Mudik Serpong – Bandung

28 08 2011

                                       
Tanggal itu tiba juga, 26 Agustus 2011 adalah hari kerja terakhir di bulan Agustus 2011 sebelum cuti bersama menjelang libur Idul Fitri 1432 H.

Kami sekeluarga telah merencanakan untuk berlebaran di Bandung dan akan melakukan perjalanan malam hari setelah pulang kerja dan mempersiapkan barang bawaan selama libur di Bandung.

Perjalanan dimulai dengan berdoa dan mulai menggelindingkan ban mobil sekitar pukul 8 malam dengan rencana rute adalah Serpong-JORR-Tol Cipularang-Bandung, mampir terlebih dahulu ke tempat kost adik di daerah kalibata karena mengambil barang buat lebaran di Bandung.

Pukul 9 malam kembali masuk JORR dari pintu masuk tol Lenteng Agung ke arah Cikunir, memasuki daerah Kampung Rambutan ada petunjuk jalan tol yang menyatakan bahwa perjalanan dari Cikarang menuju Karawang Barat rata-rata kecepatan 20-30 km/jam..wah kalau segitu di jalan tol sich udah kebayang antri dan ngerayap selain itu dapat info bahwa Tol Cipularang ke arah Cikampek telah padat bahkan antrian keluar di pintu tol Cikampek mencapai 2 km menjelang gerbang tol.

Ternyata kemacetan telah mulai dirasakan sekitar 6 km menjelang Cikunir, JORR pada saat itu sudah dipadati mobil ke arah Cikunir, pejalanan merayap hingga belokan Cikunir..Perjalanan dari pintu masuk Lenteng Agung ke Cikunir ditempuh lebih 2 jam..kami sampai di Cikunir hampir pukul 11 malam..eh..ternyata belokan Cikunir untuk masuk ke Tol Cikampek ditutup dan dialihkan ke Kalimalang.

Melihat panjang dan padatnya antrian mobil di jalan tol yang menuju Cikampek, dengan mempertimbangkan anak-anak dan kesempatan untuk berhenti istirahat di jalan tol tidak bisa dimana saja, maka kami memutuskan untuk keluar dari jalan tol dan mengambil rute jalan non tol melalui rute Bekasi-Karawang-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Bandung..walaupun tidak hapal jalan-jalan yang harus dilalui di dalam kota Bekasi-Karawang-Purwakarta, kami memutuskan untuk memilih jalur tersebut agar apabila kami perlu istirahat maka lebih banyak pilihan tempat istirahat dibandingkan apabila memakai jalan tol serta kami tidak khawatir nyasar karena kami membawa GPS sebagai petunjuk jalan.

Ternyata keluar tol di Kalimalang, kami dihadapkan pada keramaian lalulintas terutama kendaraan sepeda motor yang hendak mudik..jalanan dikuasai oleh sepeda motor dengan berbagai macam dan gaya mudik.

Jalanan dari Bekasi hingga Karawang dikuasi oleh tumpleknya sepeda motor..dijalanan dipenuhi oleh sepeda motor, setiap minimarket, pom bensin yang dilewati dapat dipastikan bahwa banyak pengendara sepeda motor yang beristirahat..belum terhitung yang beristirahat di tempat makan, kios dan juga bengkel yang banyak buka hingga jauh larut malam di sepanjang rute utara ini.

Dengan bantuan GPS, kami dengan yakin melewati jalan dalam kota Bekasi dan Karawang, namun sesampai di Karawang lalulintas beberapa kali dialihkan, GPS pun berkali-kali mengkalkulasi rute baru..karena kecenderungan arah di kota Karawang ini digiring ke jalur Cirebon maka kami dengan berani memasuki jalan lain dan membiarkan GPS untuk menuntun kami ke track menuju Bandung.

Perjalanan dari Kalimalang ke Karawang dengan kepadatan sepeda motor dan pengalihan arus lalu lintas, menyebabkan perjalanan Bekasi hingga Cikampek memakan waktu hingga lebih 3 jam…Kamipun beristirahat di Karawang sekaligus Sahur sambil menanyakan kondisi lalu lintas yang akan kami lalui, didapat informasi bahwa di daerah Cikampek telah terjadi kemacetan yang panjang dan disarankan untuk mengambil arah ke Purwakarta atau masuk jalan Tol.

Pukul 03 pagi kami pun beranjak kembali ke Bandung dan memutuskan untuk masuk tol Cikampek diteruskan mempergunakan tol Padaleunyi dengan harapan jalan Tol tersebut tidak macet. Perjalanan kali ini lancar walaupun terjadi peningkatan jumlah kendaraan, perjalanan lancar hingga memasuki persimpangan antara jalan tol Cikampek menuju pintu tol keluar dan arah menuju tol Padaleunyi yang agak tersendat..setelah itu perjalanan lancar kembali.

Akhirnya kami tiba di tujuan pukul 04.30 pagi, tanpa basa-basi lagi setelah pintu dibuka oleh keluarga di Bandung tempat kami menginap..kami pun langsung beristirahat setelah menempuh perjalanan lebih dari 8 jam dari Serpong hingga Bandung..

Perjalanan kali ini memang membuat kenangan tersendiri..mudah-mudahan lebaran kali ini bersama-sama sanak keluarga di Bandung menjadi lebih bermakna..Amien..


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: