Cengkareng ke Serpong Setelah Liburan dan Cuti 11 Juli 2011 Sore dan Malam Hari

11 07 2011

                                       

Diriku keluar kantor pukul 5 sore lebih, seraya bergegas keluar kantor kusiapkan kamera untuk mengambil gambar kondisi lalu-lintas dari Cengkareng kearah Serpong sebagai perbandingan arus lalu lintas Serpong ke Cengkareng pada pagi hari

Sore itu tidak terlalu banyak kendaraan yang keluar dari area Bandara menuju pintu belakang bandara.
Pada sore hari untuk mengurangi kepadatan lalu-lintas biasanya ada jalan yang sengaja dibuka untuk membagi dua kepadatan lalu-lintas kendaraan yang meninggalkan area bandara menuju Tangerang.
Dikarenakan sore itu tidak terlalu banyak kendaraan yang keluar dan arus dibagi dua maka salah satu jalan seakan kurang peminat sehingga sedikit kendaraan yang melaluinya

Hari itu arus lalulintas lancar dipertemuan dua arus lalulintas yang sebelumnya dibelah. Biasanya di pertemuan tersebut arus lalulintas tersendat.


Memasuki jalan Sitanala, arus lalulintas lancar. Biasanya pada sore hari menjelang petang, arus di jalan Sitanala akan mengalami kemacetan karena banyaknya pedagang kakilima yang menjajakan kue mempergunakan trotoar jalan ditambah dengan banyaknya angkutan umum yang menaikan dan menurunkan penumpang.

Perjalanan pulang mengambil rute yang berbeda, apabila pagi hari rute dari Serpong-Cikokol-Tanah Tinggi, maka perjalanan pulang mengambil rute Pintu Belakang Bandara-Sitanala-Jln TMP Taruna-Cikokol-Serpong. Arus lalu lintas hingga Jembatan pelengkung jl. MH Thamrin Cikokol berjalan lancar.

Memasuki jalan Cikokol mulai bertemu dengan Truk besar dan bis dimana pagi hari tadi tidak kelihatan truk besar melewati jalan Cikokol.

Kemacetan mulai dirasakan mendekati jembatan penyebrangan Kebon Nanas, dimana dilokasi ini banyak bis maupun angkutan umum yang berhenti untuk mencari penumpang.
Kemacetan terus berlanjut hingga jembatan tol Kebon Nanas, selepas jembatan tol arus lalulintas lancar disebabkan sebagian kendaraan dari kebon nanas memasuki tol Jakarta-Merak
Gading Serpong view dari jembatan penyebrangan Gading Serpong
Arus lalulintas lancar selepas jembatan tol Kebon Nanas hingga persimpangan Gading Serpong
Pada malam hari, jumlah petugas selepas jembatan tol Kebon Nanas di setiap persimpangan maupun perputaran sangatlah jarang sehingga banyak kendaraan umum yang berhenti untuk mencari penumpang terutama di setiap jembatan penyebrangan.
Serpong Plaza to Giant Melati Mas view dari jembatan penyebrangan Depo Bangunan

Kemacetan panjang dimulai setelah Serpong Plaza. Kemacetan menurut diriku disebabkan di putaran Alam Sutera banyaknya kendaraan yang keluar dari pintu tol Alam Sutera menuju Serpong atau Tangerang bertemu dengan kendaraan dari Tangerang menuju Serpong dan dari Serpong menuju pintu tol Alam Sutera. Pada saat itu terlihat hanya sedikit petugas yang berjaga ditambah kendaraan umum berhenti di depan perumahan Alam Sutera.

Kemacetan ini mulai Depo Bangunan-Alam Sutera-RS Ashobirin-WTC Matahari Serpong dan berakhir di putaran Melati Mas.

Kemacetan menurut diriku selain banyaknya kendaraan yang melintas juga disebabkan banyaknya kendaraan umum yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang serta banyak pula kendaraan yang berputar arah. Pada saat itu petugas yang mengatur lalu lintas sangat kurang dibandingkan pagi hari.

Selepas putaran Melati Mas, arus lalulintas kembali lancar, namun diriku tidak dapat memberikan gambaran arus lalulintas selanjutnya karena diriku belok ke perumahan Melati Mas dimana diriku tinggal.


Aksi

Information

2 responses

13 01 2013
Danang

Cengkareng-serpong- bogor kira2 berapa km? Rencana mau naik sepeda dr balikpapan turun cengkareng

15 01 2013
Tanto

Om Danang, terimakasih sudah mampir
Cengkareng-Serpong-Parung-Bogor sekitar 65 km, happy riding Om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: