Tangan Nyali Nantang – Etape 2 Bandung-Jogjakarta

17 01 2012

                                       

Setelah menembus hujan dan kemacetan selama perjalanan Tangerang-Bandung ditutupi selimut tebal dan perut kenyang membuatku tertidur cepat di rumah kakak di Pasirkoja Bandung.. tahapan perjalanan selanjutnya adalah Jogjakarta..


Rencana untuk menghadiri kopdar Honda Mega Pro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Bandung yang menurut hasil informasi yang kuperoleh dilaksanakan tiap malam minggu di daerah Dago terpaksa dibatalkan karena keterlambatan tiba di Bandung dan harus berangkat kembali ke Jogjakarta pukul 02 pagi, waktu yang tersisa kupergunakan untuk beristirahat agar badan fit untuk perjalanan selanjutnya serta dapat kembali ke jadwal perjalanan yang telah tersusun

Pukul 12 malam lewat diriku terbangun.. perlengkapan dan perbekalan yang tadi sudah diturunkan kembali ditata pada Python.. ditemani dan dibantu oleh kakak tertua yang sepertinya tidak kaget lagi karena rencana perjalanan ke Lombok ini telah diketahui sebelumnya ..

Pukul 1 pagi, sewaktu persiapan akhir untuk memulai perjalanan… diriku menerima panggilan telpon dari Bro Dewa yang saat itu masih menjabat Waketchap HMPCI Chapter Tangerang (pada saat tulisan ini dipublish telah menjadi Ketua Chapter HMPCI Tangerang… Selamat Bro Dewa atas terpilihnya menjadi Ketchap HMPCI Chapter Tangerang periode 2012-2014)… Bro Dewa menanyakan kepastian berita SMS yang tadi siang kukirimkan… Bro Dewa menanyakan rute yang hendak ditempuh.. kusampaikan bahwa diriku saat ini sedang di Bandung dan akan berangkat menuju Jogjakarta.. diriku pun menyampaikan rencana rute dan kota-kota yang akan disinggahi.. Bro Dewa menyampaikan bahwa akan dikomunikasikan ke Club MegaPro di Jogjakarta serta kota-kota yang akan disinggahi.. wow.. diriku kaget mendapatkan berita tersebut ternyata HMPCI Chapter Tangerang memberikan response positif terhadap SMS yang kukirimkan tadi siang.. Bro Dewa pun menyampaikan bahwa Honda MegaPro Club Indonesia (HMPCI) yang ada di setiap kota siap menyambut dan mengkondisikan diriku (membuat diriku fit sebelum perjalanan selanjutnya) … diriku kaget dan senang tidak menyangka mendapatkan perhatian walaupun diriku belum menjadi member Honda MegaPro Club Indonesia Chapter Tangerang… wuih senangnya karena salah satu tujuan perjalanan ini yaitu menambah pertemanan dapat terwujud serta yang penting diriku tenang kalau ada apa-apa dalam perjalanan karena bakal ada yang membantu selama perjalanan… terutama kalau Python mengalami masalah.. terus terang kekhawatiran diriku yang utama adalah kalau Python bermasalahan.. karena diriku tidak tahu sama sekali masalah mesin ataupun yang berkaitan dengan service dan perbaikan sepeda motor… Python jangan rewel ya…

.. Perjalanan dimulai dari Bandung dimulai pukul 01.30 pagi.. kulihat indikator bahan bakar sudah hampir setengahnya… mampir dahulu ke pom bensin.. Python kuberi tambahan bahan bakar.. 90 ribu rupiah kurogoh dari dompet untuk membayar pertamax biru yang kumasukkan kedalam tangki bahan bakar Python..

Perjalanan kulalui melalui jalan Bypass Soekarno-Hatta yang pada saat itu jalanan sepi dan lancar..cuaca pun kelihatannya mendukung.. hanya jalan agak basah bekas hujan sebelumnya..Perjalanan lancar sepanjang jalan Soekarno-Hatta-Cileunyi-Cicalengka..hingga Nagrek..

Python kujalankan pelan di daerah Nagrek yang terkenal dengan tanjakan – turunan serta belokan curam.. beberapa kali Python harus menepi dan berhenti karena bis malam dari arah berlawanan mengambil seluruh badan jalan sewaktu mencoba menyalip kendaraan di depannya.. berhenti sejenak untuk menenangkan diri sekaligus berphoto..

Perjalanan kembali diteruskan ke daerah Malangbong.. jalanan sepi namun hampir semua kendaraan terutama kendaraan pribadi dan bis malam dipacu kencang… perlu kehati-hatian melewati daerah Malangbong ini terutama pada saat malam dan hujan seperti yang kualami.. karena tikungan yang tajam serta beberapa kali bis malam seolah-olah mengacuhkan kendaraan didepannya pada saat menyalip kendaraan.. beberapa kali terpaksa Python harus berhenti di bahu jalan untuk memberikan jalan bagi bis yang hendak menyalip dari arah berlawanan.. berhenti sejenak di pom bensin daerah Malangbong sekedar menghangatkan badan setelah menembus dinginnya udara malam…

.. Memasuki daerah Tanjungsari Tasikmalaya jalanaan agak sedikit rusak terutama pada saat hendak melintas rel kereta api.. selanjutnya jalanan lancar.. mengambil jalan fly over menuju Banjar menjelang pagi.. Python kuarahkan ke pom bensin pertama memasuki kota Ciamis untuk break sekaligus shalat subuh… udara dingin terasa menerpa..

.. Perjalanan dilanjutkan memasuki kota Ciamis menuju Banjar.. jalanan kering..lancar..mulus disertai dengan kelokan yang menurutku enak dilalui.. Diriku menikmati perjalanan ini..jalan mulus..sepi..udara segar..belokan nikmat untuk menikung.. membuat kenikmatan tersendiri menyusur jalanan Banjar-Ciamis.. pagi memasuki kota Ciamis.. Diriku harus lebih berhati-hati walaupun kendaraan jarang namun terlihat banyak penduduk yang melaksanakan olah raga pagi..

Jalan yang sepi..mulus..Python enak dikendarai..membuat perjalanan pagi ini sangat nikmat.. selepas kota Banjar terlihat tugu tanda batas provinsi Jawa Barat.. Python kupinggirkan untuk berphoto-photo di tugu perbatasan ini.. setelah photo-photo kulanjutkan perjalanan.. namun tidak berapa lama terlihat lagi tugu perbatasan kali ini adalah gerbang memasuki provinsi Jawa Tengah…kembali photo-photo di tugu tanda memasuki wilayah Jawa Tengah

Waktu sudah menunjukkan lewat pukul 7 pagi ketika Python kembali kukendarai menuju Kebumen.. pas waktunya untuk sarapan… kususuri jalanan dengan santai untuk mencari warung yang cocok untuk sarapan.. namun ternyata agak sulit juga untuk menentukan warung atau restoran yang cocok.. beberapa warung dan restoran yang menurutku cocok untuk sarapan kulewati karena terlihat belum buka atau sajian yang belum tertata.. akhirnya kudapatkan warung makan yang cocok di daerah Majenang.. kutanyakan ada menu apakah.. dijawab bahwa banyak yang dapat dipesan dan baru selesai dimasak.. asyik fresh from kompor nich.. akhirnya kupesan bebek goreng dan sayur asem.. cocok untuk sarapan sepertinya.. makan sendiri di meja makan dengan nasi mengepul di bakul.. bebek goreng yang baru diangkat … sayur asem yang masih panas.. lalapan dan sambal.. minumnya sebotol P****I S**t yang kubawa dan secangkir kopi susu panas.. hmm nikmatnya…kepuasan sarapan bertambah setelah kutanyakan berapa harganya.. lima belas ribu untuk semuanya.. cukup murah menurutku.. berleha-leha dulu setelah sarapan.. lanjut perjalanan menuju Wangon dan Kebumen..

Perjalanan lancar dari Majenang.. namun memasuki kota Kebumen cuaca mulai mendung…jalan tersendat karena kemacetan yang disebabkan adanya perbaikan jembatan… Python mengikuti sepeda motor lainnya disisi jalan agar terbebas dari kemacetan.. tiba-tiba hujan turun dengan deras.. kukenakan kembali raincoat namun hujan deras terus mengguyur lebat.. terasa baju dan celana basah menandakan raincoat yang kukenakan tidak mampu menahan air hujan sehingga tembus ke baju dan celana.. kaoskaki dan sepatu sich pasti kuyub karena tanpa penghalang… untuk sekedar mengurangi dinginnya badan beberapa kali ku berhenti di minimart.. beberapa kali ada SMS masuk Honda MegaPro Club Chapter Tangerang menanyakan posisi terakhir.. terutama dari Bro Fahri sebagai Kadiv Touring menanyakan posisi dan menyampaikan bahwa perjalanan diriku terus dimonitor dan telah disampaikan ke klub motor MegaPro di kota-kota yang hendak kulalui..Python kukendarai sekedar memperpendek jarak tempuh.. pukul satu siang lebih..menemui sebuah mesjid akhirnya Python kuarahkan ke parkiran mesjid tersebut.. kebetulan pas waktu sholat dhuhur.. salin baju dan celana di toilet mesjid.. ambil wudhu.. sholat dzuhur.. rapihkan bawaan di Python.. tunggu hujan reda.. namun tidak reda.. wah gawat perjalanan bisa tertunda nich.. ya sudah makan siang aja dulu.. mampir ke warung makan di depan mesjid..kupesan gulai bebek dan secangkir kopi susu… hm nikmat.. entahlah apa karena lapar..kedinginan.. atau memang porsi yang nggak cukup.. yang jelas minta nambah satu porsi.. kembali lima belas ribu sebagai imbalan kenikmatan selama kurang lebih 1 jam untuk makan siang ini..

Kembali ke mesjid untuk berteduh menunggu hujan reda.. tiba-tiba telepon gengam berbunyi menandakan ada SMS masuk.. kulihat yang masuk dari nomor yang tidak dikenal. Kubuka pesan yang masuk ternyata dari rekan-rekan klub Jogja Mega Pro Club (JMPC) yang menanyakan posisi diriku dan menyampaikan bahwa mereka telah siap menerima diriku… wow keren.. ada yang mau jemput di Jogja.. dan akan mengkondisikan diriku.. berarti diriku nggak usah pusing lagi memikirkan tempat istiraharat .. tempat istirahat di Jogjakarta saat itu menjadi pikiranku karena rencana semula untuk berkemah di daerah wisata Kaliurang Jogjakarta tidak mungkin terlaksana karena perkiraan diriku akan masuk Jogjakarta malam hari berdasarkan jarak ke Jogja dan kondisi hujan deras.. sedangkan berharap untuk mendapatkan tempat penginapan ataupun hotel sepertinya sulit karena liburan natal sabtu minggu ini.. pasti pada penuh.. teringat diriku saat berwisata ke Jogjakarta bersama keluarga pada saat liburan tanpa reservasi penginapan sebelumnya… betapa susah mencari penginapan di Jogjakarta ini.. dari yang murah hingga hotel berbintang yang paling mahal.. sebelum berita dari teman-teman Jogja Mega Pro Club sebenarnya kurencanakan untuk bermalam di pelataran toko atau pom bensin mempergunakan sleeping bag yang kubawa.. ternyata permasalahan tempat menginap di Jogjakarta telah terpecahkan.. berita SMS dari JMPC ini pasti berkaitan dengan berita dari Bro Dewa dan Bro Fahri yang menyatakan bahwa perjalanan diriku telah diberitahukan ke klub-lub motor di kota yang akan kusinggahi.. terimakasih kepada Honda MegaPro Club Indonesia (HMPCI) Chapter Tangerang yang telah menghubungi Jogja MegaPro Club (JMPC) dan terimakasih kepada JMPC atas info dan kesediaan menerima diriku selama di Jogjakarta..

Satu masalah telah terpecahkan… tinggal menunggu hujan reda untuk melanjutkan perjalanan..rebahan dulu di bagian luar mesjid.. karena pakaian dan jaket kering yang kukenakan setelah berganti pakaian.. makan siang gulai bebek..secangkir kopi susu panas.. berita menggembirakan dari HMPCI Chapter Tangerang dan JMPC tidak terasa diriku terlelap..sekitar satu jam diriku terbangun oleh adzan sholat ashar.. bangun ambil wudhu.. sholat ashar.. hujan masih lebat.. terpaksa kutembus agar tidak larut malam tiba di Jogja.. nggak enak juga sama teman-teman JMPC yang sudah menunggu kedatanganku..

Ternyata hujan tidak reda juga.. baju dan celana serta kaoskaki kembali kuyub… mampir di pom bensin daerah Prembun untuk lepas kaoskaki dan ganti sepatu dengan sandal gunung yang kubawa karena saking basahnya alas kaki..

Maghrib memasuki daerah Banyuurip… istirahat di pom bensin sekaligus sholat maghrib.. hujan sedikit reda.. lanjut ke Jogjakarta.. jalanan gelap disertai hujan kembali deras dan air hujan yang menempel di kacamata membuat pandangan terganggu akibatnya diriku menjalankan Python perlahan..

Pukul tujuh lewat sampailah di Sentolo Jogjakarta hujan telah reda… break di sebuah minimart.. kontak dengan teman-teman Jogja Mega Pro Club (JMPC).. bro Imam JMPC ternyata sudah menunggu di pom bensin Ambarketawang Jogjakarta.. langsung meluncur ke tempat penjemputan.. bro Imam JMPC dengan megapronya ternyata telah menunggu diriku… setelah berkenalan ditanyakan apakah mau istirahat atau ngopi dulu.. kujawab ngopi dulu.. dikawal oleh bro Imam JMPC langsung menuju tempat nongkrong dekat jalan Malioboro untuk menikmati Kopi Joss khas Jogjakarta.. tidak berapa lama berdatangan rekan-rekan JMPC untuk bergabung… setelah ngopi diriku dibawa ke tempat kost bro Imam JMPC di daerah Bantul untuk mandi..makan..ngobrol…tidur…. wuih enaknya punya teman…terimakasih Jogja Mega Pro Club (JMPC) yang telah menjamu diriku yang kedinginan dan kelelahan selama perjalanan.. terimakasih HMPCI Chapter Tangerang yang telah membantu sehingga diriku mendapatkan pelayanan yang istimewa setibanya di Jogjakarta… istirahat.. siap-siap untuk ke Kaliurang ketempat kerabat.. langsung Ponorogo melalui Tawangmangu..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: