Tersengat Tagihan Listrik PLN

16 11 2011

                                       

Menjelang sore selagi serius menyelesaikan pekerjaan dikantor, diriku ditelpon oleh salah satu bank dimana diriku membuka rekening dan melakukan pembayaran auto debet untuk beberapa tagihan bulanan..pihak bank menyampaikan bahwa saldo rekening atas nama diriku kurang mencukupi untuk dilakukan auto debet terhadap satu tagihan..lho kok bisa? Padahal my lovely wife sebagai bendahara rumah yang handal telah mengalokasikan dana ke rekening sesuai dengan perhitungan kebutuhan… dan selalu benar bahkan my lovely wife selalu melebihkan pengisian saldo rekening dengan alasan biar lebih aman dan sekaligus menabung

Mendapat berita bahwa saldo rekening kurang.. tentu mengagetkan diriku wah pasti my lovely wife salah hitung nich atau kelupaan tambah saldo rekening di bank tersebut…kepada pihak bank kutanyakan bagaimana solusinya sedangkan sore ini teller bank sudah tutup untuk transfer uang dan transfer secara online bank tersebut tidak ada kerjasama dengan bank lainnya dimana diriku membuka rekening dan mempunyai kartu ATM..pihak bank menyampaikan bahwa penambahan saldo rekening dapat dilakukan esok hari agar masih dapat dilakukan auto debet oleh pihak bank..diriku setuju dengan solusi yang dikemukakan oleh pihak bank..setelah itu langsung informasikan kepada my lovely wife mengenai berita dari bank tersebut dan menyampaikan bahwa besok harus isi saldo rekening bank tersebut..jawaban pertama kali my lovely wife sama dengan diriku yaitu lho kok bisa..?

Setiba di rumah dari tempat kerja, sehabis istirahat, ngopi dan shalat maghrib, kami mulai berdiskusi mengapa bisa terjadi kekurangan saldo, pertanyaan pertama diriku adalah apakah my lovely wife lupa transfer ke bank tersebut..dijawab oleh my lovely wife bahwa semua pendapatan bulan terakhir telah dibagi-bagi alokasinya dan telah diperkirakan kebutuhannya bahkan my lovely wife ngasih bukti hitung-hitungannya dan bukti transfernya..

So what donk ?? apakah ada pengeluaran extra?? Diingat-ingat tidak ada pengeluaran berlebihan bulan lalu bahkan ada sedikit tambahan rejeki…kami tetap tidak tahu apa penyebabnya..

Akhirnya my lovely wife mengusulkan agar pergi ke ATM dan melihat transaksi yang sudah dilakukan….diriku setuju dan kamipun berangkat ke ATM untuk mencetak transaksi yang telah dilakukan..hasil transaksi tercetak..kami kaget ada satu transaksi yang dirasakan aneh kok ada pengeluaran yang tidak seperti biasanya dan jumlahnya lumayan besar bagi kami..

Istriku kembali mengusulkan agar menanyakan transaksi aneh tersebut kepada pihak bank melalui telephon..ok setiba dirumah kuhubungi nomor pelayanan pelanggan bank tersebut dan menanyakan transaksi yang dimaksud…ternyata transaksi tersebut adalah pembayaran autodebet untuk tagihan listrik PLN..

Penjelasan tersebut memang menjelaskan pengeluaran namun kami kembali bertanya-tanya kok tagihan listrik PLN sangat besar dan jumlahnya lebih dari dua kali lipat dari pemakaian biasanya pantas saldo rekening di bank tersebut kurang karena istriku tidak memperhitungkan tagihan listrik PLN sebesar itu..

Kami mulai menduga ada kegiatan apa yang menyebabkan tagihan listrik PLN sebegitu besarnya..diingat-ingat tidak ada yang luar biasa bahkan kami memperkirakan tagihan listrik bulan ini akan berkurang karena banyaknya acara keluarga diluar rumah sehingga mengurangi pemakaian listrik dan ada beberapa peralatan yang jarang dipergunakan

Kami penasaran terhadap tagihan listrik ini, dicari tagihan listrik yang biasanya dikirim ternyata belum ada, akhirnya kuputuskan untuk mencari di internet barangkali dapat diketahui tagihan listrik melalui website PLN..ternyata ada rincian tagiha PLN untuk bulan terakhir..dan ternyata benar jumlah tagihannya sesuai dengan autodebet….

Rasa penasaran masih menyelimuti..akhirnya diputuskan untuk memeriksa kebenaran data yang ada di tagihan dengan angka di meteran listrik..ternyata angka yang tertera di meteran berbeda dengan yang ditagihkan..yang ditagihkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka yang ada di meteran listrik..meteran mencatat hingga pemakaian tanggal 8 November 2011 sebanyak 97.299 kwh sedangkan tagihan PLN yang menurut petugas customer service dicatat pada tanggal 20 Oktober 2011 sebesar 97.799 kwh berarti ada kelebihan pencatatan tagihan sebanyak 500 kwh..mungkin kalau dibandingkan dengan angka di meteran pada tanggal 20 Oktober 2011 kelebihan tagihan ini makin besar..

Langsung menghubungi customer service 24 jam PLN, dan mengadukan permasalahan tersebut..keluhan ditampung dan diberi nomor pengaduan serta akan diteruskan ke kantor PLN terdekat dengan alamat rumah untuk ditindak lanjuti..sedangkan kalau ada kelebihan tagihan akan dikompensasikan pada tagihan bulan selanjutnya..diakhir pembicaraan disampaikan bahwa kemungkinan ada petugas PLN yang akan memeriksa pengaduan kami dan dipesankan bahwa demi integritas dan profesionalisme PLN jangan memberikan tip kepada petugas PLN…wuih PLN hebat dengan pesan tersebut….namun…mengapa ya untuk pencatatan tagihan listrik masih perlu diingatkan lagi bahwa dalam pencatatan meteran listrik pun perlu integritas dan profesionalisme..jangan sampai bikin kaget karena kurangnya integritas dan profesionalisme dari PLN dan membuat pelanggan was was apa betul nggak ya tagihan PLN kali ini..

Pokok permasalahan sudah diketahui..solusi sudah didapat..istriku kembali harus menghitung alokasi kebutuhan karena kelebihan bayar PLN ini tentu berakibat pada kesediaan dana buat kebutuhan rumah tangga kami yang lain..

Untung my lovely wife adalah bendahara yang handal, perubahan rencana anggaran rumah tangga cepat disesuaikan.. berbeda banget dengan diriku..ngitung-ngitung jumlah kebutuhan bulanan? waduh pussiiiingg…alokasi dana bulanan? ampuunn.. disiplin pengeluaran?? Preettt..bablas…

Berbahagialah diriku karena mempunyai istri yang cantik dan dapat mengatur dana keluarga..namun my lovely wife..tolong alokasi dana jangan lupa disisihkan pula buat touring sama modifikasi Python our meggy ya…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: