Anak-anakku membela diri

7 08 2011

Kami sebagai orang tua sepakat untuk mewariskan dan menanamkan kepribadian mandiri, sportif, jujur dan berdisplin kepada anak-anak kami agar kelak anak-anak kami mampu untuk menghadapi kerasnya kehidupan dengan semangat pantang menyerah dan mampu untuk menjaga dirinya sendiri bahkan dapat menolong orang lain.

Dari pengalaman hidupku bahwa selain memiliki ilmu pengetahuan, menguasai kemampuan untuk membela diri adalah suatu hal yang penting juga agar tertanam semangat pantang menyerah untuk terus berjuang dan juga memiliki apa yang orang-orang bijak sebut sportivitas dan integritas. Selain itu juga agar sedari dini anak-anakku mempunyai mental dan phisik yang sehat dan kuat.

Maka kami pun mencari olahraga beladiri yang tepat bagi anak-anakku, tepat berdasarkan lokasi latihan yang tidak terlalu jauh dari rumah, tepat dalam waktu latihan dimana tidak mengganggu tugas utamanya belajar dan bermain, tepat dalam pembiayaannya dan yang paling penting adalah kesediaan anak-anakku untuk mengikuti jadwal dan kegiatan olah raga yang akan diikutinya.

Kami mulai mencari informasi mengenai tempat latihan beladiri di sekitar Serpong, banyak jenis olahraga beladiri di sekitar Serpong. Kami tidak berfokus pada suatu beladiri karena kami berpendapat semua cabang olahraga beladiri mempunyai dasar yang sama yaitu memupuk sifat menghormati, menjunjung nilai-nilai sportivitas dan menanamkan kedisiplinan dalam latihan. Sedangkan mana yang lebih baik tentu tergantung dari orangnya bukan dari ilmu beladirinya.

Setelah berkunjung ke beberapa tempat latihan olahraga beladiri di sekitar Serpong dan bertukar pikiran dengan anak-anakku maka disepakati bahwa olahraga beladiri yang akan diikuti adalah olahraga beladiri asal Korea yaitu Taekwondo yang berlokasi di club olahraga di komplek perumahan kami.

Anak-anakku mulai berlatih secara teratur olahraga Taekwondo semenjak akhir tahun 2010, jadwal latihan dilaksanakan satu kali seminggu setiap hari minggu sore selama 2 jam. Anak-anakku berhasil lulus ujian pengambilan sabuk kuning Maret 2011.

Namun setelah berapa lama latihan kami memandang bahwa porsi latihan satu kali seminggu dirasakan kurang, oleh sebab itu kamipun berkeinginan untuk memindahkan tempat latihan anak-anak ke tempat latihan Taekwondo lain yang mempunyai jadwal latihan lebih banyak.

Secara kebetulan pada saat kami jalan-jalan pada suatu pagi di hari minggu di bulan Juni 2011, kami berpapasan dengan dua orang anak yang memakai seragam Taekwondo, kamipun menyapa dan menanyakan tempat latihan dan jadwal latihannya. Dijawab oleh mereka bahwa mereka akan latihan dimana tempat latihannya adalah di suatu sekolah yang dekat dengan komplek perumahan kami dan mempunyai jadwal latihan tiga kali seminggu. Kami berterima kasih kepada dua anak tersebut atas informasinya, berarti secara jarak tidaklah berbeda dengan tempat latihan anak-anak kami selama ini. Ternyata kami mengandalkan fasilitas internet untuk mencari tempat latihan olahraga beladiri di daerah Serpong dan tempat latihan Taekwondo terakhir tidak ada dalam penemuan kami di internet.
Kami langsung meluncur ketempat latihan yang disebutkan oleh kedua anak tersebut, disana ternyata banyak yang sedang latihan dari yang muda hingga yang dewasa.

Kami beserta anak-anak langsung menghadap pelatihnya dan menanyakan mengenai kemungkinan anak-anak kami untuk pindah latihan Taekwondo, dijawab bahwa tidak ada masalah sepanjang anak-anak kami telah mendapatkan ijin dari pelatih terdahulu untuk pindah tempat latihan dan diterangkan prosedur pendaftaran serta peraturan yang berlaku.

Ditanyakan kepada anak-anak kami apakah mau pindah tempat latihan, ternyata anak-anak kamipun setuju. Disebabkan bulan Juni-Juli 2011 adalah masa-masa akhir semester, maka kami menyampaikan kepada pelatih di tempat tersebut bahwa anak-anak kami akan bergabung akhir bulan Juli 2011 setelah kenaikan kelas dan liburan selesai.

Kami pun lalu menghadap pelatih Taekwondo anak-anak kami sebelumnya untuk minta ijin mau pindah tempat latihan dan kami memperoleh ijin.

Akhir bulan Juli 2011 anak-anak kami secara resmi memulai latihan ditempat baru, terlihat anak-anak kami semangat berlatih karena ditempat baru lebih banyak teman sebayanya dan beberapa anggota senior mengajarkan teknik-teknik Taekwondo.

Memasuki minggu kedua latihan adalah hari pertama latihan Taekwondo di bulan Ramadhan, tepatnya hari kedua berpuasa. Latihan tetap dilaksanakan pada sore hari selama lebih dari satu jam. Anak-anaku ikut latihan walaupun sedang berpuasa. Selama latihan diriku ikut menemani dan melihat betapa bikin bangganya anak-anakku walaupun sedang berpuasa namun tetap mengikuti kegiatan latihan.


Beratnya latihan beladiri di waktu berpuasa membuat anak-anakku keletihan dan sangat memanfaatkan waktu istirahat latihan. Diriku sangat bangga pada kegigihan anak-anakku yang tidak mengeluh walau kelelahan sangat terlihat di wajah mereka.

Anak-anakku percayalah bahwa semua kegigihan dan keuletan kalian akan sangat bermanfaat bagi diri kalian di kemudian hari.. teruslah berlatih dan tetap gigih untuk menjadi lebih baik..


Aksi

Information

5 responses

25 11 2011
i-dv

cool…perjuangan org tuanya patut diteladani juga..

26 11 2011
hendrik cipto

keren pak,,
bapak adalah salah satu dari sedikit orang tua yg mementingkan kegiatan anak”Y selain dari kehidupan pendidikan sekolah,

17 06 2012
sutrisno

anak saya juga berminat latihan teakwondo. info dong tempat latihannya

20 06 2012
Tanto

Di SMK Pustek belakang WTC Matahari Serpong Om, latihan setiap hari Selasa & Jum’at mulai pukul 18.30 wib serta hari Minggu mulai pukul 08.00 wib

19 08 2013
bsgcantik

Salam kenal Sis
bela diri bisa dipejari leh anak2 itu usia paling pas berapa tahun ya?
dan saya infokan, kami adalah jual baju senam secara online dengan merk Crystal dan Body Image.
jika ada yg berminat, silahkan hub SMS Centre 0877 7000 1693 atau silahkan kunjungi http://www.bajusenamgrosir.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: