Serpong ke Cengkareng Setelah Liburan dan Cuti 11 Juli 2011 Di Pagi Hari

11 07 2011

                                       
Selepas liburan kenaikan kelas anak-anak dan cuti, maka tanggal 11 Juli 2011 adalah hari pertama anak-anak untuk sekolah pada tahun ajaran baru dan diriku memulai kembali rutinitas pekerjaan.

Sehari sebelumnya diriku sudah membayangkan bahwa lalulintas dari rumah menuju kantor melalui jalan Serpong Raya-Kebon Nanas-Cikokol-Tangerang-Cengkareng akan menghadapi kemacetan sepanjang jalan, seperti biasa terjadi kalau jam dan hari kerja.

Perjalanan dari rumah dimulai pukul tujuh pagi dengan bayangan kemacetan akan dimulai di persimpangan jalan Serpong Raya dan keluar perumahan.

Di persimpangan antara perumahan dan Jalan Serpong Raya ternyata arus lalulintas lancar dan kendaraan dari perumahan tidak terlalu padat. Petugas polisi dan DLLAJR tidak sibuk mengatur arus lalulintas didepan perumahan kami.
Dugaan diriku mungkin orang kompleks sama pikirannya dengan istri dan diriku, bahwa hari ini akan terjadi kemacetan dan juga untuk mengantar anak-anaknya ke sekolah pada hari pertama maka mereka berangkat lebih pagi seperti yang dilakukan oleh istriku yang berangkat pukul 6 pagi mengantar anak kami yang paling kecil ke sekolahnya.

Kemacetan masih membayang dalam pikiranku, mungkin ke arah kota Tangerang kemacetan akan terjadi.

Namun menapaki aspal jalan ke arah Tangerang, jalanan lancar.. perputaran Melati Mas yang biasanya menjadi penyebab kemacetan ternyata lancar, terlihat petugas mengatur arus lalu lintas agar kendaraan yang memutar tidak mengganggu arus lalulintas dan menyebabkan kemacetan.
Pagi hari itu juga diriku tidak melihat truk-truk besar melintas di Jalan Raya Serpong, lalu lintas didominasi oleh kendaraan pribadi, kendaraan umum dan sepeda motor.
Perjalanan lancar terus kunikmati, hingga persimpangan RS Ashobirin, ditempat ini kemacetan juga biasanya terjadi disebabkan kendaraan yang keluar dan masuk perumahan Gading Serpong melalui jalan di Samping RS. Ashobirin. Jalan ini menjadi jalan alternatif untuk menuju beberapa sekolah yang ada dikomplek Gading Serpong.

Lalu lintas dari persimpangan RS. Ashobirin menuju Serpong atau sebaliknya sangat lancar

Sebaliknya arus lalu lintas dari persimpangan Gading Serpong menuju Alam Sutra agak tersendat karena ada Sekolah Dasar tidak jauh dari persimpangan. Tersendatnya arus lalu lintas disebabkan oleh banyaknya kendaraan pengantar yang berhenti dan anak-anak serta pengantarnya menyebrang menuju sekolah. Namun tersendatnya lalulintas tidak menimbulkan kemacetan

Lalu lintas terus lancar hingga perputaran Alam Sutra, disini lalu lintas agak tersendat karena pertemuan kendaraan dari berbagai arah baik yang akan menuju perumahan Alam Sutera lalu masuk Pintu Tol Alam Sutera menuju Kebon Jeruk dan Jakarta maupun kendaraan yang keluar dari perumahan Alam Sutera menuju Serpong atau kota Tangerang.

Keluar masuk kendaraan di perputaran Alam Sutera sangat tertib karena banyaknya petugas yang mengatur arus kendaraan di setiap pertemuan arus lalulintas. Kembali tersendatnya kendaraan di Alam Sutera tidak menimbulkan kemacetan.

Tidak lupa diriku mengambil gambar Python yang setia menunggu dibawah jembatan penyebrangan dimana diriku mengambil gambar lalu lintas. Kemungkinan lancarnya lalu lintas juga disebabkan banyaknya jembatan penyebarangan di sepanjang Jalan Raya Serpong, sehingga penyebrang jalan tidak mengganggu arus lalu lintas dan sangat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.
Jalanan tetap lancar selepas putaran Alam Sutera, biasanya kemacetan akan langsung menyergap arus lalulintas dari perputaran Alam Sutera hingga persimpangan Gading Serpong karena banyaknya angkutan umum yang berhenti menunggu penumpang di sebrang Serpong Plaza diteruskan adanya perputaran sebelum persimpangan Gading Serpong dan banyaknya kendaraan di persimpangan Gading Serpong.

Namun dengan adanya beberapa petugas yang berjaga di setiap persimpangan atau perputaran dan tempat biasanya angkutan umum berhenti menyebabkan arus lalulintas lancar.

Arus lalulintas dari arah persimpangan Gading Serpong menuju Serpong dan sebaliknya sangat lancar.

Namun sebaliknya arah dari persimpangan Gading Serpong menuju kota Tangerang sedikit tersendat karena adanya perputaran dan karyawan sebuah pabrik yang menyebrang jalan untuk masuk kerja. Namun berkat kesigapan petugas disetiap persimpangan maka lalulintas tidak terjadi kemacetan.

Jalan sangat lancar selepas tersendatnya lalulintas di sekitar persimpangan Gading Serpong, lalu lintas disekitar jembatan penyebrangan Kebon Nanas juga lancar terus ke putaran arah Cengkareng di Cikokol-Pasar Induk Tanah Tinggi-Perempatan ke Tangerang-hingga jalan ke Bandara.

Namun di perputaran arah ke Cengkareng di sekitar jembatan Cikokol, kulihat ada sekumpulan anak SMP sedang nongkrong di trotoar jalan. Diriku tertarik untuk mengambil gambar dan ingin mengetahui kenapa anak-anak tersebut tidak masuk sekolah padahal hari ini adalah hari pertama sekolah.

Ternyata anak-anak tersebut adalah kelas 8 dan kelas 9 suatu SMP Swasta di daerah tersebut, dan hari itu mereka dipulangkan kembali karena kegiatan disekolahnya dipergunakan untuk menerima siswa-siwa baru.

Berdasarkan informasi dari tukang ojek yang mangkal disana, bahwa mereka biasa nongkrong disitu untuk mencegat truk sebagai tumpangan..diriku berniat untuk mengambil gambar sewaktu anak-anak tersebut mencegat truk dan berebutan naik, namun setelah ditunggu berapa lama tidak ada truk yang dapat dicegat oleh mereka (mungkin karena truk tidak boleh lewat pagi itu) dan diriku pun harus segera berangkat karena saat itu diriku harus sudah masuk kerja.

Kemacetan mulai kuhadapi saat memasuki jalan belakang menuju Bandara Cengkareng dari Tangerang

Kalau kemacetan dijalan ini, pasti kuhadapi setiap diriku hendak masuk kerja, kemungkinan besar karena banyaknya kendaraan yang mempergunakan jalan tersebut dari Tangerang, selain menuju kantor yang ada di Bandara, atau bepergian dengan pesawat dari Bandara, atau sebagai jalan alternatif warga Tangerang yang menuju Jakarta melalui Tol Bandara.

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: