Pangandaranaway Bagian 2 dari 3 : Romantisme Pangandaranaway

30 08 2012

 

 

Mencapai tempat berkumpulnya para Nusantarider di kawasan Batu Karas Pangandaran pukul sembilan malam lewat setelah melalui perjalanan hampir 12 jam diterpa hujan besar sebelum mencapai tempat berkumpul…membuat diriku dan my lovely wife sangat kedinginan dan kelelahan.. kami langsung menurunkan bagasi bawaan..masuk kamar..seterusnya berganti pakaian.. rebahan dulu..eeehhh.. ketiduran..zzzz…zzzzz

Pukul setengah lima pagi terbangun..waduh agak nyesel juga kebablasan tidur..tidak sempat ngobrol dengan om-om dan tante-tante dari Nusantaride semalam..maaf ya para Nusantarider..kami kebablasan tidur..kecapean..

bangun langsung ke kamar mandi..mandi??? perlu keberanian yang tinggi untuk mandi di pagi hari itu..dan saat itu diriku belum mempunyai keberanian yang cukup…ke kamar mandi hanya untuk menjawab panggilan alam yaitu buang air kecil..buang air sedang..sampai buang air besar..

Panggilan alam telah terjawab..kembali ke kamar untuk mengambil kamera saku..sekarang panggilan blog..mau foto-foto dulu buat kenangan sama buat bahan tulisan di blog.. seperti biasa set auto pada kamera digital..he..he.he..sebetulnya diriku pernah ikut kursus kilat bagaimana meningkatkan kualitas photo dengan kamera saku digital..namun diriku susah ngerti istilah dan pengaturannya..bahasa kerennya..diriku nggak mau ribet.. so..?? langsung aja kamera diset auto..arahkan kamera..klik..hasilnya pasrah ama kamera..yang penting ada bukti kenang-kenangan..klik…klik..klikk..sok profesional lihat hasil photo sambil serius..padahal nanti hasilnya diedit lagi pake photoshop…edit auto lagi..he..he..he..

Jeprat-jepret..klik..klik..beberapa gambar telah kuperoleh termasuk tunggangan Nusantarider.. orangnya mana?? sstttt… lagi pada ngorok..zzz…zzzz… jepret..klik..klik…dapat gambarnya..wuih om-om Nusantarider yang tidur di luar kamar..ternyata guanteng-guanteng kalo lagi tidur (kasih pujian biar nggak marah diambil photonya sewaktu tidur…padahal..???)

Kembali ke kamar untuk beres-beres barang bawaan.. my lovely wife ternyata sudah mandi..dan meminta diriku untuk segera mandi… eit…tunggu dulu.. kayaknya masih pagi nich..apalagi semalam hujan gede.. masih dingin.. untung sewaktu muda dulu diriku sering ikut bermacam-macam les tambahan.. makanya sekarang jadi jago nge les.. langsung kujawab… ya nanti beres-beres barang bawaan yang geletakan di kamar bekas semalam.. he..he..he.. yang penting waktu mandi bisa diundur…

Sewaktu beres-beres barang bawaan..menerima pesan singkat dari sodara yang menyatakan bahwa mereka juga telah sampai di Pangandaran tepatnya di daerah Cijulang dan ngajak ketemuan dulu karena pagi itu mau balik lagi ke Bandung…. waduh nggak ada alasan lagi buat nunda mandi… my lovely wife pun menyampaikan semua keperluan mandi udah di kamar mandi… ya nyerah dech… singkat kata (nggak usah ceritain waktu mandinya ya…) mandi selesai..ganti baju..siap-siap setelan touring lagi.. manasin Python.. para Nusantarider yang sebelumnya menjadi photo model ngorok.. sekarang ada yang beresin motor..ngopi..ngobrol.. menyapa dan menanyakan hendak kemana?? diriku sampaikan bahwa mau ketemuan dulu sama saudara di Cijulang nanti siang balik lagi ke lokasi..brem..brem.. pamit..Python diarahkan ke Cijulang tempat yang disepakati untuk bertemu…

Cuaca saat itu cerah…nikmat jalan berduaan namun perjalanan dari Batu Karas hingga Cijulang ternyata banyak lobang..pukul tujuh pagi lewat akhirnya kami sampai di depan smp negeri 1 Cijulang tempat yang disepakati untuk bertemu… ternyata sodara belum terlihat..yang terlihat hanya penjual bubur ayam..penjual gorengan..penjual nasi..he..he..he.. maklum lapar..yang kelihatan cuma tukang makanan doang… penjual lainnya?? entahlah..mungkin masih tutup.. memilih makanan yang sekiranya cocok buat kami berdua.. tidak membutuhkan lama kesepakatan tercapai… bubur ayam menjadi sarapan pilihan kali ini.. hmmm.. nikmat.. bubur ayam panas di pagi cerah..mengisi perut lapar… tambah bang semangkok lagi…

Tidak berapa lama setelah membersihkan dua mangkok bubur ayam.. barulah saudara datang.. tanpa basa-basi lagi kuminta dua mangkok bubur tambah.. tapi bukan buat diriku… buat kakak ipar dan puteranya yang datang.. sekalian sarapan bareng..pasti mereka juga belum sarapan.. dan benar saja.. tanpa keberatan dan basa-basi pula mereka menghabiskan mangkok bubur masing-masing..

Ngobrol sejenak mengenai rencana masing-masing.. ternyata sodara kami kemarin nyampe dan telah berkeliling dari pangandaran hingga Batu Karas dan pagi ini rencana akan berwisata ke Tasikmalaya sambil perjalanan pulang, wah berseliweran… eh.eh.. bersimpang-siur… eh…. apa sich padanan bahasan indonesianya kalau rute dan rencana perjalanan berlawanan ?? ya.. pokoknya gitu dech..

Karena tidak bisa sepakat mengenai rencana dan rute perjalanan kali ini maka setelah sarapan bubur dan ngobrol-ngobrol.. maka kami mengambil jalan masing-masing.. sampai jumpa lagi… kami akan meneruskan perjalanan pagi ini menuju pantai pangandaran dan siang baru kembali ketempat pertemuan acara Nusantaride..

Perjalanan dilanjutkan menuju pantai Pangandaran, cuaca bersahabat kali ini..cerah.. namun jalanan yang kurang bersahabat..jalan berlobang dari Cijulang menuju Pangandaran sedikit mengurangi nikmatnya jalan dipagi hari ini..

Memasuki pintu gerbang pantai Pangandaran sekitar pukul delapan pagi.. menyelesaikan administrasi tiket masuk yang sebenarnya sangat simpel alias sederhana cuma sodorin uang lalu masuk dech.. yang nggak simple itu mikirnya.. kok tiketnya nggak dikasih dan kembalian yang limaratus perak nggak dikasih… ah.. daripada mikir lebih ribet mendingan masuk aja.. mudah-mudahan aja pengelola pantai Pangandaran membaca blog ini dan mengetahui bahwa di pintu masuk pantai Pangandaran saat itu petugas tidak memberikan tiket masuk dan kembalian yang nggak diberikan pula.. berapa ya dapatnya??? … tolong donk bapak/ibu yang berwenang tertibkan donk retribusinya biar masuk kas pemerintahan/pengelola tempat wisata biar tempat wisatanya ada sumber dana buat dijaga dan dipelihara… bukannya masuk kas rumah petugas.. dan tempat wisatanya jadi nggak keurus..

..dengan perlahan Python memasuki area pantai Pangandaran.. sengaja berkeliling menyusuri seluruh pantai Pangandaran untuk mengetahui situasi pagi itu.. ternyata pantai Pangandaran saat itu ramai pengunjung.. terlihat beberapa penginapan dan hotel memasang tulisan penuh di jendela atau pintu masuk hotel.. banyak kendaraan pribadi dan umum yang terparkir di depan penginapan.. setelah puas keliling akhirnya my lovely wife mengajak ke tempat oleh-oleh untuk anak-anak dirumah.. baik bu.. mari kita belanja… oleh-oleh pertama adalah baju dan celana pantai.. diriku ditawarkan untuk memilih dan membeli.. tapi maaf ya my lovely wife.. diriku nggak begitu semangat untuk milih.. yayang aja yang pilihin.. coba kalau cayang minta diriku milih helm, velg, knalpot, box, protector, sepatu touring.. wah pasti diriku semangat bangeetttt… akhirnya my lovely wife yang mengerjakan pemilihan dan penawaran harga.. diriku???… suruh bayar bro… ya nggak apa-apa toch barangnya juga bagus-bagus (hasil pilihan yayangku.. he..he..he.. ya pasti bagus lah..)

Dipastikan semua kebagian oleh-oleh.. sekarang kembali berkeliling pantai Pangandaran.. dan bernostalgia sewaktu kami berdua touring ke Pangandaran dalam perjalanan ke Jogjakarta setahun yang lalu.. tiba-tiba terlihat beberapa orang sedang menarik tali sambil mundur hingga menyeberang jalan.. wah pasti sedang menjala ikan.. kuhampiri untuk melihat lebih dekat…

Melihat yang menarik jala..lama-lama kok ingin nyoba juga narik.. kuminta ijin untuk ikut bantu menarik kepada bapak bapak dan ibu ibu yang sedang menarik jala.. hore diijinin.. bantuin narik dech.. he..he..he.. yang bener sich cuma nempelen tangan ke tali.. ikut mundur.. selebihnya???.. ya pasti donk..narsis..photo-photo.. klik..klik.. pasang muka serius dan cape.. tapi.. bergaya juga donk.. perlu itu… maaf ya bapak dan ibu.. udah digangguin dan makasih udah diijinin buat bergaya…

Akhirnya cape juga photo-photo …eh…narik jala.. dan kepanasan.. sekarang berteduh dan menyeruput kopi sambil nunggu hasil jala ikan.. lama.. baru dech kelihatan jalanya.. tarik-tarik.. sekarang sebagian ada yang bertugas gulungin tali dan jala.. tibalah hasil yang dinantikan… namun… ikan nya ngga seberapa yang banyak sampahnya… hadeuuhhhhh…. miris juga ya.. kotor banget laut pantai pangandaran.. bapak-bapak..ibu-ibu..mas-mas…mbak-mbak..adik-adik..kakak-kakak.. tolong donk jaga kebersihan.. yuk mulai sekarang kita jaga kebersihan lingkungan kita.. biar indah dan kita enak nikmatin wisatanya.. nggak bayar dan ribet kok.. cuma buang sampah di tempatnya aja..

Bapak dan ibu yang narik jala sekarang sibuk untuk memisahkan sampah dan ikan yang didapat.. tidak berapa banyak yang didapat.. tapi lumayanlah.. apalagi ada beberapa pengunjung dan penonton yang langsung membeli ikan yang didapat tanpa ditawar.. kami?? entar aja ach beli ikannya.. masih pagi..masih kenyang.. kalau dibeli terus mau diapain..dimasak?? masih kenyang.. dibawa buat nanti?? bau amis.. jadi ikannya diapain donk??..ya..jadiin pelengkap buat narsis..photo-photo lagi..

Selesai membereskan jala dan ikan.. barulah para bapak dan ibu yang tadi menarik jala sama-sama, menikmati makanan yang telah disiapkan.. diriku..??.. he..he..he.. untung masih kenyang.. jadi masih bisa basa-basi menolak dan mengucapkan terimakasih sewaktu diajak makan sama-sama… baik bener bapak-bapak dan ibu-ibu ini.. udah digangguin eh malah nawarin makan.. silahkan pak..bu.. selamat makan.. sambil mengucapkan terimakasih kami pamit untuk beranjak ke tempat lainnya di pantai Pangandaran..

Jalanan pantai Pangandaran kembali disusuri oleh kami berdua..Python kujalankan pelan.. my lovely wife menempel erat.. kuarahkan Python ke ujung pantai timur… sampai mentok…tok… barulah Python berhenti..

Ujung pantai timur Pangandaran.. memandang laut..cuaca cerah..semilir angin..kulingkarkan tangan ke pinggang wanita yang disebelahku.. sang wanita merapat membalas dekapan.. syuurrr… asyyiikkkkk…..asssoyyyy… birunya laut..birunya langit..sebiru mesra kita.. gemuruh ombak..tidak mampu mengalahkan gemuruhnya cinta kita.. semilir angin..menyegarkan kasih kita… burung yang terbang…. biarin aja..

kok jadi betah disini ya??? namun waktu telah menunjukkan menjelang tengah hari.. kalau berlama-lama disini.. walaupun mesra-mesraan sampai biru..tapi kan kulit jadi gosong..apalagi sekarang gemuruh suara perut mampu menyaingi gemuruh ombak…lapeerr.. kami sepakat untuk beranjak dari pantai timur Pangandaran menuju tempat makan..

Mampir di rumah makan yang menyediakan hidangan ikan laut segar.. dengan semangat kami tunjuk ikan ini..ikan itu.. masak dengan bumbu ini itu… eit.. jangan lupa ada pete nggantung.. rebus!!!!!… selanjutnya… nasi pulen..ikan segar..bumbu nikmat.. sambal mantap.. dan.. pete.. oh..pete dikau emang selalu jadi pelengkap kenikmatan makan diriku… kuenyang….selonjoran dulu ah.. baru bayar.. sebandinglah antara harga dan kenikmatan.. sekarang lanjut ke batu hiu….habis makan.. mesra-mesraan lagi ah…

Menuju ke Batu Hiu..Python digeber santai.. boncenger merapat.. jalan yang berlobang membuat kita harus berkelok-kelok di jalan lurus… lumayan boncenger makin merapat… sesekali di rem mendadak… ciitttt…. boncenger terdorong ke depan.. diriku sich udah siap-siap.. kutahan boncenger yang mendorong tubuhku… dipunggung berasa… sesuatu..lumayan..he..he..he… my lovely wife mencubit mesra.. he..he..he.. lanjut..bremm…brem…

Tiba di Batu Hiu.. situasi tidak begitu ramai.. langsung menuju pantainya.. kelihatan agak bersih.. terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet umum dan mushalla yang menurutku cukup terawat.. lapangan parkir luas serta penataan pedagang menambah kenyamanan pengunjung di Batu Karas ini…

Python sengaja kubawa ke tempat agak jauh dari pengunjung lainnya.. nikmatin pantai yang indah di Batu Karas.. tangan otomatis melingkar kembali ke pinggang my lovely wife.. assyiikk.. my lovely wife membalas dekapan.. Python jadi penahan tubuh kami… biar nggak jatuh karena kami lupa daratan… beberapa burung terbang diatas kami.. biarin aja….

Waktu semakin beranjak siang.. waduh harus ke Batu Karas lagi nich.. ada acara penting yang ingin kuhadiri yaitu sharing session para Nusantarider menceritakan pengalamanan dan ilmu bertualangan mereka..brem..brem.. meninggalkan Batu Hiu menuju Batu Karas…

Dalam perjalanan kembali ke Batu Karas.. mampir dahulu ach ke Grand Canyon.. sebuah tempat wisata sungai menyusuri ngarai.. sebuah tempat wisata yang bagus dan cukup terkenal di wilayah Pangandaran.. namun saat itu sungainya meluap.. karena hujan semalam.. dan dinyatakan tertutup.. ya apa boleh buat.. brem..brem.. lanjut ke Batu Karas…

Sampai di tempat kumpul para Nusantarider.. terlihat keramaian.. beberapa terlihat sedang membereskan bawaan masing-masing.. dan terlihat pada santai.. lho kok nggak ngumpul buat sharing session???.. sewaktu kutanya kepada salah seorang Nusantarider.. dijawab bahwa sharing session sudah selesai karena dimulai pukul sembilan pagi tadi…sekarang acara bebas..nanti sore acara Pangandaranaway akan diakhiri.. waduh.. ketinggalan donk.. wah nggak kebagian ilmu advendure riding dong.. maaf ya om dan tante Nusantarider.. nggak ikut sharing session.. nggak nyimak jadwal acara… dan kebablasan sharing session berdua di Pangandaran dan Batu Hiu… next time harus ikut sharing session Nusantaride…

Ya sudah.. beresin barang juga.. ngobrol sama jagoan dan jagowati Nusantaride.. walaupun baru ketemu..kita langsung akrab… itulah enaknya biker… ketemu langsung akrab.. he..he..he..ditambah diriku yang sok akrab.. cocok dech.. mau akrab beneran ataupun sok akrab.. nggak masalah di kalangan biker termasuk Nusantaride.. sing penting akrab.. so kangenin..

Waktunya bubar jalan.. sebelum bubar.. ada satu kewajiban yang kudu dilakukan oleh para peserta kegiatan apapun yaitu.. photo bersama.. kumpul..kumpul.. photo bareng nich.. lho pada kemana?? ya.. sebagian lagi ngubek ngubek pantai Batu Karas.. namanya juga Nusantaride yang isinya adventure biker.. ada waktu dikit.. pasti nyelusup nyelusup.. ya udah yang ada aja photo bareng.. satu.. dua.. tiga.. klik..klik.. senyum..

Waktu kok bentar banget ya??… udah sore lagi.. baru ngobrol bentar ama temen-temen.. eh harus bubar..buat balik ke tempat masing-masing… ok..see you om dan tante Nusantaride.. sampai jumpa di Nusantaride Event lainnya.. diriku pasti ikut lagi..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: