Perjalanan I : Tangerang – Jogjakarta PP – Etape 4 : Jogjakarta – Purwokerto

1 07 2011

Setelah agak lama di rumah Bi Tia di daerah Kaliurang, kami pamit untuk kembali ke Tangerang. Walaupun tuan rumah menawarkan untuk menginap satu malam, namun dengan halus kami tolak selain tidak mau mengganggu tuan rumah juga karena memang jadwalnya hari ini meninggalkan Jogjakarta menuju Tangerang, alasan lainnya kenapa hari itu juga mesti meninggalkan Jogjakarta adalah kami ternyata sudah kangen sama anak-anak

Meninggalkan kaliurang menjelang sore hari, setelah mendapatkan petunjuk dari Ulfa, adik sepupu bahwa ada jalan tembus dari rumahnya ke jalan utama menuju Magelang, maka kamipun meluncur..

Rute yang akan kami ambil adalah Jogjakarta-Magelang-Temanggung-Wonosobo-Purwokerto

Etape ini merupakan etape yang kami sebut real adventure, karena kami merencanakan untuk istirahat di tempat pengisian bahan bakar umum (SPBU), musholla, Pos Polisi ataupun tempat tempat yang memungkinkan. Kami tidak merencanakan untuk bermalam di tempat penginapan atau hotel. Kami pun tidak merencanakan kota yang harus kami capai, kami akan beristirahat di tempat yang memungkinkan

Jalanan mulus dan tidak terlalu ramai kami lalui dari Jogjakarta menuju Magelang. Memasuki daerah Jawa Tengah jalanan mulai menanjak namun jalanan tetap mulus bahkan di beberapa ruas jalanan sangat lebar.

Jalanan mulus menjadi godaan untuk menggeber Python agak kencang, kali ini diriku menggeber Python untuk menguji performance Python di atas 100 km per jam. Wuih… Python mantap.. lebih 100 km per jam dilalap tenang.. yang nggak tenang adalah boncenger yang mengingatkan jangan terlau kencang menjalankan Python our meggy..

Tak terasa Magelang telah terlewati, memasuki Temanggung waktu sudah magrib, waktunya istirahat dan menjalankan sholat. Kami beristirahat di tempat pengisian bahan bakar umum.

Selagi beristirahat, kami mendapat kabar bahwa anak kami yang pertama mengeluhkan pusing dan suhu badannya agak tinggi..walaupun kami tahu bahwa apabila anak kami yang pertama lupa waktu dan lupa makan karena asik melototin monitor komputer main game, akan menyebabkan dia pusing dan akhirnya demam.. biasanya kami akan suruh untuk makan dan tidur..namun karena anak-anak kami di rumah kakak.. kami khawatir anak kami tersebut tidak dapat diatur. Namun yang membuat kami agak tenang adalah kakak kami menyampaikan bahwa anak kami tersebut telah makan obat dan sekarang lagi tidur

Kami membuka peta untuk melihat rute yang harus ditempuh.. kami memutuskan untuk menetapkan arah ke Bandung di daerah Wonosobo atau Purwokerto setelah mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatan anak kami. Apakah kami akan mengambil rute kota Banjar-Tasikmalaya-Bandung dengan anggapan bahwa rute tersebut adalah rute tercepat dan kondisi jalan yang relatif sudah diketahui atau kami akan tetap melaksanakan rencana kami untuk mampir ke kota Kuningan terlebih dahulu.

Setelah istirahat, kami kembali melanjutkan perjalanan, memasuki daerah Parakan sekitar pukul 7 malam, kami agak kaget karena menurut kami waktu belumlah begitu malam tapi kehidupan di tempat tersebut sepi, banyak toko yang telah tutup, kehidupan seakan telah lewat tengah malam.

Di suatu tempat dekat terminal Parakan, kami menemukan penjual makanan, karena ini merupakan waktu yang tepat untuk makan malam, maka kamipun mampir untuk mencicipi beberapa penganan

Setelah mengisi perut, kami meneruskan kembali perjalanan. Jalanan selepas Parakan terus menanjak tajam disertai beberapa kelokan tajam, udara dingin menerpa…mengingatkan kami pada daerah puncak Bogor maupun daerah perkebunan di Badung Selatan… sayang kami tidak dapat menikmati pemandangan karena malam hari.

Kami sarankan apabila melalui rute ini maka rute Magelang-Tumenggung-Parakan-Wonosobo sebaiknya dilakukan pada siang hari agar dapat menikmati indahnya panorama.

Jalanan terus menanjak namun mulus dengan kelokan tajam, kendaraan besar tidak terlalu banyak saat itu.. Python dengan tenang melahap setiap tanjakan dan tikungan. Memasuki daerah Wonosobo jalanan mulai menurun tajam.. engine break beberapa kali dipergunakan untuk menahan laju motor.

Selepas daerah Wonosobo, kami ditempel oleh sebuah motor yang dari tampilannya adalah motor Yamaha Scorpion Z yang telah dimodifikasi touring.

Kami dibiarkan terus di depan, walaupun kami telah memberi jalan agar dia melewati kami, namun biker tersebut tetap menempel kami. Dari gerakan dan cara menjalankannya kelihatan bahwa dia ingin mengawal kami…

Walaupun tidak ada komunikasi langsung namun dari gerakan dan gayanya mengendarai sudah dipastikan biker tersebut juga sedang melakukan perjalanan jauh. Akhirnya kuputuskan untuk membiarkan ia menempel kami. Diriku jadi leader memimpin perjalanan didepan.. untung sudah belajar body signal didunia maya dan beberapa pengalaman bertemu dengan komunitas biker dalam perjalanan sebelumnya. Maka ilmu untuk menjadi leader kucoba terapkan..kecepatan kupertahankan…sepertinya biker dibelakang mengerti bahwa diriku mempergunakan body signal untuk touring..buktinya ia mengikuti apa yang kulakukan, ternyata touring bareng nikmat juga, walaupun tidak saling kenal dan tidak sempat ngobrol, kami berdua seakan sudah kenal lama

Memasuki daerah Banyumas, boncenger my lovely wife minta istirahat terlebih dahulu..akhirnya kuberikan kode bahwa kami akan beristirahat dan mengisi bensin.. biker dibelakang mengerti.. kami belok ke SPBU..Biker yang mengikuti kami meneruskan perjalanan dan membunyikan klakson sebagai tanda perpisahan

Sebenarnya kami sudah memutuskan untuk tidur di Musholla SPBU tersebut karena tempatnya yang enak dan cocok untuk beristirahat, namun terdapat tulisan dilarang tidur atau tidur-tiduran di dalam musholla.. akhirnya kami meneruskan pejalanan dan setuju untuk tidur di SPBU yang mengijinkan.. Beberapa SPBU di Kota Banyumas hingga Purwokerto tidak mengijinkan untuk dijadikan tempat tidur.. melewati kota Purwokerto tepatnya didaerah Cilongok lewat tengah malam, kami melihat ada sebuah motor terparkir di sebuah toko di SPBU, kuhampiri dan kulihat ada yang tidur..oh ternyata ada juga SPBU yang mengijinkan untuk dijadikan tempat untuk tidur bagi pengelana jalanan.. ternyata ada petugas keamanan..kami minta ijin untuk istirahat..dan diijinkan ditambah pula menurut petugas keamanan SPBU bahwa tempat tersebut memang biasa dijadikan tempat untuk tidur bagi yang kemalaman dijalan terutama pengendara sepeda motor.

Akhirnya Python terparkir dan kubuka sleeping bag serta matras..kami pun tidur di depan toko SPBU yang sudah tutup

Menjelang pagi setelah adzan solat subuh terdengar kami bangun..menghubungi kakak di Bandung untuk menanyakan kondisi anak kami.. ternyata kondisi tubuh anak kami sudah tidak demam dan kelihatan tidurnya pulas.. berarti anak kami sudah sehat kembali..rencana perjalanan ke Kuningan akhirnya akan tetap dilaksanakan..

Diriku mempersiapkan kembali barang bawaan untuk meneruskan perjalanan. Tidak berapa lama pengendara yang lebih dulu istirahat terbangun..kelihatan masih muda..kusapa dan kuajak ngobrol…Kenalan dan mengajukan pertanyaan standar dari mana hendak kemana menjadi pembicaraan awal..

Aji.. adalah nama pemuda tersebut.. ia masih berumur 19 tahun, asli Bandung, saat ini kerja di Tasikmalaya.. pekerjaannya adalah sebagai kurir pengantar barang elektronik ke konsumen di daerah-daerah..ia baru saja mengantar barang untuk konsumen di daerah Purwokerto dan akan langsung ke daerah Kuningan. Perjalanan terjauh yang pernah dijalani adalah dari Tasikmalaya menuju Kediri..ternyata tidur di SPBU maupun tempat umum lainnya sudah merupakan hal biasa baginya

Sewaktu ditanya mengapa tidak meneruskan sekolah..jawaban yang diperoleh adalah alasan umum dan menyedihkan kami yaitu karena kemampuan biaya yang terbatas..waktu kutanya apakah masih ada keinginan untuk meneruskan sekolah.. Aji menjawab bahwa ia kerja agar dapat mengumpulkan uang untuk meneruskan sekolah… Aji kami salut kepadamu..touring is your job..Sukses dan semoga tercapai cita-citamu Aji…