Merubah tampilan Python (1)

3 06 2011

Tampilan Honda New Megapro memang gagah namun sepertinya diriku perlu menambah beberapa tampilan dan kelengkapan motor  agar sesuai dengan keinginan diriku dan tujuan penggunaan si Python.

Beberapa hal yang perlu ditambahkan adalah :

  1. Bracket untuk box yang akan diperlukan pada saat touring
  2. Penutup mesin agar kelihatan lebih kekar
  3. Visor lampu depan untuk menimbulkan kesan lebih tinggi dan lebih gagah
  4. Stang riser untuk meninggikan stang untuk membantu posisi tubuh saat mengendarai pada saat touring
  5. Ban belakang diperbesar 1 ukuran standar pabrikan
  6. Handguard untuk pelindung tangan
  7. Klakson diperkeras bunyinya untuk mengimbangi body motor yang besar dan untuk mengimbangi bisingnya kendaraan di Jakarta
  8. Lampu HID untuk memperterang lampu pada saat melakukan perjalanan touring malam hari

Ada yang memberitahukan bahwa perlu juga ditambahkan engine guard agar pada saat kendaraan kita jatuh, maka ada yang menahan mesin. Tapi untuk Megyku yang bernama Python tidak masuk daftar kelengkapan yang harus ditempelkan karena akan tidak sesuai dengan model sayap dan kalau jatuh semestinya yang dipikirkan oleh kita adalah keselamatan pengendara dan yang dibonceng jadi dananya lebih baik buat kelengkapan keselamatan pengendara dan boncenger.

Python pada saat dikirim oleh dealer

Python pada saat dikirim oleh dealer

Pada saat senggang yaitu pada saat menunggu STNK turun, iseng-iseng kugambar rancangan tampilan Python yang diinginkan serta kembali mengembara di dunia maya untuk mendapatkan informasi mengenai modifikasi megapro dan toko serta bengkel yang direkomendasikan

Rencana Perubahan tampilan Python

Perubahan yang direncanakan tidak terlalu banyak dan akan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan anggaran yang ada dan persetujuan dari penasihat keuangan keluarga yaitu my lovely wife.

Setelah STNK jadi dan plat nomor terpasang, maka dimulai perburuan aksesoris kelengkapan my Python. Perburuan dilakukan setiap hari Sabtu atau Minggu karena hari libur kerja.

Tujuan pertama adalah bracket dan box. Seputaran Cileduk menjadi daerah perburuan pertama. Belum ada yang cocok mengenai 2 hal utama yaitu :

1. Model dan bentuk
2. Harga

Sementara perburuan tidak dipaksakan untuk mendapatkan kedua barang tersebut karena rencana touring masih lama dan sekaligus untuk menikmati nikmatnya mengendarai Honda New Megapro pada masa inreyen.

Perburuan kedua adalah daerah Depok, sesuai dengan hasil pengembaraan di dunia maya ada beberapa toko yang sudah menerapkan promosi lewat web dan perlu dicoba.

Perjalanan Serpong ke Depok menjadi latihan pertama diriku untuk mengenal lebih jauh mengenai performance Megapro. Sepanjang perjalanan kucoba akselerasi kecepatan dan melahap tikungan. Megapro ternyata enak untuk dipakai baik akselerasi maupun kenyamanan.

Diriku tidak hapal daerah Depok, memerlukan sedikit upaya dan beberapa kali bertanya untuk mencapai toko yang dimaksud di seputaran jalan Tole Iskandar Muda Depok. Setelah sampai di toko yang dimaksud langsung menanyakan mengenai sayap dan klakson yang menjadi prioritas pertama. Kedua barang tersebut ternyata tersedia. Tambahan pertama yang dipasang adalah klakson, kupilih klakson merk H***A warna hitam, rencananya mau pakai S*****L tapi kata montirnya harus menambah dudukan di New Megapro karena tidak ada tempatnya kecuali dipasang pada engine guard yang tentu saja ku tolak karena engine guard tidak ada dalam rencana perubahan tampilan.

Tambahan kedua adalah sayap penutup mesin, walau harus merelakan shroud bawaan pabrik dilepas. Namun pemasangan terpaksa dibatalkan karena sayap tersebut sangat banyak ketidak cocokan dengan bodi New Megapro.  Ada tambahan pula yang dipasang yaitu tank pad untuk melindungi tanki dari baret-baret.

Perburuan minggu selanjutnya adalah daerah Cileduk kembali. Kali ini aksesoris yang diincar adalah sayap dan box bracket. Di daerah Kreo Cileduk di suatu bengkel ditemukan sayap yang cocok dengan New Megapro dan langsung dipasang sekaligus box bracket.  Seputaran Cileduk,  pada beberapa toko aksesoris motor ditanyakan mengenai visor untuk New Megapro namun belum tersedia.

Minggu-minggu selanjutnya adalah perburuan visor untuk memperkuat kesan sporty, hasil pengembaraan di dunia maya ditemukan bahwa Honda Indonesia mengeluarkan aksesoris resmi untuk Honda New Megapro yang terdiri dari 4 macam barang yang harus dibeli dalam satu set salah satunya yang kuperlukan adalah Visor. Beberapa dealer dari daerang Serpong, Tangerang hingga Grogol didatangi semuanya menyatakan bahwa barang harus dipesan terlebih dahulu dan memerlukan waktu sekitar 3 minggu untuk pengadaannya. Wah hanya untuk Visor aja harus nunggu lama, akhirnya kuputuskan Visor menjadi prioritas terakhir kalau sudah ada yang jual selain dari merek asli Honda atau dibuat sendiri dengan bengkel langganan.

Sayap dan box bracket sudah terpasang, target selanjutnya adalah stiker untuk ditempel pada motor. Bertanya dan bekeliling tukang stiker ternyata tidak ada yang bisa membuat stiker yang dimaksud. Akhirnya didapat informasi bahwa untuk buat stiker bisa dilakukan di tempat digital printing. Akhirnya kudatangi digital printing di daerang Serpong dan akhirnya melalui beberapa kali kegagalan dalam stiker yang dibuat karena tidak cocok dengan latar belakang warna motor, akhirnya beberapa stiker sudah tertempel pada motor termasuk tulisan Python yang menjadi nama motorku.

Berikut adalah beberapa gambar hasil perubahan tampilan Python

python on wing


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: