Tangan Nyali Nantang – Etape 9 Situbondo-Surabaya

30 05 2012

Terbangun dari tidur nyenyak pukul enam pagi.. beresin barang.. keluar kamar langsung disambut oleh bro Deddy dan disampaikan bahwa sarapan pagi telah siap.. waduh semalam perasaan tidak mimpi apa-apa saking lelapnya..tahu-tahu bangun disiapan sarapan..wuih uenaknya… bro Deddy pun menyampaikan bahwa kalau mau ngopi entar dibuatin..langsung kusambut tawaran buat ngopi terlebih dahulu..bangun tidur kuterus ngopi..setelah itu lanjut mandi..baru agenda utama pagi ini dilaksanakan yaitu sarapan pagi yang sudah tersedia… thanks a lot bro Deddy.. thanks a lot Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Situbondo.. di jamu..di beri tempat nginap.. di beri makan.. di siapan kopi.. nikmuat…. Sayangnya diriku harus melanjutkan perjalanan ke Surabaya sesuai dengan jadwal yang telah tersusun..

Setelah sarapan pagi.. disampaikan bahwa sahabat-sahabat Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Situbondo sedang menuju kediaman bro Deddy untuk ngumpul dan ngobrol bareng..ya udah ditunggu.. toch diriku pun senang bisa ketemu dan ngobrol dengan mereka.. teringat obrolan semalam yang penuh canda tawa.. walaupun sering kali diriku hanya ikut senyum aja sewaktu mereka berbicara bahasa Jawa dan ketawa..maklum walaupun punya darah keturunan Surabaya.. diriku dilahirkan dan dibesarkan di tatar Sunda..jadi banyak yang nggak ngerti bahasa Jawa.. diriku beberapa kali minta agar jangan pakai bahasa lokal..ora mudeng mas-mas bro..

Satu per satu sahabat HMPCI Chapter Situbondo berdatangan.. kembali obrolan seru penuh guyon terjalin..waktu tak terasa berlalu cepat..matahari sudah meninggi.. akhirnya diriku minta ijin untuk pamit karena harus ke Surabaya hari itu juga.. setelah puas ngobrol..kami berphoto bareng.. selanjutnya beriringan menuju perbatasan kota Situbondo

Mampir terlebih dahulu ke toko aksesoris motor untuk membeli tutup hidung karena saputangan dan penutup hidung semuanya kotor diterpa debu dan hujan dalam perjalanan sebelumnya..eh ternyata dibeliin..thanks again mas mas bro…

Perjalanan kembali dilanjutkan..kali ini pimpinan rombongan membelokkan rombongan ke satu pom bensin.. diriku menyangka ada beberapa sahabat dari Situbondo ini yang hendak mengisi bahan bakar..ternyata benar.. sedangkan diriku menunggu karena melihat indikator menunjukkan lebih dari setengah..eh ternyata diriku diminta untuk mengisi bahan bakar juga..ya udah nggak apa-apa untuk jaga-jaga kalau tidak ketemu pom bensin alangkah baiknya dipenuhin dari sekarang.. eh..eh..eh.. ternyata sewaktu mau bayarin bensin yang tertuang dalam tangki bahan bakar Python.. sahabat dari Honda Mega Pro Indonesia Chapter Situbondo melarang dan langsung membayar ganti rugi bensin yang pindah tempat ke tangki bahan bakar Python sebesar 30 ribu rupiah… wuis.. Situbondo kok lengkap amat ya jamuannya.. barangkali ada hubungannya dengan mimpi semalam yaitu tidak mimpi apa-apa.. tahu tahu dikagetin dengan penerimaan dan jamuan yang yahud dari sahabat HMPCI Chapter Situbondo..

Perjalanan kembali dilanjutkan.. menjelang memasuki daerah Pasir Putih.. akhirnya diriku dilepas oleh sahabat-sahabat Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Situbondo.. salam biker sebagai tanda pamit dan melepas diriku melanjutkan perjalanan..brem..brem..knalpot Python bunyi..toet..toet.. klakson Python berbunyi..kami berpisah.. terimakasih buanyak Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Situbondo atas penerimaan dan jamuan yang huebat kepada diriku selama di Situbondo..salah satu pemberhentian yang paling mengesankan selama perjalanan..

Setelah dilepas dari Situbondo menjelang pukul dua belas siang..langsung kugeber Python dijalan yang mulus dan sepi..tidak berapa lama jalan menyusuri pantai..berhenti untuk menikmati pemandangan yang ternyata daerah tersebut adalah Pantai Pasir Putih Panarukan..

Perjalanan kembali diteruskan..jalanan mulus..sepi..menggoda diriku untuk kembali menggeber Python..namun tetap angka digital di spedometer Python kujaga agar tidak menjadi 3 angka atau melebihi seratus kilometer per jam..selepas panarukan memasuki wilayah Besuki ada sedikit kemacetan karena ada perbaikan jembatan..di Besuki mampir di sebuah minimarket untuk shortbreak dan melaporkan posisi ke Honda Mega Pro Club Chapter Tangerang yang terus memonitor perjalanan diriku..mendapat informasi bahwa Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Sidoarjo telah dihubungi dan siap menerima diriku sebelum ke Surabaya..diberikan pula nomor yang bisa dihubungi di Sidoarjo..langsung hubungi sahabat HMPCI Chapter Sidoarjo dan dibalas dengan ajakan untuk mampir terlebih dahulu di Sidoarjo..kebetulan juga di Sidoarjo sedang ada Bro Bagong dan Bro Eko dari Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Tangerang yang sedang dikondisikan di Sidoarjo setelah perjalanan dari Sape Bima Nusa Tenggara Barat…diriku mengiyakan untuk mampir di Sidoarjo dan mengucapkan terimakasih atas ajakannya…

Kembali Python kugeber meninggalkan wilayah Besuki menuju Paiton..dimana berlokasi PLTU atau Pembangkit Listri Tenaga Uap dengan mempergunakan bahan bakar batubara.. PLTU Paiton terkenal sebagai salah satu penyuplai energi listrik untuk Jawa-Bali-Madura

Jalanan menuju Paiton sungguh nikmat..jalanan mulus..berkelok..serta pemandangan indah dengan pantai di sebelah kanan..sungguh nikmat dilibas pada hari yang cerah..tidak lama kemudian sampailah di depan kompleks PLTU Paiton.. berhenti sejenak untuk mengambil gambar..diriku penasaran untuk memasuki komplek PLTU..akhirnya kuarahkan Python untuk memasuki areal PLTU..melewati kompleks perumahan dan beberapa gedung..tiba di pintu gerbang pembangkit listrik..diberhentikan oleh petugas keamanan di pintu tersebut dan menanyakan maksud dan tujuan diriku.. diriku sampaikan bahwa hanya ingin mengetahui dan melihat PLTU Paiton lebih dekat lagi..sekaligus menanyakan apakah boleh masuk ke areal dalam PLTU..(he..he..he..namanya usaha..kali aja diijinkan..) ternyata diriku tidak diperbolehkan masuk lebih dalam lagi.. ya udah diriku cukup puas sampai pintu masuk areal produksi PLTU..minta tolong petugas keamanan untuk mengambil gambar diriku..bergaya di depan PLTU..terimakasih pak atas kesediaannya untuk mengambil gambar diriku.. Python kembali melanjutkan perjalanan ke Surabaya…

Perjalanan dilanjutkan menuju Surabaya .. perjalanan melalui kota Probolinggo lanjut ke Pasuruan dan mampir di Honda Mega Pro Club Chapter Sidoarjo..memasuki kota Probolinggo jalanan agak padat..istirahat sebentar selepas kota Probolinggo..lanjut ke Pasuruan..namun ternyata hujan mulai turun..raincoat kukenakan..memasuki kota Pasuruan kulihat beberapa spanduk bergambar tengkorak..kubaca lebih cermat tertulis bahwa diriku memasuki jalur tengkorak..waduh apa pula ini..menyeramkan..kuperhatikan jalanan ditempat tersebut berupa jalur lurus dilanjut dengan belokan dengan jalanan lebar..baru di aspal hotmix belum ada garis pembatas jalur..beberapa kali diriku berpapasan dengan bis yang melaju kencang menyalip truk dan angkutan umum..mungkin ini yang disebut dengan jalur tengkorak..kemungkinan banyak terjadi kecelakaan di daerah ini sehingga Polres setempat memasang spanduk dengan gambar tengkorak untuk mengingatkan pengendara yang melintas untuk berhati-hati..diriku menjalankan Python dengan hati-hati di jalanan ini selain beberapa bis yang melaju kencang juga pada saat itu hujan sedang turun..waktu menunjukkan pukul empat sore..

Selepas melewati jalur tengkorak..ternyata Python harus melalui jalanan yang sedang diperbaiki di daerah Ngopak..gundukan batu aspal dipinggir jalan dan jalan berlobang menyebabkan arus lalulintas tersendat..

Perjalanan dilanjutkan ke daerah Gempol menuju Sidoarjo, menuju Sidoarjo ternyata harus melewati jalanan macet…karena kepadatan kendaraan..pukul lima sore barulah diriku sampai di alun-alun kota Sidoarjo..berhenti sejenak dan mencoba kontak sahabat Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Sidoarjo bahwa diriku telah tiba di Sidoarjo..disuruh tunggu karena akan ada yang menjemput..

Akhirnya ada yang menjemput..bro Yuda dari HMPCI Chapter Sidoarjo..diarahkan terlebih dahulu kerumahnya..istirahat dan ngopi..tidak lupa sholat maghrib di mesjid dekat rumahnya.. setelah itu baru menuju kediaman Bro Boncol sahabat dari Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Sidoarjo..dimana bro Bagong dan Bro Eko sedang menunggu diriku.. pukul tujuh malam lewat kami berangkat.. berhenti sebentar di sebuah pom bensin untuk menunggu sahabat-sahabat dari HMPCI Chapter Sidoarjo lainnya yang akan berangkat bareng..akhirnya kami dengan empat sepeda motor berangkat menuju kediaman Bro Boncol Sidoarjo..

Setiba di kediaman Bro Boncol Sidoarjo ternyata telah berkumpul sahabat-sahabat dari Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Sidoarjo dan Bro Bagong serta Bro Eko..kecerian langsung terjalin..kembali diriku dijamu dengan makan malam..dibarengi senda gurau..tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul sebelas malam..diriku pamit untuk ke Jambangan Surabaya dimana keluarga adik sepupu tinggal..diriku pamit walaupun sahabat-sahabat HMPCI Chapter Sidoarjo mencoba menahan..namun kusampaikan bahwa diriku khawatir terlalu malam sampai di Surabaya dan harus terus melanjutkan perjalanan sesuai rencana karena cuti yang terbatas..walaupun diriku ingin berkumpul lebih lama dengan para sahabat dari Honda Mega Pro Club Indonesia..

Diantar oleh sahabat HMPCI Chapter Sidoarjo..pukul setengah satu pagi akhirnya sampailah di rumah adik sepupu di daerah Jambangan Surabaya..kuketuk pintu dan langsung dibuka..karena sebelumnya adik sepupu sudah kukhabarkan diriku akan mampir dan menginap dirumahnya..

Kuucapkan terimakasih kepada Honda Mega Pro Club Indonesia Chapter Sidoarjo yang telah menerima dan menjamu diriku serta candaan dan goyonan yang tidak mungkin kulupakan..yang kudapat selama di Sidoarjo..

Masukin Python kedalam rumah..buka helm..sepatu..jaket..turunin barang..ngopi..makan..ngobrol sebentar..setelah itu langsung ke kamar tidur yang telah disiapkan..zzzz.zzzz.zzzzz..tidur..besok melintas jembatan Suramadu untuk berkeliling pulau Madura..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: