ama ribet mendingan urus ama calo atau biro jasa… pokoknya orang lain yang ngerjain…

…. Namun sewaktu diriku nyampein ke temen-temen baik di kopdar maupun di kantor bahwa STNK si Python mau habis dan harus diperpanjang… temen-temen nyaranin urus sendiri… sekarang cepat dan enak…. nggak ribet.. yang penting dokumennya kumplitt plitt pasti cepat ama gampang.. jadi penasaran pengin nyobain lagi ngurus sendiri…

Setelah hari-hari sebelumnya mendapatkan ijin masuk kantor agak siang karena mau ngurus perpanjangan STNK ke kantor Samsat BSD sesuai dengan wilayah domisili diriku, maka dengan berbekal dokumen-dokumen yang diperlukan untuk perpanjangan STNK yaitu BPKB asli, STNK asli, KTP, dan tentu saja duit yang diperkirakan cukup… maka diriku tanggal 8 Mei 2012…eit..stop-stop dulu… lho kok tanggal 8 Mei?? khan masa berlakunya STNK sampai tanggal 07 Mei 2012?? … iya diriku nggak bisa datang tanggal 7 Mei 2012 karena ada tugas..dan diriku ingin merasakan ngurus sendiri.. jadi biarlah terlambat sehari..kalo kena denda?? nggak apa-apa.. memang itu akibat dari keterlambatan… pokoknya pingin ngurus sendiri..pengin ngebuktiin apakah bener cerita temen-temen bahwa sekarang ngurus STNK itu gampang ama cepet…

01 selamat datang

balik lagi ke cerita… tanggal 8 Mei 2012 sekitar pukul setengah tujuh lewat sepuluh menit… hehehe biar gampang bacanya maka kutulis sekitar pukul 06.40 wib… diriku tiba di kantor Samsat BSD..pagi banget datangnya biar dapat nomor urut kecil dan duluan selesai karena mau lanjut ke kantor… oh ya… yang belum tahu apa yang dimaksud Samsat… mohon ijin ngasih info.. samsat adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkat Samsat), atau dalam Bahasa Inggris One Roof System, adalah suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung. Contoh dari samsat adalah dalam pengurusan dokumen kendaraan bermotor (disadur dari wikipedia, kalau mau lebih ngerti klik samsat dari Wikipedia) … sedangkan BSD adalah singkatan dari Bumi Serpong Damai, suatu wilayah perumahan di daerah Serpong Tangerang dimana kantor samsat tersebut berada.. ok jelas??? lanjutkan ceritanya….

Memang berubah tampilan kantor pemerintahan sekarang… memasuki gedung terpampang jelas tulisan “KAMI SIAP MELAYANI ANDA”… sekarang jelas siapa yang mesti dilayani dan siapa yang melayani… nggak kayak duuulllluuu nggak jelas dan kebolak-balik soal melayani ini… tapi ini baru tulisan… orang sering bilang… ini sich teori doank.. prakteknya????… oke kita buktikan… brem..brem… Python memasuki kantor samsat BSD Serpong… masih sepi…

02 tiba di samsat bsd

Sehubungan dengan masih sepi..maka diriku masih bebas untuk memilih parkir… lha wong tukang parkirnya aja belum ada… pokoknya Python kuparkirkan di tempat yang nggak ada tulisan dilarang parkir… eh kebetulan ada tempat dengan latar belakang spanduk yang menurutku cocok untuk gambar di blog..dan sesuai dengan tema kali ini yaitu pembuktian kelancaran pengurusan STNK..

Spanduk berisikan ajakan dan mengingatkan untuk mengurus sendiri… oke makin yakin nich ama omongan temen-temen bahwa sekarang ngurus perpanjangan STNK enakan sendiri aja..nggak ribet.. tapi masih berupa tulisan…nanti kita lihat prakteknya…?? pagi itu memang diriku nggak didatengin ama calo…para calo nggak kelihatan… he..he..he.. masih pagi om.. jam setengah tujuh nich… kantor belum buka… jangankan calo.. tukang parkir aja belom kelihatan.. pagi itu yang baru aktif adalah warung kopi di dalam kantor Samsat.. itupun baru beresin dan nyiapan dagangannya..

Karena masih sepi..dan pasti kantor samsat belum buka..maka diriku mendatangi warung kopi yang baru buka dan pesan satu gelas kopi susu… sruput ngopi susu sambil nunggu buka kantor samsat… tapi jam berapa bukanya?? sewaktu kutanyakan kepada penjual di warung kopi tersebut jam berapa kantor samsat buka..dijawab bahwa kantor samsat akan dimulai pukul delapan pagi… hah..?? jam delapan..?? siang bener nich kantor..diriku nggak yakin masa sich kantor pemerintahan jam delapan baru buka… mungkin petugasnya baru mulai kerja jam delapan iya.. maka kutanyakan lagi apa bener jam delapan ?? iya tuch ada tulisannya depan pintu… sambil nunjukkin ke gedung kantor samsat… karena penasaran ku beranjak dan memastikan bahwa benar kantor Samsat BSD buka mulai jam delapan pagi…

12 jam buka

Tertegun di depan pintu dan pengumuman yang menyatakan bahwa kantor samsat BSD buka mulai pukul delapan pagi… jadi masih lama nich..baru jam tujuh kurang… pantes masih sepi.. tukang parkir nggak kelihatan.. calo nggak ada… kantor masih sepi… satu jam lagi bro… ngapain ya??… udah balik lagi ke warung kopi… sruput lagi..

Tidak lama kemudian penjual jasa photocopy memulai usahanya dengan membuka tempat usahanya… ah sambil nungguin datengin tukang photocopy buat siapin salinan dokumen yang kubawa.. pasti diminta nanti salinannya.. cuma apa saja dan berapa banyak diriku nggak tahu.. pasti tukang photocopy tahu karena ia buka usaha di kantor samsat buat perpanjangan dan bikin STNK..

17 photocopy

Dengan sigap tukang photocopy menjelaskan dokumen apasaja dan berapasaja salinan yang harus disiapkan… oke yang asli ada semua… baik bang.. photocopy semua sesuai kebutuhan dan tambah dengan mapnya…waktu sudah menunjukkan pukul tujuh pagi lebih… ada beberapa orang yang datang untuk photocopy juga… satu persatu kendaraan mulai memasuki halaman kantor samsat ini… tapi nggak ada yang parkir sebelah Python buat nemenin..

18 python pindah parkir

Selesai photocopy..sewaktu memasukkan dokumen dan bawaan yang nggak diperlukan untuk perpanjangan STNK kedalam box Python ada seorang bapak yang datengin dan minta untuk memindahkan Python ketempat parkir yang ditunjukkan oleh sang Bapak tersebut… baik pak.. ikutin peraturan dan prosedur.. walaupun masih nggak ngerti..kenapa mesti dipindahin…khan nggak ada tanda larangan parkir atau parkir untuk kendaraan dengan nomor polisi sekian atau pejabat anu.. tanda-tanda parkir yang sering terlihat di kantor-kantor untuk membedakan mana pejabat atau bukan..tapi ya nggak apa-apa.. lebih baik di tempat yang banyak motor parkirnya… dan ada tukang parkirnya… setidaknya ada yang jagain.. daripada ditempat sekarang Python parkir.. sendirian dan kalau ditinggal kedalam gedung kantor siapa yang jagain?? oke Python parkir di habitatnya…bersama kendaraan roda dua lainnya…

Waktu menunjukkan pukul tujuh dua puluh pagi… udah mulai rame… baik pegawai..polisi..maupun yang mau ngurus…mulai berdatangan… kendaraan sudah mulai banyak yang parkir.. diputuskan untuk nunggu dalam kantor aja ach.. kalau sistem pelayanan pake nomor…kali aja pengambilan nomor sebelum pukul delapan… biar dapat nomor kecil.. lebih duluan diurusnya…lagipula kalau balik ke warung kopi.. tempatnya udah penuh..

Sewaktu hendak memasuki gedung kantor Samsat.. di halaman terlihat beberapa pegawai karena pake pakaian khas pegawai pemerintahan sedang berbaris… dan kelihatannya sedang dilakukan apel pagi… terdengar beberapa wejangan dari pimpinan pegawai tersebut… kenapa diriku yakin dia pimpinan pegawai?? karena dia berdiri sendirian di depan dan menghadap ke barisan pegawai serta menyampaikan beberapa perintah dan nasihat.. jadi kesimpulan diriku pasti ini pimpinannya… maaf kalo salah… karena diriku hanya menyimpulkan sendiri nggak konfirmasi yang mana pimpinan mana bawahan… he..he..he.. mohon maaf sangat diperlukan kali ini karena kalo pemerintahan soal pimpinan dan bawahan itu masalah sensitif dan harus jelas…birokrasi…

04 briefing umum

Diriku kagum dengan budaya kerja ini.. briefing sebelum memulai pekerjaan apalagi apabila pekerjaan tersebut dilakukan oleh beberapa orang..maka persamaan sasaran, cara kerja, dan pemahaman batasan harus diketahui bersama… dan salah satu media untuk memastikan hal tersebut adalah melalui briefing sebelum pelaksanaan… contohnya briefing oleh ibu dan bapak pegawai kantor samsat ini…apalagi dimulai juga dengan doa.. kesadaran bahwa manusia ada keterbatasan dan masih memerlukan pertolongan dari yang Maha Kuasa.. semoga dengan adanya pelaksanaan briefing dan doa sebelum melakukan kegiatan tugas, maka benar adanya apa yang dibilang oleh temen-temen bahwa ngurus perpanjangan STNK sekarang jauh lebih enak.. ok makin banyak bukti untuk meyakinkan diriku bahwa memang sekarang lebih baik… nggak lama lihatin yang apel pagi… toch mereka yang perlu briefing… diriku sich perlunya bukti bahwa perpanjangan STNK sendiri tanpa pake calo atau biro jasa adalah gampang dan cepat…

08 masih sepi

Memasuki ruangan kantor pelayanan pengurusan STNK.. terlihat ruangan masih sepi hanya beberapa orang yang duduk di kursi tunggu.. ruangan bersih… membuktikan bahwa minimal ruangan sudah lebih siap… karena pasti ruangan dibersihkan sebelum orang-orang baik petugas maupun tamu datang… sip lah… ruangan tunggu luas dan terang…kursi tertata apik..televisi berfungsi dan gambarnya jelas…nilai plus kuberikan pada kesiapan dan kebersihan ruangan ini.. makin penasaran nich sama pelayanannya… apakah siap dan baik juga?? mari kita tunggu…

Sambil menunggu keperhatikan lagi lebih seksama ruangan pengurusan STNK tersebut… terlihat beberapa informasi penting terpampang..

03 kejujuran niat

09 janji

05 persyaratan

06 prosedur

07 pengesahan dan perpanjangan

Informasi-informasi yang terpampang di ruangan pelayanan pengurusan STNK tersebut berisikan mengenai janji dan komitment pelayanan kantor samsat beserta petugasnya dalam melayani.. informasi mengenai prosedur dan proses pengurusan serta pelayanan… informasi yang singkat, jelas, mudah terlihat, dan tidak kalah penting adalah pengumuman tersebut terlihat bersih… hmmm…. nilai plus harus kuberikan lagi.. tapi masih dalam tataran teori… prakteknya??? mari kita buktikan…

Diriku makin memberikan penghargaan dan makin yakin bahwa memang pelayanan pengurusan STNK kali ini akan lebih baik.. buktinya kantor pemerintahan sekarang ternyata berani mencanangkan batasan waktu penyelesaian suatu pelayanan… terlihat maksimal lamanya proses pengurusan… wah salut..

