Python Mandi Salju dan Oli Baru

8 07 2011

Setelah melakukan perjalanan Tangerang-Jogjakarta PP, melewati berbagai kondisi jalan, tanjakan-turunan, perkotaan-pedesaan, pantai-pegunungan dan menempuh lebih 1900 kilometer, membuat Python our meggy kelihatan kusam dan juga sepertinya harus mengikuti anjuran mekanik dan buku petunjuk manual bahwa penggunaan oli dianjurkan untuk diganti setiap 2000 km.

Setelah beristirahat semalam dan bangun menjelang siang, diriku membawa Python ketempat cuci motor, namun sebelum berangkat kubuka sayap penutup mesin agar tukang cuci juga membersihkan bagian mesinnya, biarlah sayap penutup mesin nanti dicuci sendiri. Selain itu sesuai dengan anjuran online dari beberapa biker agar klakson seperti klakson H****a yang terpasang pada Python, sebelumnya ditutup dengan plastik khawatir suaranya jadi sember karena kemasukan semprotan air.

Python sengaja kubawa ketempat cuci motor yang menawarkan jasa cuci salju, ternyata hari itu banyak juga motor yang antri untuk dicuci salju. Sambil menunggu Python dimandikan tak kusadari diriku tertidur di tempat tunggu dan bangun ketika Python hampir selesai, jadi menyaksikan ritual pemandian Python buang kotoran terlewatkan. Tidak apa-apa yang penting Python kelihatan bersih kembali.

Rencananya setelah pemandian Python akan langsung dibawa ke bengkel untuk perawatan berkala yang ketiga atau yang ke 4000 km, namun karena hari sudah sore maka kutangguhkan pergi kebengkel dan direncanakan besok harinya. Pulang kerumah sayap penutup mesin kucuci dan langsung dipasang kembali. Python sekarang mengkilap kembali.

Esoknya Python dibawa ke BES Motor bengkel resmi sepeda motor Honda di Serpong, dimana Python menjalani perawatan berkala yang kedua sebelum melakukan perjalanan. Diriku membawa Python our meggy ke bengkel BES Motor karena diriku puas terhadap pelayanan dan hasil kerja mekaniknya yang telah membuat Python our meggy dengan tenang melahap setiap kondisi jalan. Diriku minta mekanik yang sama untuk service terhadap Python dan mengucapkan terimakasih atas hasil kerja sebelumnya yang memuaskan. Sayang Python tidak bisa ganti oli dibengkel ini karena persediaannya saat itu habil.

Langsung meluncur ke bengkel resmi sepeda motor Honda terdekat untuk ganti oli. Diriku berkonsultasi mengenai jenis oli yang dikonsumsi oleh our Python, diinformasikan bahwa penggunaan oli tergantung pemakaian, kalau untuk pemakaian standar yang memakai oli standar sedangkan untuk dibawa kencang maka disarankan untuk mempergunakan oli yang lebih encer seperti merek F******l, setelah menimbang-nimbang akhirnya oli merek F*****l menggantikan oli yang sebelumnya.

Pergantian oli cepat diselesaikan, Python langsung dibawa pulang..memang ada perbedaan.. Python lebih ringan meluncur..apakah karena sudah service atau karena oli baru atau karena dua-duanya entahlah… yang penting sekarang Python sudah kinclong kembali dan bawaannya tambah enteng..brem..brem…wusss…


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: