Dodol Tangerang

14 08 2011

                                       
Diriku membaca suatu laporan di tabloid wilayah Serpong mengenai makanan yang menjadi salah satu ciri khas kota Tangerang yaitu dodol Tangerang yang tidak begitu berbeda dengan dodol Betawi.

Yang membuat diriku tertarik untuk lebih mengetahui mengenai dodol Tangerang ini adalah tempat pembuatannya yang tidak jauh dengan tempat tinggalku tepatnya di daerah Cilenggang.

Bersama keluarga, kamipun berkunjung ke tempat pembuatan dodol tersebut, tanpa kesulitan berarti akhirnya kami sampai di tempat pembuatan dodol.

Ternyata dodol Tangerang ini adalah suatu industri rumahan, namun berdasarkan informasi dari pemilik usaha dan pekerjanya ternyata produksinya sudah banyak juga yaitu sekitar 500 kg per hari, itupun karena keterbatasan tenaga kerja, padahal permintaan begitu banyak terutama menjelang lebaran.

Kamipun minta ijin untuk melihat tempat pembuatan dodol dan ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan dodol tersebut. Setelah diijinkan oleh pemilik usaha dodol, kami pun ke belakang rumah sesuai arah yang ditunjukkan menuju tempat pembuatan dodol.

Di tempat pembuatan dodol terlihat beberapa orang sedang mengaduk bahan dodol di atas bara api dari arang kayu.

Diriku berbincang-bincang dengan pekerja disana, disampaikan bahwa pekerjaan dari bahan hingga menjadi dodol matang membutuhkan pengadukan selama 7 jam tanpa henti yang dilakukan oleh dua orang secara bergiliran setiap setengah jam. Menjelang lebaran ini produksi dilakukan tanpa henti untuk memenuhi pesanan yang meningkat.

Akhirnya setelah puas melihat dan bertanya mengenai pembuatan dodol Tangerang, kami membeli dodol yang baru matang untuk berbuka puasa dan sebagai oleh-oleh nanti bila pulang kampung karena katanya dodol Tangerang ini kuat hingga lebih 1 bulan.


Aksi

Information

4 responses

22 08 2011
ricoh sanusi

alamat lengkapnya dimana?

26 08 2011
Tanto

Alamat lengkapnya adalah Dodol Mugi Jaya Jl. Cilenggang 1 Pelayangan Rt. 04 RW 02 Kelurahan Cilenggang Serpong-Tangerang Selatan..

6 09 2011
arief

saya arif ingin menawarkan kelapa tua fdan gula jawa untuk kebutuhan produk dodol anda dengan skala kecil atau besar.hub. arif 081281992192

10 09 2011
Tanto

Saya adalah pengunjung sekaligus konsumen dodol tersebut. Untuk hubungan usaha dapat dihubungi ke pabrik Dodol Mugi Jaya Jl. Cilenggang 1 Pelayangan Rt. 04 RW 02 Kelurahan Cilenggang Serpong-Tangerang Selatan.. Semoga sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: