Anak-anakku Naik Tingkat

19 10 2011

                                       

Beladiri Taekwondo telah menjadi pilihan olahraga anak-anak kami, memulai latihan semenjak bulan Oktober 2010 dan berpindah klub tempat latihan, saat ini anak-anak kami telah mencapai tingkatan sabuk kuning.

Tanggal 16 Oktober 2011, klub tempat latihan Taekwondo anak-anak mengadakan ujian kenaikan tingkat bagi seluruh anggotanya dari berbagai cabang tempat latihan…jadi ujian kenaikan tingkat kali ini diikuti banyak peserta latihan..lebih banyak dari latihan biasa.

Sekilas mengenai Taekwondo dan tingkatannya dari berbagai sumber hasil browsing internet

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olahraga bela diri asal Korea yang juga populer di Indonesia, olah raga ini juga merupakan olahraga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade. Taekwondo di Indonesia semakin populer sejak dipromosikan secara besar-besaran oleh Saseong Nim Daxon Joetandi (Dan VII Kukkiwon), seorang bankir profesional yang terkenal sebagai pemegang sabuk hitam termuda di Indonesia sejak berumur 7 tahun.
Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki”; Kwon berarti “tinju”; dan Do berarti “jalan” atau “seni”. Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”.

Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Meskipun ada banyak perbedaan doktriner dan teknik di antara berbagai organisasi taekwondo, seni ini pada umumnya menekankan tendangan yang dilakukan dari suatu sikap bergerak, dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk melumpuhlan lawan dari kejauhan. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak dan samping adalah yang paling banyak dipergunakan; tendangan yang dilakukan mencakup tendangan melompat, berputar, skip dan menjatuhkan, seringkali dalam bentuk kombinasi beberapa tendangan. Latihan taekwondo juga mencakup suatu sistem yang menyeluruh dari pukulan dan pertahanan dengan tangan, tetapi pada umumnya tidak menekankan grappling (pergulatan)

TINGKATAN DALAM TAEKWONDO

Seperti pada cabang beladiri umumnya tingkatan taekwondo juga ditandai dengan “SABUK” ukurannya P = 275, L = 4. Dengan melihat warna sabuk seseorang Taekwondoin bisa diketahui tingkatannya.

Tingkatan Warna Sabuk
Geup 10 Sabuk Putih
Geup 9 Sabuk Kuning
Geup 8 Sabuk Kuning Strip Hijau
Geup 7 Sabuk Hijau
Geup 6 Sabuk Hijau Strip Biru
Geup 5 Sabuk Biru
Geup 4 Sabuk Biru Strip Merah
Geup 3 Sabuk Merah
Geup 2 Sabuk Merah Strip hitam 1
Geup 1 Sabuk Merah Strip hitam 2
DAN 1-9 Sabuk Hitam

ARTI WARNA SABUK

Tiap warna sabuk TAEKWONDO mempunyai arti. Menurut sejarahnya, warna-warna ini mempunyai arti tingkatan HIRARKI. Dinasti Silla di Korea-lah yang memperkenalkan arti warna-warna itu, yakni:

Putih :
Lambang kepolosan/ketidaktahuan. warna yang di sandang taekwondoin baru. Laksana bayi, Anggota baru tidak mempunyai pengetahuan tentang TAEKWONDO.

Kuning :
Lambang bumi.Bumi adalah tempat tanaman memasukan akar-akarnya. Pada tingkat ini, dasar-dasar filosofi TAEKWONDO mulai ditanamkan.

Hijau :
Lambang tanaman hijau. pada tahap ini, diharapkan kemampuan TAEKWONDOIN mulai berkembang.

Biru
Lambang langit. Langit yang di atas merupakan arah tumbuhan tumbuh. Pada tahap ini, TAEKWONDOIN mulai dibentuk untuk lebih mapan dan tangguh.

Merah
Lambang bahaya. Merupakan tahap untuk meningkatkan kontrol diri TAEKWONDOIN. Diharapkan TAEKWONDOIN sudah menguasai ilmunya. Dengan baik untuk mengalahkan lawan.

Hitam
Lambang kebalikan warna putih. Lambang kedewasaan dan keahlian TAEKWONDO. Dapat juga berarti keberanian sempurna TAEKWONDO yang sudah mencapai tahap ini bisa dianggap pakarnya TAEKWONDO

Ujian kenaikan tingkat kali ini yang dilakukan oleh Klub Geintara Total Tangerang dimana anak-anaku berlatih juga dijadikan ajang penyaringan anggota klub untuk diterjunkan pada pertandingan terbuka untuk wilayah se Kabupaten Tangerang

Anak-anak tidak sabar untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat ini, apalagi bagi anakku yang kedua..sebab sabeum (pelatih) Taekwondo nya pernah menyampaikan bahwa anakku menjadi salah satu murid yang dicalonkan untuk mengikuti pertandingan tersebut.

Ujian kenaikan tingkat dimulai pukul 9 pagi dengan pengarahan dari para sabeum dan dilakukan pemanasan.

Ujian kenaikan tingkat dimulai dari tingkatan sabuk terendah yaitu sabuk putih hingga sabuk biru..sedangkan kenaikan tingkat untuk pemegang sabuk merah dilakukan pada ajang kenaikan tingkat yang khusus

Anak-anakku sekarang memegang sabuk kuning polos dan akan mengikuti ujian untuk mendapatkan sabuk kuning strip hijau atau naik tingkat dari Geup 9 menjadi Geup 8 dalam istilah Taekwondo

Dalam ujian kali ini diujikan mengenai pemahaman istilah Taekwondo dalam setiap gerakan pukulan, tendangan dan tangkisan setelah itu mempraktekan istilah-istilah tersebut..ujian terakhir adalah menguji peserta terhadap rangkaian jurus atau rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri yang telah diajarkan untuk setiap tingkatan sabuk

Setelah selesai sesi ujian kenaikan tingkat bagi seluruh murid, maka kegiatan selanjutnya adalah ajang pemilihan murid yang akan diturunkan pada pertandingan kejuaraan se Kabupaten Tangerang yang akan dilaksanakan akhir bulan November..Pada kegiatan ini diberikan pula pengarahan situasi yang akan dihadapi pada saat pertandingan terutama bagi calon peserta pertandingan pemula seperti anakku..setelah simulasi pertandingan maka diberikan pengarahan bagaimana menyerang dan bertahan yang benar dalam pertandingan

Kegiatan ujian akan selesai hingga sore hari..namun karena kami mempunyai acara keluarga lainnya..kami mohon ijin kepada sabeum tidak dapat mengikuti kegitan hingga selesai..Sabeum anak-anakku memberi ijin dan menyampaikan bahwa anak-anakku berhasil dalam ujian kenaikan tingkat dan berhak untuk mengenakan sabuk kuning strip hijau..selain itu anakku yang kedua ternyata terpilih untuk diturunkan pada pertandingan pertarungan nanti pada kelas pemula dibawah 27 Kilogram..sedangkan anakku yang pertama akan diarahkan untuk pertandingan poomse…selamat anak-anakku…Ayah dan Bunda bangga terhadap kalian…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: