Perjalanan I : Tangerang – Jogjakarta PP – Etape 3 : Pangandaran – Jogjakarta

30 06 2011

Setelah beristirahat semalam, kami bersiap-siap kembali untuk memulai perjalanan selanjutnya menuju Jogjakarta melalui kota Cilacap.

Sebelum berangkat ke Cilacap, kami berdua berboncengan menyusuri pantai Pangandaran menikmati indahnya pantai Pangandaran yang pada saat itu cuaca sangat cerah membuat kami ingin lebih lama tinggal di Pangandaran, namun karena kami harus melanjutkan perjalanan hari itu agar jadwal kegiatan selanjutnya tidak terganggu, dengan berat hati kami meninggalkan pantai Pangandaran

Perjalanan ke Jogjakarta akan melalui kota Cilacap-Jogjakarta. Rute yang akan dilewati adalah Pangandaran-Kalipucang-Purwodadi-Cilacap-Kebumen-Wates-Jogjakarta.

Selepas Pangandaran kami menuju Kalipucang perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Memasuki wilayah Jawa Tengah di daerah Kalipucang hingga Purwadadi jalanan banyak berlobang dan udara sangat panas serta berdebu. Kami harus menjalankan motor kami pelan karena jalanan yang buruk, jalanan hanya bagus memasuki pusat kecamatan selepas itu jalanan kembali berbatu dan berlobang serta berdebu, debu akan semakin banyak apabila ada kendaraan truk atau bus yang berpapasan dengan kami.

Jalanan mulai agak membaik memasuki jalan utama menuju Cilacap, menjelang kota Cilacap jalanan mulus kami lalui.

Di kota Cilacap kami langsung menuju alun-alun kota Cilacap untuk beristirahat dan mengambil beberapa gambar.

Pukul 4 sore kami kembali memacu Python menuju Jogjakarta melintasi kota Cilacap.

Perjalanan dari Cilacap menuju Jogjakarta, jalanan mulus namun ada beberapa perlintasan kereta api dan beberapa ruas jalan mengalami perbaikan jembatan yang menuntut kehati-hatian.

Selepas Cilacap menuju Kebumen, banyak penjual dawet sepanjang jalan, kami pun mencoba mencicipi dawet, berasa segar dawet melewati tenggorokan.

Menurut kami apabila melewati jalur ini, sebaiknya mencoba dawet yang banyak dijual selain menyegarkan juga harganya yang relatif murah.

Dalam perjalanan memasuki wilayah Kebumen, kami disusul oleh rombongan biker yang dari plat nomor berkode “B” yang berarti dari Jakarta. Rombongan tersebut berjalan dengan tertib, kami menempel rombongan tersebut tidak jauh dari sweeper rombongan, kami sengaja mengikuti rombongan tersebut untuk menambah wawasan apabila touring secara rombongan. Kami lihat adanya kekompakan pada rombongan tersebut mulai dari pimpinan rombongan, peserta maupun sweeper yang paling belakang. Rombongan berjalan tertib dan tidak terlalu cepat menggeber kendaraan mereka serta tidak mengganggu lalulintas, mereka menyalip kendaraan didepannya dengan tertib.

Ditengah keasikan mengikuti rombongan, kami melihat ada toko yang menjual penganan oleh-oleh yaitu Getuk Goreng, kami memisahkan diri dari rombongan dan mampir terlebih dahulu ke toko tersebut untuk mencicipi makanan Getuk Goreng.

Pukul 6 sore kami masih di pertengahan Cilacap-Jogjakarta sekitar daerah Kutowinangun-Prembun, kami beristirahat di sebuah tempat pengisian bahan bakar umum.

Selepas beristirahat kami pun kembali memacu Python langsung menuju kota Jogjakarta. Kami sangat senang ketika melihat suatu billboard yang bertuliskan selamat datang di Jogjakarta pada saat itu waktu memasuki pukul 10 malam.

Jalanan memasuki propinsi Jogjakarta sangat mulus, relatif sepi serta adanya jalur khusus sepeda motor menggoda diriku untuk menggeber Python menuju kota Jogjakarta. Selepas pukul 10 malam kami memasuki kota Jogjakarta, kendaraan langsung diarahkan ke daerah Prawirotaman dimana banyak penginapan dengan harga relatif murah, setelah membanding-bandingkan harga dan fasilitas, kami memilih salah satu penginapan di jalan Mangkuyudan.

Setelah membereskan barang bawaan, kami keluar penginapan untuk makan malam setelah itu kamipun beristirahat di kamar.

JOGJAKARTA… KAMI TELAH TIBA…