10 paling lama

Diriku salut terhadap suatu instansi yang berani menunjukkan batasan waktu pengurusan… tidak mudah loh untuk menetapkan batasan waktu suatu pekerjaan…apalagi perkerjaan yang berinteraksi dengan masyarakat umum atau publik yang sangat heterogen dan bermacam-macam baik dilihat dari segi pendidikan, pemahaman, atau segi lainnya… sangat beragam.. perlu evaluasi-analisa mendalam, simulasi dan kajian lainnya sebelum menetapkan batas waktu suatu pekerjaan… yang lebih berat lagi adalah menunjukkan dan membuktikan bahwa standar tersebut dapat dilaksanakan… ok… kita lihat…tapi terus terang.. kantor samsat BSD ini sudah mendapatkan penghargaan positif dari diriku… penilaian akhir sebentar lagi… waktu sudah menunjukkan hampir pukul delapan pagi.. berarti sebentar lagi kegiatan operasional berjalan… dan terlihat ruangan sudah mulai padat oleh masyarakat yang akan mengurus STNK

14 mulai penuh

Waktu sudah menunjukkan pukul delapan pagi… tapi kok loket belum dibuka… tunggu lima menit ternyata loket sudah mulai dibuka… terlambat lima menit versi jam tangan diriku… tak apalah… masyarakat yang nunggu dari tadi langsung menyerbu loket pendaftaran…. budaya yang musti diperbaiki terlihat… tidak ada ketertiban dari masyarakat untuk antri.. semua berusaha untuk paling depan… akibatnya para pengunjung berjubel di depan loket… wah diriku menyayangkan kedisiplinan masyarakat.. kantornya udah siap.. eh.. penggunanya belum siap… untunglah ada petugas keamanan yang mengatur untuk antri dan yang lebih menolong lagi ternyata satu loket lagi untuk pendaftaran dibuka sehingga mengurangi kepadatan antrian…kueren dan salut terhadap tindakan petugas kantor samsat ini… sekarang… antrian tertib…

13 baru buka

Karena antrian sudah tertib dan lebih dari satu loket pendaftaran dibuka, maka diriku pun tidak lama dapat berdiri didepan loket… Bapak petugas menanyakan dokumen yang diperlukan…kuserahkan dokumen yang diminta.. diperiksa sebentar.. dinyatakan oke.. dapat bukti penyerahan dokumen dan disuruh tunggu.. nanti dipanggil untuk pembayaran dan pengambilan STNK… hmmm… bagaimanakah penilaiannya… positif kah atau negatif kah pelayanannya ??…

Interaksi pertama dalam pengurusan perpanjangan STNK menurut diriku cukuplah… kalau ukurannya cepat dan gampang… ya… penyerahan dokumen di loket pendaftaran memang cepat dan gampang… namun kayaknya musti ada sentuhan pelayanan misalnya sapaan selamat pagi atau siang… dan jangan lupa pak.. senyum itu gratis dan mudah dilakukan..tapi dampaknya??? sangat positif pak… senyum donk pak.. jangan kelihatan terlalu serius meriksa dokumennya.. jadi kaya guru yang lagi meriksa soal ujian.. atau polisi yang meriksa STNK dan SIM kalau di jalan… tapi kalau dilihat lagi janji bahwa pelayanan kantor samsat ini adalah cepat, benar, tidak diskriminatif dan akuntabel.. ya pak petugas sudah melaksanakan janjinya.. he..he..he please senyum dikit ya pak..dan nyapanya agak lembut..

09 janji

Dokumen yang diperlukan akhirnya berpindah tangan dan diriku telah mendapatkan bukti penyerahan dokumen.. karena perpanjangan STNK tidak diperlukan pemeriksaan kendaraan hanya pemeriksaan kelengkapan dokumen yang diperlukan..selanjutnya adalah menunggu panggilan untuk pembayaran.

11 dokumen

Ok sekarang penilaian firs contact atau interaksi pertama dari diriku.. overall atau secara umum loket pendaftaran sudah baik..kekurangan hanya terlambat 5 menit versi jam tangan diriku..sedangkan nilai lebih harus kuberikan kepada kesigapan petugas untuk menguraikan kerumunan pendaftar dan membuka loket tambahan sehingga pendaftaran lebih cepat dan tertib… nilai?? kuberikan nilai 7 dari skala 1-10, coba kalau senyum dan menyapa lebih sopan dan ramah saat melayani pasti kuberikan nilai 8 atau 9.. nilai plus untuk suatu kantor pemerintahan yang menerapkan pelayanan sesungguhnya

Sekarang nunggu… diriku ingin membuktikan berapa lama selesainya perpanjangan STNK apakah dibawah atau lebih lama dari waktu yang diumumkan..dan yang paling penting lagi bagaimana pelayanannya..

Tiba-tiba handphone berbunyi menandakan ada telpon masuk… kulihat dari kantor… kujawab..ternyata dari sang atasan yang menyatakan harus segera ke kantor… karena dipanggil salah satu direktur..segera!!!.. hadeuh.. gimana nich.. kusampaikan bahwa diriku sedang di kantor samsat sedang mengurus perpanjangan STNK, sang atasan menyampaikan bahwa ia mendapat tugas untuk menghubungi saya bahwa sang direktur meminta diriku untuk datang ke kantornya… hadeeuuh ada apaan nich..tumben sang direktur perlu diriku langsung.. biasanya khan bisa dihandle oleh atasan diriku… he…he…he…apagunanya atasan kalo gitu?? dan keputusan untuk jam berapa diriku datang.. sekarang berada di pihak diriku…hadeuhh..dokumen asli sudah masuk…sang direktur menunggu…jarak kantor sama kantor samsat lumayan jauh… gimana donk??

Akhirnya ku kembali ke loket pembayaran dan menanyakan apakah kalau nggak sempat hari ini bisa dilanjutkan besok.. dijawab bisa.. lega..diriku sampaikan bahwa harus ke tempat kerja saat itu juga dan kemungkinan baru besok kembali ke kantor samsat.. jadi gimana pak..saya cabut dokumen yang udah masuk?? tanya diriku..oh nggak usah..nggak apa-apa besok aja bayarnya..yang penting dokumennya sudah masuk..jawab petugas pendaftaran… terimakasih pak.. tapi boleh donk minta ktp aslinya..khawatir diperlukan…pak petugas loket pendaftaran menerima alasan diriku untuk minta ktp asli dan menyerahkan kepada diriku… langsung ke parkiran..brem..brem.. ke kantor… dengan tanda tanya besar…mau diapain nich diriku ama sang direktur.. tumben sang direktur perlu diriku mendadak dan segera.. khan tahu diriku lagi ngurus perpanjangan STNK.. keluar kantor samsat Python kujalankan biasa saja…serpong ke cengkareng..jarak yang nggak deket.. biarin sang direktur nunggu..mau diapain lagi..toch ngebut sang direktur tetap nunggu dan bagi diriku atau mungkin orang lain membahayakan kalau diriku ngebut ..lambat juga nunggu tapi bikin kesel orang … jadi ya biasa aja kalo diriku ke kantor…yang penting selamat..dan siap untuk menerima apapun yang akan terjadi… he..he..he… harepan sich naik gaji atau disuruh naik jabatan… cepet atau lambat sampai di kantor tergantung macet ato kagak bukan tergantung ngebut atau nggak..sekali lagi.. safety first.. sing penting selamat dunia akhirat..he..he..he. …untunglah nggak macet…jalan lancar… sampai di kantor..parkirin Python.. langsung menuju kantor sang direktur… ternyata telah ada satu rekan juga yang sama dipanggil..dan diriku langsung tahu mengapa diriku dipanggil.. tidak lama kemudian kami langsung dipersilahkan masuk ama sektrarisnya…. ketuk pintu.. disuruh masuk ama sang direktur yang baru diangkat.. ternyata benar sesuai dugaan… sang direktur minta informasi apa yang dulu kami laksanakan sewaktu kami barengan ngembangin sistem baru dan apa kelebihan dan kelemahan sistem tersebut.. sang direktur yang baru diangkat ini minta kejelasan mengenai sistem tersebut karena harus mutusin apakah lanjut atau ganti..dan harganya nggak murah.. bla..bla..bla..kami jelasin sesuai dengan yang diminta… jam setengah sebelas pertemuan dengan sang direktur selesai…

hmm..setengah sebelas pagi… terlintas pertanyaan.. lanjut kerja atau balik ke kantor samsat buat nerusin perpanjangan STNK?? nggak sulit mutusinnya.. balik lagi.. toch sudah dapat ijin buat ngurus perpanjangan STNK.. brem..brem.. balik lagi ke kantor samsat.. ngebut??? biasa aja kaliee… safety first bro…

Pukul setengah dua belas sampai di kantor samsat…parkirin lagi Python.. langsung menuju loket pendaftaran untuk menanyakan kelanjutan proses perpanjangan STNK.. dijawab bahwa dokumen tinggal ktp asli..kurserahkan ktp asli.. map berisi dokumen diserahkan ke loket pembayaran…tidak lama kemudian diriku dipanggil untuk membayar sebesar 264 500 rupiah.. kuserahkan uang sebesar seratus ribuan tiga lembar… dan dikembalikan sebesar..35 ribu rupiah..hah?? mana lima ratus rupiahnya?? dijawab bahwa tidak ada uang lima ratusan.. ya udah.. dalam hati waduh… memang nggak ada atau sengaja??

15a silahkan pilih tombol puas

Diriku dikasih tahu bahwa loket sebelah untuk ngambil STNK baru.. namun sebelum pergi diminta untuk mijit tombol hijau yang ada di depan loket…. kuperhatikan sebentar ternyata.. itu adalah tombol untuk memilih tingkat pelayanan yang diberikan..hijau untuk puas..kuning untuk biasa/cukup dan satu lagi nggak tahu karena kayaknya udah rusak dan nggak ada warnyanya…untuk kurang… ha..ha…ha… akal bulus apa ini… bukannya dikasih tahu untuk memilih tingkat pelayanan yang dirasakan oleh konsumen atau pengguna layanan ini malah mencoba mencari nama baik dengan cara memaksa orang untuk memencet tombol ijo.. dan tombol merah dibiarkan rusak mungkin ya??…diriku nggak mencet…lha wong tombol yang mau dipencet kelihatannya rusak..ha…ha…ha…

16 ambil stnk baru

Menuju loket 5 untuk menerima STNK baru.. seluruh rangkaian perpanjangan STNK selesai pukul 11.45 wib…. so bagaimana penilainnya…??

oke.. diriku mengakui bahwa pengurusan perpanjangan STNK sekarang tidak memerlukan calo, dan prosesnya cepat, aman, benar, tidak diskriminatif sesuai janji yang terpampang, namun kekuranganya adalah kurang sentuhan pelayanan..masih kayak kantor pemerintahan yang dulu..kaku..senyum dikit donk.. namun yang mengkhawatirkan bagi diriku adalah kembalian yang lima ratus rupiah tidak diberikan.. ini salah satu potensi untuk korupsi.. atau sudah?? serta upaya yang menurutkan adalah ‘pembodohan’ masyarakat sewaktu diminta untuk memencet tombol warna hijau setelah membayar…sebaiknya kasih tahu pak kepada masyarakat apakah mau milih dan dipersilahkan untuk memilih secara bebas tanpa paksaan…

Akhirnya diriku memberikan nilai dengan ukuran dari 0 sampai 10 dimana angka 0 adalah sangat-sangat jelek dan mengecewakan, angka 5 itu cukup dan angka 10 adalah sempurna. Penilaian berdasarkan 2 kategori yaitu :
1. Kemudahan dan kecepatan pelayanan : 8
2. Keramahan dan integritas : 4
..jadi secara keseluruhan kalau dijumlah dan dibagi maka nilai akhir adalah 6 untuk skala 0-10 … melebihi cukup namun masih jauh untuk memuaskan… semoga kantor pelayanan samsat BSD maupun kantor pemerintahan lainnya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat… denger-denger sich katanya semua pengurusan dokumen atau surat keterangan dari lembaga resmi sekarang sudah lebih baik dan gampang…kalau gitu entar ngurus apa-apa sendiri aja dech nggak perlu calo..namun tolong donk… cepat dan mudah iya penting..tapi ramah dan bebas korupsi itu juga penting… mohon ya Bapak dan Ibu yang sebagian gajinya dibayar oleh pajak masyarakat.. tolong terapkan betul tulisan yang biasanya ada di depan kantor Bapak dan Ibu yaitu “KAMI SIAP MELAYANI ANDA”


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: